Rabu, 26 Juni 2019

Pengertian Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi yang terjadi bila kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Ada banyak kelenjar di dalam tubuh, tapi kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu kecil di dasar leher Anda yang membuat hormon yang mengatur metabolisme Anda - yang mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan energi - dan proses lainnya. Sementara tubuh Anda mengalami perubahan hormon setiap hari (halo, perubahan suasana hati!), Penurunan besar - seperti yang terjadi selama hipotiroidisme - dapat memberi sinyal bahaya, karena kurangnya produksi hormon tiroid menyebabkan fungsi tubuh melambat.

Pengertian Hipotiroidisme

Belum lagi, tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif (disebut hipertiroidisme) dapat mempengaruhi lingkar pinggang Anda. Orang dengan hipotiroidisme mengalami tingkat metabolisme yang lebih lambat, yang umumnya terkait dengan jumlah tertentu - sekitar 5 sampai 10 kilogram - penambahan berat badan, biasanya karena akumulasi garam dan air di dalam tubuh.

Apa Gejala Paling Umum dari Hypothyroidism, dan Bagaimana Kondisi Didiagnosis?

Tanda dan gejala hipotiroidisme sering berkembang perlahan selama bertahun-tahun dan bisa salah untuk perubahan alami dengan penuaan. (4)
Gejala Hypothyroidism pada orang dewasa

Wanita yang berusia di atas 60 tahun, dan juga pria yang menua, harus melihat gejala-gejala hipotiroidisme potensial ini:

    Berat badan
    Kelelahan
    Sensitivitas terhadap suhu dingin
    Depresi
    Kulit kering
    Menipiskan rambut
    Periode menstruasi yang berat (pada wanita)
    Kesulitan tidur
    Kesulitan berkonsentrasi
    Nyeri atau pembengkakan sendi
    Sembelit
    Kadar kolesterol tinggi
    Kelemahan otot

Gejala Hypothyroidism pada Bayi

Hipotiroidisme paling sering terjadi pada wanita paruh baya dan lebih tua. Tapi terkadang bayi dan anak bisa mengembangkan kondisinya, seperti bayi yang lahir tanpa kelenjar tiroid atau yang memiliki kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dengan baik. (4) Hipotiroidisme kongenital terjadi pada sekitar 1 dari 2.000 sampai 1 dari 4.000 bayi baru lahir. (5) Jika tidak terdiagnosis, bisa menyebabkan gejala semakin parah, bahkan cacat fisik dan mental. (4)

Gejala hipotiroidisme pada bayi dapat meliputi:

    Jaundice (menguningnya kulit dan putih mata)
    Sering tersedak
    Puffy wajah
    Sembelit

Gejala Hypothyroidism pada Anak-anak dan Remaja

Gejala hipotiroidisme pada anak-anak dan remaja serupa dengan gejala pada orang dewasa dan dapat mencakup: (4,6)

    Pertumbuhan yang buruk atau bertubuh pendek
    Pubertas tertunda
    Waktu reaksi lambat
    Berat badan
    Kasar, rambut kering atau kulit
    Kram otot
    Tertunda perkembangan mental
    Meningkatnya aliran haid untuk anak perempuan

Tes Umum untuk Mendiagnosis Hipotiroidisme

Jika Anda memiliki banyak gejala hipotiroidisme umum, seperti kulit kering, sembelit, kelelahan, dan suara serak, Anda bisa membuat janji dengan dokter Anda untuk memeriksa hipotiroidisme. (4) Dokter Anda dapat melakukan berbagai pemutaran, termasuk: (7)

   

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon