Senin, 22 April 2019

Manfaat Timun untuk Kesehatan

Manfaat Timun

Manfaat Timun untuk Kesehatan

1. Bagus untuk Kesehatan Tulang Mentimun kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid yang diketahui dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Bijinya juga bermanfaat: sebuah studi menyimpulkan, sekelompok orang dengan lemak darah yang sedikit meningkat mengkonsumsi ekstrak biji mentimun kering setiap hari. Setelah enam minggu, mereka mengalami sejumlah perubahan yang menguntungkan, termasuk penurunan kolesterol total, penurunan kolesterol LDL, peningkatan HDL, dan penurunan trigliserida. Menurut USDA (The United States Department of Agriculture), satu mentimun berukuran sedang mengandung 194 gram cairan. Itu berarti hampir tujuh ons. Menambahkan irisan timun ke air juga dapat menambah rasa, yang dapat membantu meningkatkan asupan air Anda, bahkan lebih. 

2. Bagus untuk Menjaga Berat Badan Ketimun menawarkan tiga manfaat yang berperan penurunan berat badan, yaitu rendah kalori, tetapi mengandung serat dan cairan. Satu timun ukuran sedang menyediakan seperempat kalori dalam apel berukuran sedang. Dan dari 4 gram total karbohidrat dalam mentimun, satu setengahnya berasal dari serat. 

3. Mengurangi Resiko Kanker Seperti biji rami dan wijen, kale, brokoli, kubis, stroberi, aprikot, dan makanan nabati lainnya, mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan. Bakteri di saluran pencernaan yang mengubah lignan menjadi senyawa yang mengikat reseptor estrogen. Beberapa penelitian awal menunjukkan mereka dapat melindungi terhadap kanker terkait estrogen, termasuk kanker payudara, ovarium, rahim, dan prostat. 

4. Baik untuk Kulit Itulah sebabnya mengapa banyak orang menggunakan sayur ini sebagai masker mentimun ataupun untuk mengompres mata yang lebam. Bubur mentimun terdiri dari air, vitamin C, dan asam caffeic, bahan kimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi. Gunanya untuk mengurangi iritasi kulit dan pembengkakan. Karena itu selain untuk kecantikan, sifat anti-inflamasi dalam timun adalah alasan mengapa banyak orang menggunakan untuk obat jerawat dan kulit terbakar. 

5. Menghilangkan Bau Mulut Ternyata timun bisa menghilangkan bau mulut lho! Salah satu penyebab umum bau mulut adalah bau yang dihasilkan ketika bakteri menyerang partikel makanan yang terperangkap. Cairan dalam mentimun, serta produksi air liur yang dipicu karena mengunyah, membantu membersihkan mulut dan membersihkan bau-bau busuk ini. Itulah 7 manfaat timun yang luar biasa untuk kesehatan. So, mulai sekarang jang lupa sertakan timun dalam menu sehat harian Anda ya! 


Baca Juga:


Artikel Terkait

2 komentar

Ternyata banyak manfaatnya, saya pikir hanya nurunkan tekanan darah saja

Wah ternyata manfaat nya bisa menguatkan tulang juga toh, kalau gitu saya mau rutin ah makan timun, biar tulang nya sehat selalu


EmoticonEmoticon