Selasa, 22 Oktober 2019

Aneka Manfaat Minum Jus Buah

Aneka Manfaat Minum Jus Buah

Buah – buahan  bisa diolah menjadi segelas jus segar yang kaya manfaat. Jaman sekarang sudah biasa bahwa buah-buahan dikemas dengan sejumlah nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Jus buah selain sekedar Pelepas dahaga secara khusus banyak kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan banyak makan makanan berserat, ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan. Mulai dari melancarkan kerja sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol kadar gula darah, hingga mempertahankan berat badan ideal.

Tidak hanya sampai di situ. Buah dan sayur juga dilengkapi dengan berbagai jenis antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang bertugas untuk melawan serangan radikal bebas pada tubuh. Dalam sehari sebenarnya tidak ada aturan khusus yang mengatakan jumlah minum jus dalam sehari harus seberapa banyak. Hanya saja, apa pun yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan, termasuk terlalu sering minum jus apa pun.

Semakin banyak Anda minum jus akan semakin banyak pula nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, jangan lupa bahwa produk jus kemasan yang dijual di pasaran mengandung banyak gula dengan kadar yang cukup tinggi. Bahkan meskipun Anda membuat atau membeli jus buah yang diolah sendiri, tanpa sadar Anda mungkin menambahkan pemanis seperti susu kental manis dan gula pasir ke dalam olahan jus tersebut. Itulah yang kemudian membuat jus yang Anda minum menjadi tidak sehat, karena penuh dengan gula.

Dibawah ini beberapa Aneka Manfaat jus
1. Jus sebagai obat nyeri saat haid, meski makan buah utuh sebenarnya lebih dianjurkan ketimbang minum jus buah, tapi bukan berarti Anda harus menghindari dan tidak minum jus sama sekali. Sebenarnya sah-sah saja untuk minum jus buah. Dengan catatan, sebaiknya tetap pertimbangkan jumlah konsumsi dan batasi ketika sudah terlalu banyak.

Kunci penting lainnya, usahakan untuk membuat sendiri jus yang akan Anda minum sehingga Anda dapat menakar berapa banyak pemanis yang digunakan. Atau akan lebih baiknya lagi, bila Anda tidak menggunakan pemanis sama sekali.

Sebab seperti yang telah disinggung sebelumnya, aneka jus khususnya dari buah-buahan, telah mengandung gula sebagai pemberi rasa manis alami. Itu sebabnya, menambahkan pemanis buatan justru bisa memperbanyak kandungan kalori di dalamnya.

2. Jus jambu untuk DBD, Ternyata tidak semua orang bisa dengan bebas minum jus sesuka hati. Beberapa orang yang memiliki diabetes dan berat badan berlebih biasanya lebih dianjurkan untuk memakan buah segar utuh ketimbang mengonsumsi jus.

Buah segar masih mengandung tinggi serat dan gula alami yang dipecah dan diproses secara perlahan di dalam saluran pencernaan. Itu kenapa makan buah segar dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan kadar gula darah tetap dalam taraf stabil.

Hal ini tentu berbeda bila Anda meminum jus buah sebab artinya Anda sama saja memakan banyak potongan buah setiap kali menenggak jus. Akibatnya, jumlah gula yang masuk ke dalam tubuh pun akan lebih banyak, sehingga organ hati membutuhkan usaha yang lebih besar pula untuk mengolahnya.

Terlebih lagi, jenis gula yang banyak terkandung di dalam buah adalah fruktosa. Berbeda dengan glukosa yang lebih mudah dicerna sebagai penghasil energi, fruktosa hanya bisa dipecah oleh organ hati. Terlalu banyak asupan fruktosa yang masuk ke dalam tubuh dapat memperbanyak penumpukan lemak di hati, sehingga merusak kerja organ tersebut.

Kadar fruktosa yang tinggi juga akan memicu resistensi insulin dan hadirnya plak pada pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Itulah mengapa orang yang mengalami kelebihan berat badan dan diabetes, sebaiknya membatasi minum jus.

Sebab seperti yang telah disinggung sebelumnya, aneka jus khususnya dari buah-buahan, telah mengandung gula sebagai pemberi rasa manis alami. Itu sebabnya, menambahkan pemanis buatan justru bisa memperbanyak kandungan kalori di dalamnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon