Rabu, 19 Desember 2018

16 Manfaat Nangka Luar Biasa untuk Pencegahan Diabetes

Seperti yang kita tahu, penderita diabetes memiliki masalah dengan gula dan rasa manis. Tapi apa pendapatmu tentang buah jack? Tidak manis? Jadi, bagaimana nangka dapat bermanfaat bagi penderita diabetes? Nah, Anda mungkin tahu buah nangka sebagai buah kuning yang manis dibungkus kulit tebal runcing. Namun, tahukah Anda bahwa nangka mentah matang juga bisa dimakan? Nangka mentah matang hanya mirip dengan nangka masak manis yang biasanya Anda miliki. Nangka mentah kurang kuning, kurang halus, dan yang paling penting adalah, kurang manis daripada nangka matang karena mengandung indeks glikemik yang lebih rendah. Ini adalah bagaimana kita dapat menarik manfaat buah nangka untuk diabetes.


Ketika buah nangka yang matang dengan Manfaat Kesehatan dari Nangka umumnya dimakan sebagai buah, nangka mentah matang biasanya dimasak menjadi lauk dan beberapa makanan lainnya. Dengan cara ini, nangka mentah dapat menawarkan lebih banyak manfaat nangka untuk diabetes karena menyediakan penderita diabetes dengan banyak makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes dengan nilai gizi yang bermanfaat. Orang-orang di Asia khususnya Asia Selatan dan Asia Tenggara cukup akrab dengan hidangan nangka.

Informasi Gizi Buah Nangka

Menggarisbawahi manfaat nangka untuk diabetes, kita dapat memiliki nangka mentah matang dengan banyak nilai bermanfaat. Dari setiap 100 gram nangka mentah, kita dapat memiliki nilai berikut:

Energi 7 kkal
Total Lemak 0,7 g
Lemak jenuh 0,1 g
Sodium 15,7 mg
Karbohidrat 91 g
Total serat makanan 6.5 g
Serat larut 2,6 g
Serat tidak larut 3,9 g
Gula 10.2 g
Protein 3,6 g
Mangan 0,6 mg
Manfaat Nangka untuk Diabetes

Ada beberapa manfaat nangka untuk diabetes, terutama nangka mentah. Meskipun rasa manis pada nangka masih dianggap aman untuk diabetes, nangka mentah cenderung membawa lebih banyak manfaat nangka untuk diabetes seperti yang tercantum di bawah ini.

Indeks glikemik rendah
Studi klinis di Universitas Sydney membuktikan bahwa nangka mentah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nangka yang matang.

Itu berarti, ketika Anda makan beberapa makanan nangka mentah Anda mungkin memiliki manfaat buah nangka diabetes tanpa meningkatkan kadar glukosa darah Anda. Selain itu, atasnya dengan serat. Seperti yang kita ketahui, serat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena sebagian besar penderita diabetes pada awalnya memiliki asupan serat yang sangat rendah.

Tambahkan variasi untuk menu diabetes
Selain manfaat buah nangka untuk diabetes, buah mentah dapat secara fleksibel dimasak ke dalam beberapa jenis makanan. Di Yogyakarta di Indonesia, nangka mentah terkenal untuk dimasak sebagai Gudeg. Di Gudeg, nangka mentah matang dipotong dadu, dan dimasak menjadi makanan lezat, manis dan lembut dengan kaldu santan.

Biasanya dimakan bersama dengan ayam dan telur rebus. Namun, hidangan ini mungkin tidak baik untuk diabetes karena hidangan manis ini mengandung lemak dan gula yang tinggi. Jika Anda berencana memasak nangka mentah, Anda dapat memilih kari nangka India dengan kaldu kuning dan rempah-rempah yang lezat. Rempah-rempah dalam kari juga bermanfaat untuk kesehatan Anda, seperti Manfaat Kesehatan Kunyit untuk Diabetes.



Mencegah mengidam
Daging daging dari nangka mentah kaya dengan serat tidak larut. Serat tidak larut perlahan dicerna di usus. Akibatnya, perut Anda terasa lebih kenyang sedikit lebih lama setelah Anda makan nangka dibandingkan dengan makanan lain dengan kandungan serat rendah.

Dengan cara ini, Anda akan menekan nafsu makan dan mencegah terlalu banyak ngemil di antara waktu makan. Selain itu, serat juga sangat baik untuk pencernaan karena mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan sakit perut.

Ganti karbohidrat biasa Anda
Ini adalah suatu keharusan bagi penderita diabetes untuk mengelola menu mereka untuk mendapatkan kombinasi makanan sehat dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Dalam hal ini, Anda bisa mendapatkan manfaat buah nangka untuk diabetes. Selain indeks glikemik rendah nangka mentah yang mencegah lonjakan gula darah, kandungan serat dalam makanan tidak bisa begitu saja diabaikan.

Kandungan serat yang tinggi dalam nangka mentah bahkan memungkinkan kita untuk menggunakan nangka sebagai pengganti nasi utama Anda seperti nasi dan roti karena nangka juga dapat memberi Anda kepenuhan yang biasanya Anda peroleh dari karbohidrat. Tetapi jika Anda bersikeras mengkonsumsi karbohidrat biasa daripada buah-buahan sebagai makanan pokok Anda, Anda juga dapat mencoba Manfaat Kesehatan Jowar karena mengandung karbohidrat tinggi namun rendah gula.


Bebas gula
Penderita diabetes juga harus mengurangi konsumsi makanan dengan gluten yang tinggi. Biasanya ditemukan dalam tepung, seperti gandum. Namun, kami hampir tidak dapat menghindari penggunaan tepung dalam menu harian kami. Dalam hal ini, buah eksotis renyah yang kita kenal sebagai nangka juga dapat menawarkan manfaat nangka untuk diabetes sebagai pengganti tepung terigu.

Anda bisa mengeringkan buah dan membuatnya menjadi tepung. Tepung nangka bebas gluten ini benar-benar aman untuk penderita diabetes dan bagi mereka yang memiliki hipersensitivitas terhadap gluten.

Tingkatkan umur panjang
Sebuah penelitian dari National Health Service of United Kingdom mengungkapkan bahwa konsumsi serat yang rendah lebih berbahaya daripada kurangnya olahraga. Artinya konsumsi serat dari buah dan sayur sangat penting bagi kita. Dalam hal ini, manfaat nangka untuk diabetes menawarkan Anda solusi dalam mengganti beberapa makanan manis dengan nangka.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon