Selasa, 30 April 2019

5 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Berjemur Pagi Hari

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Kalau ingin tahu beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan, berikut Aneka Manfaat telah merangkumnya. Yuk, lanjut disimak! 

1 Berjemur di Pagi Hari akan Membuat Tidaur Anda Lebih Nyenyak
Perlu Anda ketahui bahwa salah satu hal yang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak adalah produksi hormon melatonin. Namun di dalam tubuh manusia, hormon ini diproduksi dalam jumlah yang terbatas, artinya seiring bertambahnya usia maka produksi hormon tersebut akan mengalami penurunan, dan pada akhirnya akan mengganggu kualitas tidur Anda. Tapi jangan khawatir, karena produksi hormon melatonin dipengaruhi juga oleh paparan sinar matahari. Kesimpulannya, berjemur di pagi hari bisa membantu tubuh Anda untuk memproduksi hormon alami ini secara maksimal. 

2. Sinar Matahari dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Wah, apa hubungannya? Kalau Anda mempunyai masalah dengan berat badan berlebih, berjemur di pagi hari adalah salah satu cara alternatif yang bisa Anda coba untuk membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya poin ini masih terkait pada poin yang pertama, tidur yang cukup ternyata akan membuat Anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan. So, bila anda sedang menjalankan program diet, jangan lupa untuk berjemur di pagi hari ya! 

3. Sinar Matahari Pagi Bermanfaat Melindungi Tubuh dari Penyakit
Sebuah penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D biasanya akan lebih mudah untuk terserang penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa vitamin D yang didapat dari sinar matahari, ternyata lebih baik bila dibandingkan dengan suplemen vitamin D. Hmm.. Masih ragu untuk berjemur di pagi hari? 

4. Bagus untuk Kesehatan Tulang
Kita tahu bahwa vitamin D itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama untuk kesehatan tulang. Hal ini karena fungsi vitamin D dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang dipergunakan untuk memperkuat, sekaligus menyehatkan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D di setiap harinya, kita bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan, ikan dan yang lainnya. Tapi, itu semua belum afdol rasanya tanpa suplemen dari sinar matahari pagi. Berjemur di pagi hari adalah cara yang paling mudah dan murah untuk memperoleh vitamin D, yang juga jauh lebih berkualitas. 

5. Mampu Mencegah Penyakit Autoimun
Salah satu manfaat sinar matahari pagi yang paling besar untuk kesehatan adalah mampu melindungi tubuh dari penyakit autoimun. Tahukah Anda apa itu penyakit autoimun? Penyakit autoimun adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya reaksi sistem kekebalan tubuh yang terlalu kuat dan hiperaktif. Sehingga fungsi dari sistem imun yang awalnya adalah untuk melindungi tubuh, akan berbalik menyerang tubuh sendiri. Nah, cara yang paling mudah untuk mengurangi resiko penyakit ini adalah dengan cara berjemur di pagi hari, untuk memperoleh sinar matahari pagi yang cukup. Sekarang sudah tahu kan 5 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan? Menikmati sinar matahari pagi adalah cara yang paling murah dan simpel, tapi khasiatnya sangat menakjubkan. Semoga bermanfaat!

Banyak orang yang takut terkena paparan matahari secara langsung, karena dianggap bisa membuat kulit menghitam serta terbakar. Padahal dampak sinar matahari itu tidak selalu buruk lho! Ada juga manfaat positif yang bisa didapat dari sinar matahari, contohnya matahari di pagi hari. Dan perlu diketahui juga, kita ini manusia bukan Vampire yang anti matahari, jadi secara alamiah memang manusia membutuhkan paparan sinar matahari. Jangankan manusia, tumbuhan dan hewan pun membutuhkannya! 


 Manfaat Terkait: 



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon