Kamis, 02 Mei 2019

Manfaat Laptop untuk Bisnis

Hanya Dengan Laptop dan Internet

AnekaManfaat.com - Teknologi berkembang pesat, sangat penting untuk ber-modern dengan teknologi tersebut. Tak hanya bagi para pekerja, tetapi juga bagi para pelajar juga mahasiswa. Hampir seluruh aktivitas sehari-hari ditopang oleh kuatnya teknologi, khususnya laptop. Mencakup hampir semua kebutuhanmu mulai dari urusan pekerjaan sampai hiburan, laptop pun menjadi kebutuhan primer .

Tidak sampai disitu saja, laptop yang kita miliki tentunya juga dapat menjadi ladang bagi kita untuk mencari penghasilan. Untuk mendukung fungsi laptopmu, tentunya kamu harus memiliki modal skill atau kemampuan untuk memanfaatkan laptop yang kita punya. 

Kerja sampingan memang menjadi salah satu solusi terbaik bagi banyak orang yang ingin cari uang tambahan. Selain dapat uang, kerja sampingan juga bermanfaat dalam mengasah keahlian dan memanfaatkan waktu luang dengan lebih produktif, tidak harus punya modal banyak atau berwirausaha, kerja sampingan juga bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan keahlian dengan sebuah laptop. 

Ada 5 jenis kerja sampingan kreatif yang minim modal dengan modal laptop yang bisa Anda coba. Berikut ulasannya:

1. Blogger
Tak lagi hanya sekadar jadi hobi, kini, blogger sudah menjelma menjadi salah satu profesi yang terbilang cukup menjanjikan. Namun, untuk bisa jadi seorang blogger, tentu tidak cukup dengan hanya laptop dan koneksi internet saja. Anda juga perlu memiliki ciri khas, keahlian berbahasa, menyusun konten, serta ide-ide segar yang bisa membawa banyak pengunjung untuk datang ke blog Anda.

Semakin unik dan ramai blog Anda dikunjungi oleh para pembaca, akan semakin besar peluang Anda mendapat penghasilan tambahan dari aktivitas blogging. Beberapa sumber penghasilan tersebut antara lain berasal dari Google AdSense, kerja sama afiliasi, menjual jasa tulis ulasan atau pasang iklan langsung di blog, content placement, hingga mengikuti berbagai kompetisi blogging.
Untuk kerja sampingan kreatif yang satu ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Sebab, Anda harus punya blog pribadi yang telah dioptimisasi baik dari segi konten, desain, maupun traffic. Semua itu tentu butuh waktu dan proses yang cukup panjang. Apabila Anda sudah punya blog pribadi namun kini terbengkalai, jangan ragu untuk merapikan blog Anda dan kembali rajin menulis, ya! Nantinya, Anda bisa mengkomersilkan blog Anda dan mendapat uang tambahan dari sana.

Jika Anda berniat kredit laptop tanpa kartu kredit via Kredivo untuk modal menggeluti aktivitas blogging, sebaiknya Anda pilih laptop dengan spesifikasi gahar sekalian seperti MacBook Pro. Dengan begitu, Anda bisa banyak membuat kreasi konten blog sekaligus berlatih keahlian baru, misalnya mendesain atau editing video. Hal-hal tersebut tentunya akan sulit dilakukan di laptop dengan spesifikasi standar.

2. Designer Grafis
Kemampuan designing yang kamu miliki tentunya dapat kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan. Dengan bermodal laptop dan berbagai software design, kamu bisa mulai menawarkan jasa design logo, brosur, website, editting foto bahkan video. Untuk bisa mulai menawarkan jasa design-mu, kamu bisa mulai menjadi pekerja lepas atau freelancer berbagai brand maupun perusahaan. Tak hanya itu, jika kamu yakin dengan hasil karyamu, kamu tentu bisa menjual jasa design-mu secara pribadi. Anda bisa juga menawarkan jasa desain Anda secara pribadi kepada kerabat atau teman.

Untuk aktivitas desain grafis, diperlukan laptop khusus dengan spesifikasi mumpuni yang kuat untuk menjalankan aneka software, seperti MacBook Pro. Tidak perlu khawatir, dengan Kredivo, Anda bisa mendapatkan plafon kredit hingga Rp 20 juta. Jumlah plafon ini masih sesuai dengan bujet untuk kredit laptop tanpa dp sebuah MacBook Pro baru. Agar bisa dapat plafon kredit yang maksimal, pastikan saat mendaftar akun, Anda mengikuti instruksi dengan cermat, mengunggah dokumen dengan benar, tidak memalsukan data, dan memiliki histori rekening atau histori kredit yang baik. Untuk daftar, Anda bisa download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store.

3. Penulis Lepas
Di era pemasaran digital seperti sekarang ini, cukup banyak perusahaan berbasis online yang membuka lowongan untuk penulis kreatif atau content writer, mulai dari yang in house hingga pekerja lepas atau freelance. Jenis tulisan yang dibutuhkan juga bermacam-macam, mulai dari tulisan kreatif untuk blog, copywriting untuk iklan, banner, dan berbagai macam media pemasaran online lainnya, hingga tulisan untuk optimisasi mesin pencari Google (SEO).

Jika Anda terbiasa menulis atau menuangkan ide-ide kreatif Anda dalam sebuah tulisan, menjadi penulis lepas bisa menjadi kerjaan sampingan yang cukup menguntungkan. Sebab, umumnya, penulis lepas akan diberikan fee sesuai dengan jumlah kata yang ditulis dalam satu artikel, yaitu dengan kisaran sekitar Rp100.000 untuk 700 kata. Kisaran fee ini tentu berbeda-beda, bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal, tergantung pada kebutuhan perusahaan, pesanan, serta kualitas artikel yang ditulis.  

Untuk menjadi penulis lepas, paling tidak Anda membutuhkan laptop kelas menengah dengan spesifikasi standar dan baterai yang mumpuni. Laptop dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga Rp 6 jutaan seperti Acer Aspier E5-473, HP Notebook 14, atau ASUS X540 YA.

4. Jasa Pesan Tiket atau Pulsa
Meski sekarang semua sudah serba online, termasuk pesan tiket transportasi, tiket event, hingga beli aneka pulsa, masih ada sebagian orang yang belum paham atau bahkan lebih nyaman beli langsung ke agent atau toko. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan seperti demikian, jasa pesan tiket transportasi atau pulsa bisa jadi lahan bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Dengan modal laptop, hp, kuota internet, dan internet banking, Anda sudah bisa menjalankan bisnis sampingan yang satu ini. Anda bisa mematok atau memasang biaya jasa dengan kisaran tertentu dari setiap tiket atau pulsa yang Anda pesankan. 

5. Reseller Online Shop
Kalau tertarik untuk jualan online, Anda bisa mencoba memulainya dengan menjadi reseller. Dengan menjadi reseller, tentunya lebih minim modal dan minim risiko dibandingkan dengan terjun langsung membuat bisnis online shop. Sederhananya, reseller merupakan pihak yang menjual kembali sebuah barang atau produk dari penjual utamanya. Untuk jadi seorang reseller, Anda perlu membeli produk dari penjual langsungnya, baru kemudian dijual kembali dengan harga yang Anda tetapkan sendiri.
Sebelum jadi reseller, Anda perlu cermat melihat tren produk yang sedang berlangsung di pasaran. Pilihlah produk yang memiliki banyak peminat, cukup laku di pasaran, harga terjangkau, dan tahan lama untuk disimpan. Anda bisa memulai promosikan produk tersebut kepada orang-orang terdekat, mulai dari tetangga, saudara, teman, hingga secara online melalui messenger atau media sosial. 

Artikel Terkait

3 komentar

Nah untuk manfaat laptop saya setuju kalau buat para blogger, karena seorang blogger akan lebih baik menggunakan laptop agar hasil nya maksimal.

Informatif min, saat ini saya sedang menjalani poin nomor 1 tapi ingin memulai poin no 5. Mudah mudahan bisa.

leptop sangat penting untuk saat ini gan, karena sangat dibutuhkan untuk bekerja dan bisnis


EmoticonEmoticon