Berbagai Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh

AnekaManfaat.com – Kita semua sudah tahu bahwa bayam hijau sangat bergizi, namun tahukah Anda dengan bayam merah? Masih termasuk dalam keluarga sayur-sayuran (amaranthaceae), tahukah Anda apa saja manfaat bayam merah?

Bayam merah mungkin belum sepopuler bayam hijau. Namun bayam merah diketahui beberapa manfaat terutama bagi manusia. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, ada beberapa ramuan obat herbal yang menggunakan bayam merah sebagai bahannya.

Manfaat Bayam Merah
Berbagai manfaat bayam merah (etsystatic.com)

Fakta Nutrisi Bayam Merah

Apakah bayam merah memiliki kandungan gizi? Tentu saja, berikut ini beberapa kandungan gizi yang ada di bayam merah.

Dalam 100 gram bayam merah, kandungan gizi yang ternilai adalah:

  • Energi: 51 kkal.
  • Vitamin B1: 0,08 mg.
  • Lemak: 0,5 gram.
  • Karbohidrat: 10 gram.
  • Serat makanan: 1 gram.
  • Protein: 4,6 gram.
  • Natrium: 42 mg.
  • Kalium: 340 mg.
  • Fosfor: 111 mg.
  • Kalsium: 368 mg.
  • Zat besi: 2 mg.
  • Vitamin A: 1,9 mg.
  • Vitamin C: 80 miligram.

Jadi, apa sajakah manfaat bayam merah?

Manfaat Bayam Merah

1. Kesehatan Kulit

Manfaat bayam merah yang pertama adalah baik untuk kesehatan kulit. Sayuran berdaun tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat kecantikan. Bayam merah kaya vitamin C dan mengembangkan kolagen yang dapat bertindak sebagai antioksidan.

Kandungan vitamin C pada bayam merah juga membantu meningkatkan kualitas kulit Anda dengan cara memperbaiki sel kulit mati dan mengembangkan sel baru.

Manfaat Bayam Merah
Bayam merah bagus untuk menjaga kulit (greenmark.com)

Kandungan zat besi di bayam merah juga bermanfaat bagi kulit Anda, yang merupakan elemen penting untuk hemoglobin. Hemoglobin meningkatkan aliran darah di tubuh Anda sehingga membantu memberikan kilau pada kulit Anda. Selain itu, kandungan air dalam sayuran juga membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

2. Memperkuat Akar Rambut

Salah satu manfaat utama lainnya dari rutin mengonsumsi bayam merah adalah meningkatkan kualitas rambut dan akarnya. Bayam merah dapat membantu menghilangkan rambut rontok. Minumlah jus bayam atau makan bayam matang untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

3. Kesehatan Mata

Manfaat bayam merah yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan bayam merah kaya akan vitamin E sehingga bisa menjadi bagian penting dari makanan Anda. Vitamin E sangat penting untuk kesehatan mata Anda, karena dapat meningkatkan penglihatan Anda sekaligus mempertahankannya.

4. Kesehatan Jantung

Kandungan fitosterol dalam bayam merah memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan jantung. Fitosterol membantu dalam mengurangi tingkat tekanan darah tinggi dan bertindak sebagai penangkal perkembangan penyakit kardiovaskular. Memasukkan bayam merah ke dalam makanan harian dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

5. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat Bayam Merah
Bayam merah baik dikonsumsi oleh ibu hamil (freepik.com)

Bayam merah juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Bayam merah mengandung vitamin dan mineral yang diketahui sangat baik untuk menunjang pertumbuhan janin dalam rahim dan menjanga kesehatan ibu. Bagi ibu yang sedang menyusui, bayam merah juga sangat bermanfaat meningkatkan produksi ASI.

6. Mengatasi Kolesterol

Manfaat bayam merah yang berikutnya adalah mampu mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan bayam merah mengandung serat. Selain itu, okotrienol dalam vitamin E yang ada di bayam merah akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

7. Menambah Energi

Kandungan karbohidrat dalam sayuran berdaun dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Paket lengkap protein, vitamin K, folat, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang berpadu bersama dengan karbohidrat dapat segera meningkatkan tingkat energi Anda.

8. Mengobati Diabates

Kandungan nutrisi dan gizi bayam merah juga bisa dijadikan makanan sehat untuk mengobati diabetes. Kandungan vitamin B3 dalam sayuran membantu mengontrol kadar insulin dalam darah Anda dengan mengontrol kadar gula darah.

9. Kesehatan Tulang

Karena bayam merah merupakan sumber vitamin K, tidak diragukan lagi bayam merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dalam dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis atau patah tulang. Mengkonsumsi bayam merah dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan protein matriks tulang.

10. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin dan nutrisi yang ada di bayam merah sangat baik dan terbukti untuk menjaga kekebalan tubuh. Asam amino, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian melindungi tubuh dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

Manfaat Bayam Merah
Bayam merah sangat baik untuk kekebalan tubuh (nutritionaloutlook.com)

Bahkan ketika Anda mengalami sakit seperti demam, bayam merah akan menolong Anda. Mengkonsumsi bayam merah saat demam dapat membantu mengatur suhu tubuh Anda dan mempertahankannya pada suhu normal.

11. Obat Asma

Manfaat bayam merah yang berikutnya adalah sebagai obat asma. Kandungan beta-karoten sangat efektif dalam mengobati penyakit kronis. Bayam merah memiliki kandungan nutrisi yang baik serta beta-karoten yang dapat membantu mencegah timbulnya asma.

12. Mengatasi Disentri

Tidak hanya bagian daunnya saja yang bermanfaat, bahkan bagian batangnya pun bayam merah juga bisa untuk mengobati disentri. Serat larut dalam sayuran berdaun membantu menyerap air dan membersihkan saluran pencernaan. Antosianin dalam bayam merah membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri.

13. Menjaga Ginjal

Manfaat bayam merah yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Karena kandungan seratnya yang tinggi, mengonsumsi bayam merah secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal dengan cara membantu membuang dan membersihkan racun yang berbahaya di dalam tubuh.

14. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada bayam merah juga dapat membantu mengatasi masalah anemia. Konsumsi bayam merah secara teratur dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan membersihkan darah Anda, sehingga meningkatkan aliran darah Anda secara alami. Jika Anda penderita anemia, tambahkan sayur bayam merah sebagai menu makanan harian.

15. Diet Sehat

Jika Anda sedang menjalankan diet, masukkan sayuran bayam merah sebagai menu makanan harian. Kandungan protein dalam bayam merah akan membantu mengurangi kadar insulin dalam darah.

Protein melepaskan hormon yang bertindak sebagai penghenti rasa lapar, yaitu membantu menurunkan rasa lapar yang konstan. Kandungan serat juga membantu menjaga rasa lapar Anda.

16. Mengatasi Kanker

Bayam merah juga dapat membantu mengatasi kanker. Kandungan magnesium, zat besi, asam amino, vitamin E, fosfor, kalium dan vitamin C adalah perpaduan manjur untuk membasmi pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan dalam bayam merah juga memainkan peran penting dalam mencegah munculnya kanker. Jadi sangat baik mengonsumsi bayam merah sesering mungkin untuk mencegah kanker.

12 Manfaat Apel Hijau yang Luar Biasa
Apel hijau telah lama dikenal sebagai salah satu buah tersehat karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dimilikinya. Apa saja manfaat apel hijau?
www.anekamanfaat.com

17. Menjaga Pencernaan

Manfaat bayam merah yang berikutnya adalah untuk membantu sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat akan membantu mengatur pergerakan usus dengan membersihkan usus besar.

Bayam merah juga meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus besar. Hal ini membantu dalam meredakan sembelit dan mencegah kanker usus besar, diabetes dan kolesterol.

Efek Samping

Tidak semua orang cocok mengonsumsi bayam merah. Ada beberapa laporan bahwa sebagian orang akan mengalami beberapa masalah berikut ini ketika mengonsumsi bayam merah:

  • Mual.
  • Gangguan pencernaan.
  • Keram perut.
  • Masalah Ginjal.
  • Gangguan dengan obat-obatan tertentu.
7 Manfaat Getah Pepaya yang Mengejutkan
Buah pepaya banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Tidak hanya buahnya, siapa sangka getah pepaya juga memiliki manfaat. Apa manfaat getah pepaya?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda telah memahami banyak sekali manfaat bayam merah untuk tubuh Anda dan inilah saatnya untuk mulai memasukkannya ke dalam menu makanan. Para ahli berpendapat bahwa perlu menambahkan makanan dalam berbagai warna di menu harian untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Bersama dengan sayuran hijau biasa Anda, menambahkan bayam merah dapat membantu melindungi tubuh Anda dari sejumlah penyakit.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: