Sabtu, 06 April 2019

Pengobatan Chlamydia

Chlamydia Chlamydia adalah penyakit bakteri menular seksual yang paling sering dilaporkan di Amerika Serikat. Tapi bisa dengan mudah disembuhkan. Klamidia adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum (IMS) di Amerika Serikat. Pada tahun 2016, hampir 1.600.000 kasus dilaporkan terjadi, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Chlamydia paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda - terutama wanita muda.


Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi wanita yang berencana untuk hamil, karena jika klamidia tidak diobati, hal itu bisa menyebabkan infertilitas.

Kondisi ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, dan dapat menginfeksi area tubuh berikut ini:

    Penis
    Vagina
    Cervix
    Dubur
    Uretra
    Mata
    Tenggorokan

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki chlamydia karena mereka tidak mengalami gejala. Karena itulah kondisinya sering disebut "silent" infeksi.

Tapi meski tidak ada gejala, orang yang memiliki klamidia masih bisa menyebarkannya ke orang lain. Dan memiliki infeksi chlamydia trachomatis menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi terkena penyakit menular seksual lainnya.
Bagaimana Anda Mendapatkan Klamidia?

Chlamydia menyebar dengan melakukan hubungan seks tanpa vagina, anal, atau oral tanpa kondom dengan seseorang yang memiliki infeksi.

Bisa lewat antar manusia bahkan jika penis atau lidahnya tidak sepenuhnya masuk ke dalam vagina atau anus, dan bahkan jika pria tidak berejakulasi (cum) saat berhubungan seks.

Anda juga bisa mendapatkan klamidia dari berbagi mainan seks, dan mungkin menyebarkan infeksi dari satu area ke tubuh lainnya. Misalnya, wanita dapat menyebarkannya dari vagina ke anus mereka (atau sebaliknya) saat menyeka setelah menggunakan toilet, dan Anda dapat menyebarkan klamidia ke mata Anda jika Anda menyentuh mereka setelah menyentuh area yang terinfeksi.

Tapi Anda tidak bisa mendapatkan klamidia dari berciuman, berbagi peralatan makan, atau duduk di toilet (bakteri tidak bisa bertahan lama di luar tubuh).

Selain itu, bayi dapat menangkapnya dari ibu mereka yang terinfeksi selama persalinan per vaginam. Jika Anda hamil, dokter Anda harus menguji klamidia pada kunjungan prenatal pertama Anda.
Komplikasi klamidia yang tidak diobati pada pria

Jika Anda tidak mendapatkan perawatan chlamydia, itu bisa menyebabkan komplikasi.

Pada wanita dan pria, chlamydia yang tidak diobati dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan atau memberi HIV / AIDS.

Pada pria, klamidia dapat menyebar ke testis dan epididimis (tabung yang membawa sperma), mengakibatkan radang. Ini dikenal sebagai epididimitis.

Juga, sebagian kecil pria mengembangkan artritis reaktif, yang menyebabkan radang pada persendian, mata, atau uretra.
Chlamydia yang tidak diobati dan ketidaksuburan pada wanita

Pada wanita, klamidia yang tidak diobati dapat menyebar ke rahim atau saluran tuba dan menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Penyakit ini dapat menyebabkan:

    Kerusakan permanen pada tuba falopi, rahim, dan jaringan sekitarnya
    Nyeri panggul kronis
    Ketidaksuburan
    Kehamilan ektopik - kehamilan yang terjadi di luar rahim dan berpotensi fatal bagi ibu

Jika Anda hamil dan menderita klamidia, berisiko tinggi bayi Anda akan lahir terlalu dini atau lahir dengan berat lahir rendah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon