Jumat, 09 Agustus 2019

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan


Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan: 

1. Mencegah kanker
Mangga mengandung lebih dari selusin jenis polifenol. Senyawa tanaman ini memiliki aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif, termasuk diabetes tipe 2 dan kanker. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, antioksidan mangga sebenarnya menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Mangga bagus untuk kesehatan kulit dan rambut
Vitamin A dalam mangga juga merupakan kunci untuk pengembangan dan pemeliharaan berbagai jenis jaringan epitel, termasuk kulit, rambut, dan kelenjar sebaceous. Yang terakhir, yang melekat pada folikel rambut, membantu menjaga rambut tetap lembap dan sehat. 
Dalam penelitian pada hewan, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, mangga sangat baik untuk kesehatan rambut.
Satu cangkir mangga juga memasok sekitar 75% dari asupan harian minimun vitamin C. Nutrisi ini diperlukan untuk memproduksi kolagen, sejenis jaringan yang memberikan elastisitas pada kulit dan membantu mencegah keriput dan kendur. Yang ingin awet muda, jangan lupa rutin konsumsi mangga ya!

3. Meningkatkan kesehatan otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah besar vitamin B6 yang terkandung dalam mangga, sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan aktivitas otak. Vitamin ini membantu dalam penggabungan dari neurotransmiter utama yang berkontribusi dalam menentukan suasana hati dan modifikasi pola tidur. Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa menambahkan mangga ke dalam diet harian Anda, dapat membantu menjaga kesehatan otak dan fungsi saraf yang efektif. 

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Karena mangga kaya akan vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karoten yang berbeda, mangga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan siap melawan penyakit.

5. Mangga baik untuk kesehatan mata
Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam mangga, berfungsi menjaga kesehatan mata Anda. Dua senyawa alami yang melindungi retina dan lensa ini, telah terbukti meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan dari silau, meningkatkan kontras visual, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari stres cahaya terang. Duo ini juga melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya, dan melawan atau memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula. Konsumsi mangga sangat baik bagi Anda yang bekerja di depan layar. Agar mata Anda tetap terjaga kesehatannya.

6. Bagus untuk pencernaan
Manfaat buah mangga untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Mangga mengandung enzim yang membantu memecah protein, yang juga membantu untuk melancarkan sistem pencernaan secara alami dan efisien. Studi bahkan menunjukkan bahwa bahan bioaktif dalam mangga seperti esterterpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

7. Mengontrol kolesterol
Dengan campuran vitamin C, seperti pektin dan serat, mangga segar tidak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol serum, tapi juga mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.  Setelah tahu manfaat buah mangga untuk kesehatan di atas, apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsi si raja buah ini? Jangan lupa untuk konsumsi berbagai macam buah dan imbangi olahraga untuk kesehatan maksimal. Semoga bermanfaat!'

Baca Juga:
Manfaat Buah Semangka

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon