Minggu, 23 Juni 2019

5 Manfaat Semangka yang Luar Biasa

5 Manfaat Semangka yang Luar Biasa

Siapa sih yang tidak suka semangka? Buah merah yang satu ini menjadi kegemaran banyak orang, selain karena rasanya yang enak, tetapi juga semangka punya banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan. Semangka memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Magnesium, Kalium, Karotenoid, Likopen dan lainnya. Dengan kandungan gizi yang baik, maka semangka dipercaya memiliki khasiat dan berbagai manfaat untuk kesehatan. 


1. Mengatasi DehidrasiSeperti kita tahu, minum air putih adalah cara paling mudah untuk menghidrasi tubuh. Tapi selain itu, dengan konsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air yang cukup tinggi, itu juga dapat membantu. Nah, semangka memiliki kandungan sekitar 92% air, jadi buah ini sangat baik untuk mengatasi dehidrasi. Buah apapun yang mengandung kadar air yang cukup tinggi, akan bagus untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh. Jadi, sebaiknya selain semangka konsumsi juga buah-buhan yang lain.

2. Mencegah Penyakit JantungPenyakit pembunuh nomor satu di dunia ini menjadi momok menakutkan bagi semua orang, oleh karena itu berbagai cara dilakukan untuk menghindari penyakit mematikan ini. Salah satu cara mudah untuk menurunkan resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi semangka. Likopen yang terkandung dalam semangka sangat ampuh dalam membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah, bahkan bisa mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol. Untuk mencegah penyakit jantung ini diperlukan juga gaya hidup yang sehat, seperti kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, goreng-gorengan, olahraga dan istirahat yang cukup. Biar bagaimanapun, hanya dengan konsumsi semangka tidaklah cukup. Perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat.

3. Mencegah KankerKandungan likopen dalam buah semangka, dipercaya baik untuk mencegah beberapa jenis kanker. Itu karena likopen dapat menurunkan protein yang berperan dalam pembelahan sel (Insulin). Menurut penelitian, kanker yang paling mungkin dicegah oleh kandungan likopen ini adalah kanker pada sistem pencernaan. Selain likopen, kandungan cucurbitacin E dalam semangka dipercaya bagus untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Wow, sungguh menakjubkan bukan! 

4. Meredakan Nyeri OtotCitrulline (asam amino dalam semangka) dipercaya mampu mengurangi nyeri pada otot. Hebatnya, jus semangka pun memiliki khasiat mampu meningkatkan ketersediaan bio citrulline. So, untuk Anda yang suka nyeri otot atau pegal-pegal sehabis berativitas atau olahraga, tak ada salahnya untuk konsumsi jus semangka, ataupun semangka dalam bentuk utuh. 

5. Baik untuk Rambut dan KulitTernyata tidak hanya untuk kesehatan, manfaat semangka baik juga dalam hal kecantikan. Karena semangka mengandung Vitamin A dan Vitamin C, maka buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Fungsi Vitamin C dapat memproduksi kolagen dan protein yang membuat kulit lentur dan rambut yang kuat. Sedangkan manfaat Vitamin A dalam semangka mampu untuk meregenerasi kulit. Kekurangan Vitamin A dapat mengakibatkan kulit kering dan bersisik. Kandungan lainnya dalam semangka adalah likopen dan beta-carotene. Kedua kandungan ini dipercaya ampuh untuk melindungi kulit dari sengatan matahari yang berbahaya. Wah, begitu banyak ya manfaat semangka untuk kesehatan maupun kecantikan! Perlu diingat, untuk menjaga kesehatan, itu tidak cukup hanya dengan konsumsi semangka saja. Konsumsi beragam buah dan sayuran itu sangat penting. Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, dan hindari kebiasaan buruk seperti begadang. Dengan mengimbangi kesemua itu, maka Anda akan dapat manfaat maksimal dari semangka ini.  



Baca Juga:

Artikel Terkait

1 komentar so far

Perlu di coba, slama ini takut makan buah ini...
Ada pengalaman buah ini bikin drop tensi...


EmoticonEmoticon