Rabu, 10 April 2019

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil dan Efeknya

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil dan Efek Samping

Saat ibu hamil, kebutuhan akan asupan gizi dan nutrisi akan lebih banyak dibandingkan dengan seorang wanita yang tidak mengandung atau hamil,  karena seorang wanita membutuhkan asupan gizi serta nutrisi yang lebih dan didalam rahimnya terdapat janin ang sedang dalam masa pertumbuhan.Terdapat beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan ada juga beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Ubi merupakan salah satu jenis makanan atau bahan dasar makanan yang pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi dan nutrisi tersebut seperti vitamin A, C, E, kalium, betakaroten, oksidan dan juga magnesium.

Ubi ungu mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik sehingga tidak heran ubi ungu dijadikan sebagai makanan terbaik untuk para mom hamil. Selain tidak akan membuat gemuk karena bebas lemak, ubi ungu juga memiliki kandungan vitamin-vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang janin serta kesehatan moms hamil. Berikut beberapa manfaat ubi ungu untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

Meningkatkan Sistem Kekebalan TubuhUbi ungu mengandung vitamin C yang merupakan sumber prebiotik yang perannya sangat bermafaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi ubi ungu secara teratur ibu hamil tidak akan mudah sakit. Ubi ungu juga mengandung serat yang akan mengubah mikroba menjadi antibodi untuk menjaga kesehatan janin yang ada didalam perut sehingga saat janin sudah siap dilahirkan dia akan terlahir dengan sehat.

Mencegah SembelitPerlu anda ketahui bahwa setiap harinya ibu hamil membutuhkan serat kurang lebih sebanyak 28 gram sampai dengan 34 gram yang bertujuan untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil serta mencegah sembelit. Dengan mengkonsumsi ubi ungu, ibu hamil akan tercukupi kebutuhan seratnya sehingga dapat dipastikan sistem pencernaannya akan lancar dan ibu hamil terhindar dari penyakit sembelit.

Menjaga Kesehatan MataManfaat ubi ungu untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada ubi ungu akan berperan sebagai antioksidan yang mana vitamin A ini akan berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata ibu hamil serta mencegah kebutaan pada bayi.

Mencegah Penyakit AnemiaManfaat ubi ungu untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit anemia. Ubi mengandung zat besi yang cukup melimpah sehingga zat besi yang ada pada ubi ungu tersebut berfungsi untuk mencegah penyakit anemia yang seringkali menyerang ibu hamil.

Efek Samping Ubi Jalar pada Kehamilan

Meski memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, namun tidak dianjurkan mengonsumsi ubi jalar setiap hari. Para ahli kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dari beragam makanan dan tidak dari makanan tunggal. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi ubi jalar saat hamil.:

➤ Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes dan kadar gula darah tinggi konsumsi ubi jalar bukan pilihan yang baik, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam ubi jalar bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan diabetes gestasional.

➤ Kandungan vitamin A tinggi yang dapat menyebabkan Anda mengalami hypervitaminosis A  dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan komplikasi kesehatan seperti cacat bawaan pada bayi, kerusakan liver, keguguran dan kelahiran prematur.

➤ Kandungan Oxalate yang tinggi dalam panganan ini dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan gangguan fungsi ginjal dan empedu tubuh Anda.

➤ Kandungan gula alami dalam ubi jalar yang disebut Mannitol dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon