[18+] Manfaat Berhubungan Setiap Hari

AnekaManfaat.com – Manusia ditakdirkan untuk memiliki pasangan. Dan ketika berpasangan, salah satu kebutuhannya adalah berhubungan intim. Sebuah kewajaran jika pasangan sah melakukan hubungan intim setiap hari (di luar masa menstruasi wanita). Tahukah sobat manfaat berhubungan setiap hari?

Dalam agama (salah satunya Islam), hubungan suami istri yang sah bisa dikatakan kewajiban yang harus dilakukan. Selain untuk meneruskan keturunan, meningkatkan ikatan dan mendapatkan kenikmatan, ternyata masih ada beberapa manfaat berhubungan setiap hari lho.

Melakukan hubungan intim secara beruntun akan memberikan beberapa manfaat pada:

  • Psikologis.
  • Fisik.
  • Emosional.
  • Intelektual.
  • Sosial.

Apa saja manfaat melakukan hubungan intim setiap hari?

Manfaat Berhubungan Setiap Hari

1. Meningkatkan Hubungan Sosial

Sebuah hubungan yang dilakukan secara sehat dan berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan hubungan sosial di antara pasangan. Kepuasan yang di dapatkan oleh masing-masing pasangan akan menimbulkan rasa saling menghargai dan kagum yang berujung bertambahkan ikatan sosial di antara keduanya.

Manfaat Berhubungan Setiap Hari
Keterikatan sosial menjadi lebih tinggi

2. Meredakan Sakit Kepala

Pada beberapa studi yang dilakukan kepada pasangan yang aktif melakukan hubungan intim hampir setiap hari ditemukan beberapa hasil seperti berkurangnya terkena masalah sakit kepala seperti migrain.

3. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat berhubungan setiap hari berikutnya adalah membuat tidur semakin nyenyak, Aktifitas fisik dan emosional di antara kedua pasangan yang kemudian diakhiri dengan kepuasan akan membantu mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak.

Manfaat Berhubungan Setiap Hari
Salah satu manfaat hubungan yang sehat adalah tidur makin nyenyak (drobotdean – freepik.com)

Ketika berhubungan intim, hormon oksitosin akan dilepaskan oleh tubuh. Dan ketika orgasme tercapai, hormon endorfin juga akan dilepaskan tubuh. Kombinasi pelepasan kedua hormon inilah yang menyebabkan munculnya rasa tenang pada tubuh dan pada akhirnya tubuh akan merasakan rileks. Ketika tubuh rileks, maka tidur pun akan nyenyak.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada beberapa pasangan yang rutin melakukan hubungan intim hampir setiap hari dan beberapa pasangan yang jarang melakukannya, didapatkan hasil yang berbeda pada jumlah Imunoglobulin A (IgA) yang ada pada air liur mereka.

Pasangan yang sering melakukan hubungan intim diketahui memiliki jumlah Imunoglobulin A (IgA) lebih banyak daripada pasangan yang jarang melakukan. Imunoglobulin A (IgA) adalah antibodi yang berperan dalam mencegah serangan penyakit seperti Human papillomavirus atau HPV (virus yang bisa menyebabkan infeksi di permukaan kulit dan berpotensi menyebabkan kanker).

8 Manfaat Treadmill untuk Kebugaran dan Kerugiannya
Salah satu jenis peralatan olahraga rumahan yang populer adalah treadmill. Kami akan mengulas manfaat treadmill dan mengapa menggunakan treadmill menyenangkan.
www.anekamanfaat.com

5. Manfaat Kesehatan

Berhubungan intim bisa dikatakan layaknya sedang melakukan latihan kardiovaskular. Lebih sering dilakukan, maka efeknya juga akan semakin bagus untuk kesehatan tubuh. Memang hubungan intim bukan aktifitas olah raga, namun bisa dikatakan itu adalah sebuah aktifitas olah raga ringan.

Berikut ini beberapa manfaat berhubungan setiap hari bagi kesehatan fisik dan tubuh:

  • Menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan dan menjaga libido.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan hipertensi.
  • Memperkuat otot tubuh.
  • Membakar kalori.

6. Manfaat Kesehatan Pria

Bagi laki-laki, ketika sering melakukan hubungan intim yang sehat, akan memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.
  • Menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma.

7. Manfaat Kesehatan Wanita

Sedangkan bagi wanita, berikut manfaat yang akan didapatkan ketika rutin melakukan hubungan intim secara sehat:

  • Orgasme pada wanita akan membantu meningkatkan dan memperlancar aliran darah.
  • Membangun otot panggul yang lebih kuat.
  • Meredakan kram menstruasi dan pramenstruasi.

Otot panggul yang kuat sangat bermanfaat bagi wanita. Ketika wanita berhubungan intim dengan pasangannya, kontraksi yang sedang terjadi terutama ketika sedang mengalami orgasme adalah seperti kegiatan latihan otot panggul. Ketika otot panggul kuat, salah satu keuntungannya adalah sebagai kontrol kekuatan kandung kemih.

Manfaat Berhubungan Setiap Hari
Berhubungan setiap hari memberikan manfaat bagi otot panggul yang lebih kuat

8. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berhubungan setiap hari yang berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh).

7 Manfaat Mandi Air Garam yang Luar Biasa
Garam memiliki kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia ketika dimanfaatkan sebagai bahan campuran ketika mandi. Apa saja manfaat mandi air garam?
www.anekamanfaat.com

9. Mengurangi Nyeri

Stimulasi ketika aktifitas hubungan intim dan ketika orgasme dapat membantu meredakan nyeri. Orgasme akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang juga memberikan pengaruh pada berkurangnya nyeri dengan cara memblokir sinyal rasa sakit di tubuh.

10. Meredakan Stres

Manfaat berhubungan intim setiap hari yang berikutnya adalah membantu meredakan stres. Aktifitas seperti sentuhan, pelukan dan keintiman lain akan memicu rasa tenang dan rileks. Otak juga juga terpicu untuk melepaskan sinyal rasa senang.

Kesimpulan

Tentu banyak faktor lain (terutama gaya hidup) yang akan berpengaruh terhadapan kesehatan fisik dan mental. Hubungan intim yang dilakukan dengan pasangan yang sah adalah salah satu faktornya. Jika sobat sudah menikah dan kemudian sudah tahu manfaat berhubungan setiap hari, apa lagi yang Anda tunggu?

Bagikan: