10 Manfaat Ampas Kopi dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Dalam sehari, rata-rata orang minum kopi berkisar antara 2 hingga 3 cangkir. Coba bayangkan berapa banyak ampas kopi yang akan dihasilkan dari para peminum kopi ini? Daripada ampas kopi dibuang dan menjadi limbah kurang bermanfaat, kita bisa memanfaatkannya. Apa saja manfaat ampas kopi ?

Ampas kopi memiliki banyak kegunaan unik dan praktis di sekitar rumah dan kebun dan bahkan dapat membantu rutinitas kecantikan Anda. Tanpa banyak basa-basi, berikut ini beberapa manfaat ampas kopi dalam berbagai sendi kehidupan.

Manfaat Ampas Kopi
Manfaat ampas kopi dan efek samping (javi_indy)

Manfaat Ampas Kopi

1. Menghilangkan Bau

Bubuk kopi memiliki kandungan nitrogen yang bisa membantu menyerap bau busuk dari udara saat dikombinasikan dengan karbon. Letakkan saja ampas kopi dalam lemari es untuk menghilangkan bau tidak sedap, di rak sepatu, tas olahraga, laci lemari kamar tidur, di bawah kursi mobil atau di tempat lain yang mungkin diperlukan.

Bahkan ampas kopi juga bisa digunakan setelah cuci tangan untuk menghilangkan bau bawang di tangan (setelah memasak).

Kalau Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, ampas kopi bisa diletakkan di sekitar kotak pasir tempat hewan membuang kotorannya. Ampas kopi secara efektif bisa membantu mengurangi bau kotoran hewan peliharaan yang menyengat.

2. Pupuk Kompos

Manfaat ampas kopi yang berikutnya adalah sebagai penyubur tanah dan pupuk tanaman. Bubuk kopi mengandung beberapa mineral penting seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium dan kromium yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah (seperti menarik cacing).

Mereka juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah. Caranya juga sangat simpel, cukup taburkan ke tanah di sekitar tanaman Anda.

3. Menghilangkan Goresan

Jika ada furnitur di rumah Anda terkena goresan halus, ampas kopi bisa membantu menghilangkannya. Campurkan 1 sendok makan ampas kopi dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut dengan kapas atau atau kain yang lembut, lalu lap hingga kering. Ingat, cara ini hanya bermanfaat untuk goresan yang halus.

4. Mengusir Serangga

Manfaat ampas kopi berikutnya yang luar biasa adalah bisa digunakan untuk mengusir serangga yang mengganggu. Senyawa dalam kopi yaitu kafein dan diterpen sangat beracun untuk beberapa jenis serangga dan hama.

Serangga yang santai anti dengan ampas dan bubuk kopi adalah nyamuk, lalat buah, kumbang dan hama seperti siput. Taburkan ampas kopi di sekitar area dimana tidak ingin diganggu oleh serangga dan hama tersebut. Siput sangat anti dengan ampas kopi dan akan menghindari area tersebut.

10 Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya
Anda mungkin suka menikmati kopi hitam rutin di pagi hari untuk mengawali hari. Tetapi seberapa banyak Anda mengetahui manfaat kopi hitam yang sesungguhnya?
www.anekamanfaat.com

5. Mengatasi Kutu Hewan

Serangan kutu pada hewan peliharaan adalah hal yang kerap terjadi. Salah satu solusi untuk mengusirnya adalah dengan menggunakan ampas kopi ini. Bagaimana caranya? Lakukan sebelum memandikan hewan peliharaan.

Caranya juga sangat mudah. Oleskan saja ampas kopi ke tubuh hewan seperti anjing dan kucing. Diamkan beberapa menit dan pastikan hewan tidak menjilatinya. Setelah itu mandikan hingga bersih.

6. Masker Wajah

Inilah manfaat ampas kopi yang sangat menakjubkan. Sifat zat dan antioksidan alami dalam kopi menjadikannya perawatan masker wajah yang hebat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat.

Campurkan ampas kopi dengan susu secukupnya untuk membuat pasta, lalu oleskan dan diamkan selama sekitar 20 menit. Gosok campuran dengan lembut selama sekitar satu menit sebelum dibilas hingga bersih.

Manfaat Ampas Kopi
Manfaat ampas kopi untuk masker wajah (wayhomestudio)

7. Membersihkan Perabot

Bubuk kopi memiliki sifat abrasif (yaitu membantu menghilangkan penumpukan pada permukaan yang sulit dibersihkan). Mereka bahkan dapat membantu membersihkan karena sifat antibakteri dan antivirusnya. Ampas kopi bisa digunakan untuk membersihkan wastafel, memoles peralatan masak, atau membersihkan pemanggang.

8. Mengurangi Selulit

Semua orang pasti tidak nyaman memiliki selulit. Ampas kopi bisa membantu mengurangi selulit pada kulit jika digunakan secara rutin. Bagaimana bisa ampas kopi bisa mengurangi selulit ? Kandungan kafein dalam kopi lah yang bertugas mengatasi selulit tersebut.

Ketika ampas kopi dioleskan pada area yang mengalami selulit, kafein dapat membantu memecah lemak dan meningkatkan aliran darah ke area selulit sehingga mengurangi munculnya selulit. Akan lebih manjur jika ampas kopi dicampurkan dengan minyak kelapa ketika dioleskan ke selulit.

9. Mengatasi Mata Panda

Mata panda adalah kondisi dimana kulit di sekitar mata berwarna lebih gelap. Mata panda disebabkan banyak hal seperti aliran pembuluh darah yang kurang baik, sirkulasi yang buruk, lelah dan penuaan dini. Kandungan kafein dan antioksidan dalam ampas kopi bisa membantu mengatasinya.

Penelitian membuktikan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya penuaan dan mengurangi lingkaran di bawah mata [1]. Kafein memiliki sifat anti-inflamasi dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata, yang dapat membantu mengurangi munculnya mata panda. Senyawa antioksidan akan membantu melawan radikal bebas, yang berkontribusi pada penuaan kulit.

10. Menyuburkan Rambut

Manfaat ampas kopi berikutnya yang juga sangat luar biasa adalah untuk membantu menyehatkan kulit rambut dan sekaligus membantu menyehatkan akar rambut serta melebatkannya. Sekali lagi hal ini disebakan karena kandungan kafein dalam kopi yang memang sangat menyehatkan kulit ketika dioleskan secara rutin.

Cara menggunakannya adalah sebelum Anda keramas. Oleskan ampas kopi ke kulit kepala dan pijat dengan lembut pelan-pelan. Biarkan saja selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dan kemudian bersihkan dengan keramas seperti biasa. Lakukan saja setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.

10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit supaya tetap sehat. Apa saja manfaat kopi untuk wajah dan kulit?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Ampas Kopi

Meskipun ampas kopi memiliki banyak manfaat yang menakjubkan, ada beberapa resiko dan efek samping yang mungkin timbul. Biji kopi mengandung senyawa yang disebut kafestol dan kahweol, yang dapat meningkatkan kolesterol darah.

Senyawa ini biasanya tetap berada di dalam ampas kopi. Ketika mengoleskan ampas kopi, secara umum aman namun ada baiknya tetap dalam batas yang normal. Tidak perlu mengoleskan kopi ke permukaan kulit sesering mungkin.

Kesimpulan

Karena cukup banyak manfaat ampas kopi, sudah saatnya Anda tidak membuangnya. Ampas kopi bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap, baik untuk lulur kulit dan bisa untuk membersihkan beberapa jenis perabotan. Jika Anda bukan peminum kopi, darimana mendapatkan ampas kopi ini ? Mudah saja, Anda bisa meminta di kafe atau warung kopi.

Bagikan: