Sabtu, 04 Mei 2019

Manfaat Puasa Ramadhan

Puasa 

Mulai tanggal 6 Mei 2019, seluruh umat Muslim akan melakukan puasa satu bulan penuh. Jutaan umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Manfaat puasa dalam Islam juga untuk melatih ikhlas dan sabar. 

Puasa bukan hanya sebuah kewajiban beragama saja, tetapi puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia, puasa merupakan praktik yang baik jika diimplementasikan dengan benar.
Selain manfaat untuk mendapatkan pahala, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuhmu,  termasuk mengurangi resiko kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, resistensi insulin, gangguan kekebalan tubuh, perlambatan proses penuaan.
Berikut adalah 6 manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari puasa:

1. Puasa merupakan proses detoksifikasi
Puasa bisa menjadi salah satu cara untuk tubuh melakukan detoksifikasi karena lemak dibakar dan toksin dilepaskan, saat tubuh memecah cadangan lemaknya, ia memobilisasi dan menghilangkan racun yang tersimpan.

2. Puasa meningkatkan imunitas
Puasa meningkatkan kekebalan jika seseorang tidak berbuka puasa dengan jumlah makanan yang berlebihan, buah mengandung vitamin A dan E yang meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa menjadi pilihan untuk tetap dapat menjaga pola makan yang seimbang pada saat berpuasa.

3. Puasa memperbaiki tekanan darah tinggi
Puasa bisa memperbaiki tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan, puasa akan menormalkan tekanan darah pada sebagian besar kasus, tekanan darah akan tetap rendah setelah puasa, jika orang tersebut mengikuti diet dan gaya hidup yang sehat.

4. Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan
Selama puasa, organ pencernaan akan beristirahat, puasa memberi sistem pencernaan istirahat yang sangat dibutuhkan.
Setelah puasa, pencernaan akan bekerja kembali dengan keadaan yang lebih baik dan segar.

5. Puasa membantu mengatasi kecanduan
Puasa memudahkan orang-orang mengurangi kebiasaan buruk dan kecanduannya. banyak orang telah mengatasi kecanduan tembakau dan alkohol dengan berpuasa, bahkan kecanduan narkoba.
Puasa cepat menghilangkan keinginan untuk nikotin, alkohol, kafein dan obat-obatan lainnya.

6. Mengurangi Gula Darah
Saat puasa, kamu harus menahan untuk tidak makan berjam-jam dan gula darah pun akan turun. Tubuh akan merespons dengan menggunakan glukosa yang tersimpan sebelumnya dan menggunakannya sebagai energi selama berpuasa.


Artikel Terkait

2 komentar

puasa itu menyehatkan, semoga puasa depan dapat melaksanakannya dengan baik, amin

Alkhamdulillah...
Semoga sudah hari ke 3, semoga makin sehat kita semua...


EmoticonEmoticon