12 Manfaat Apel Hijau yang Luar Biasa

Anekamanfaat.com – Apel hijau telah lama dikenal sebagai salah satu buah tersehat. Banyak masalah kesehatan yang bisa ditangkal dengan rutin mengonsumsi apel hijau secara rutin. Oleh karena itu sangat menarik sekali untuk menelaah apa saja manfaat apel hijau.

Apakah apel hijau baik untuk Anda? Apel hijau telah lama dikenal sebagai salah satu buah tersehat karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dimilikinya.

Apel hijau mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral dan serat yang dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan serta sangat efektif dalam menurunkan kolesterol dalam darah, menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat Apel Hijau
Manfaat apel hijau untuk kesehatan

Selain itu, buah apel hijau juga kaya akan vitamin A, C dan K. Apel hijau juga kaya akan zat besi, kalium, kalsium, antioksidan, dan flavonoid. Semua nutrisi dan gizi yang dimiliki oleh apel hijau tidaklah main-main karena semuanya akan memberikan manfaat terutama untuk kesehatan. Apa saja manfaat apel hijau akan kita ulas berikut ini.

Manfaat Apel Hijau

1. Kesehatan Paru-paru

Apel hijau memiliki kandungan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk meminimalisir terkena masalah pernafasan seperti asma. Selain itu, apel hijau juga telah diteliti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 21 persen pada wanita.

2. Pencernaan yang Sehat

Manfaat apel hijau yang berikutnya adalah untuk membantu pencernaan supaya tetap sehat. Apel hijau mengandung banyak serat yang membantu membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme sehingga akan membantu dalam pergerakan usus bebas.

Semakin bersih usus dan sistem pencernaan, semakin sehat tubuh kita. Untuk mendapatkan kandungan serat tinggi dari apel hijau, sangat disarankan untuk makan apel dengan kulitnya.

3. Nutrisi Rambut

Sama seperti sel tubuh lainnya yang membutuhkan nutrisi, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan tetap sehat. Apel kaya akan serat dan beragam nutrisi penting. Mereka juga kaya akan antioksidan, menjadikannya sebagai zat pembaruan sel.

Manfaat Apel Hijau
Apel hijau memberikan nutrisi untuk rambut

Apel hijau mengandung Procyanidin B-2, senyawa alami yang akan memberikan asupan protein yang cukup agar rambut baru bisa tumbuh dalam keadaan yang sehat dan kuat hingga akarnya.

4. Melancarkan Metabolisme

Manfaat apel hijau yang berikutnya adalah untuk membantu kelancaran metabolisme tubuh. Apel hijau mengandung sejumlah mineral, zat besi, seng, tembaga, mangan, dan kalium yang semuanya sangat penting bagi tubuh manusia.

Zat besi dalam apel adalah elemen penting yang akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu meningkatkan laju metabolisme.

5. Detoksifikasi Alami

Apel hijau secara alamiah akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran zat racun dari dalam tubuh). Karena kandungan serat yang tinggi, apel hijau ketika diolah menjadi jus dan diminum secara rutin akan memberikan bantuan berharga dalam menjaga hati, ginjal, dan sistem pencernaan Anda bebas dari racun dan elemen berbahaya lainnya.

Asupan serat juga memastikan Anda terbebas dari masalah sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam jus ini juga membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

6. Tangkal Diabetes

Makan apel hijau setidaknya dua kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23 persen. Penelitian yang dilakukan pada orang dengan pra-diabetes menemukan bahwa apel hijau dapat membantu orang menghindari diabetes.

Dua puluh empat jam setelah konsumsi apel, gejala pra-diabetes menjadi lebih lemah karena apel hijau dapat membuat perut merasa kenyang sehingga membantu Anda untuk tidak makan berlebihan.

7. Diet Sehat

Salah satu manfaat apel hijau yang sangat penting dan luar biasa adalah bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan merupakan asupan makanan yang sangat baik ketika menjalani proses diet. Apel hijau bisa menjadi camilan yang mengenyangkan di sela waktu makan.

Manfaat Apel Hijau
Apel hijau baik untuk diet (azerbaijan_stockers)

Ketika diproses menjadi jus, kandungan serat serta rendah lemak, gula, dan natrium, jus apel hijau dikenal dapat menangkal rasa cepat lapar. Bonus lainnya adalah meningkatkan potensi pembakaran kalori, yang membantu Anda mencapai tujuan yaitu penurunan berat badan dengan cara yang enak.

8. Kesehatan Kulit

Manfaat apel hijau yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Ekstrak apel hijau adalah bahan umum dan sangat populer di sebagian besar produk kecantikan. Antioksidan yang ada dalam apel hijau membantu melawan keriput dan meremajakan kulit Anda.

Berbagai Manfaat Buah Kurma, Terutama untuk Kesehatan
Buah kurma memiliki rasa manis dan identik digunakan sebagai makanan pembuka atau penutup hidangan utama. Apakah Anda sudah mengetahui apa manfaat buah kurma?
www.anekamanfaat.com

Apel hijau juga kayak vitamin yang membantu melembabkan kulit Anda dan memperbaiki teksturnya, apel hijau juga berkontribusi untuk mencegah dan mengendalikan penyakit kulit seperti jerawat.

Mengonsumsi 1 apel hijau sehari dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit serta memperbaiki tekstur kulit. Masker wajah dari apel hijau membantu meremajakan kulit Anda.

9. Mengatasi Peradangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jus apel hijau kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan ini juga akan membantu melindungi tubuh dari kondisi peradangan yang menyakitkan yang disebabkan oleh stres oksidatif, seperti rematik dan radang sendi.

Lansia yang menderita rematik dan radang sendi harus memasukkan jus apel hijau ke dalam menu makanan harian mereka.

10. Mata Sehat

Apel hijau memiliki kandungan vitamin A yang sudah dikenal sebagai nutrisi penting untuk mata. Untuk mendapatkan manfaat vitamin A yang maksimal, disarankan mengolahnya menjadi jus apel hijau. Vitamin A yang ada dalam jus ini diketahui memiliki potensi untuk memperkuat dan meningkatkan penglihatan Anda.

11. Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat apel hijau yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jus apel hijau kaya akan kandungan kalsium yang penting untuk memperkuat tulang dan gigi serta menjaganya tetap sehat. Wanita (terutama dalam masa menopause ) harus rutin mengonsumsi jus apel hijau untuk mencegah terkena osteoporosis.

12. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan fenol yang ada di dalam jus apel hijau sangat berperan besar dalam mencegah penuaan dini. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh menyebabkan timbulnya kerutan, garis halus, dan flek hitam secara dini.

Manfaat Apel Hijau
Apel hijau untuk kesehatan kulit (Racool_studio)

Mengonsumsi secara rutin minuman kaya antioksidan ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengendalikan segala macam kerusakan yang ditimbulkannya.

Tips Mengonsumsi Apel Hijau

Apel hijau dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda bisa makan buah utuh baik yang dikupas atau tidak dikupas, atau bisa juga membuatnya menjadi jus apel. Cara lain yang menjadikannya lebih nikmat adalah dengan membuat pai apel hijau atau campurkan ke es krim, salad buah dan smoothie.

Namun cara terbaik adalah tetap mengonsumsinya sebagai buah secara utuh, dengan cara ini semua nutrisi alaminya akan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dan hal penting lain adalah; jangan pernah makan biji apel karena sedikit beracun dan berpotensi merusak kesehatan.

11 Manfaat Buah Lemon dan Efek Sampingnya
Lemon adalah jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam yang khas karena kaya asam sitrat. Lemon sangat memberikan banyak manfaat. Apa manfaat buah lemon?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Apel hijau sangat kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang semuanya sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan. Apel hijau bisa diolah dalam berbagai bentuk makanan atau minuman. Namun untuk mendapatkan semua manfaat apel hijau yang maksimal, tetap disarankan untuk mengonsumsinya dalam bentuk aslinya yaitu buah yang utuh.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: