Wow, Inilah Manfaat Berkebun yang Tak Terduga

AnekaManfaat.com – Menanam bunga atau berbagai jenis tanaman bagi sebagian orang adalah hobi yang menyenangkan. Selain berguna untuk mengisi waktu kosong, ternyata banyak juga manfaat berkebun yang bisa diperoleh tanpa disadari. Selain menghasilkan tanaman, berikut inilah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari berkebun.

Manfaat Berkebun untuk Fisik dan Mental

1. Kesehatan Jantung

Manfaat berkebun yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung Anda. Kerja keras yang dilakukan ketika berkebun (penggalian, penanaman, dan penyiangan) sebanding dengan olah raga ringan dan memberikan manfaat kardiovaskular karena membakar kalori dan menguatkan hati.

Manfaat Berkebun
Berkebun sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung (cookie_studio – freepik.com)

2. Terapi Stres dan Kecanduan

Berkebun juga akan membantu kita mengurangi stres ketika kita menikmati prosesnya. Berkebun adalah kegiatan yang fokus pada sesuatu dan menempatkan pikiran untuk bekerja dengan tujuan. Karena fokus yang terus terasah inilah pikiran akan terstimulasi sehingga mampu mengurangi tekanan pikiran, depresi dan kecemasan.

Tidak hanya stres, berkebun juga digunakan sebagai terapi bagi orang-orang yang sedang menjalani rehabilitasi dari kecanduan. Dalam sebuah penelitian, tanaman memicu perasaan positif pada orang yang pulih dari kecanduan alkohol, dan merupakan alat rehabilitasi yang efektif.

Pada penelitian ini, orang-orang dalam program rehabilitasi kecanduan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemulihan alami, di mana mereka diizinkan untuk memilih seni atau berkebun sebagai terapi alami mereka. Orang yang memilih berkebun menyelesaikan program rehabilitasi pada tingkat yang lebih tinggi dan melaporkan pengalaman yang lebih memuaskan dibandingkan mereka yang memilih seni.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Kerja keras yang dilakukan terutama oleh tangan secara perlahan akan membantu menguatkan otot tangan. Kegiatan seperti menggali, menarik dan menanam seolah-olah adalah seperti kegiatan fitness yang dilakukan di gym.

4. Memperkuat Ikatan Sosial

Manfaat Berkebun
Berkebun bersama sangat baik untuk ikatan sosial (freepik.com)

Manfaat berkebun yang dilakukan secara bersama-sama terutama dengan anggota keluarga tentu akan menambah ikatan sosial. Berkebun terutama dengan anak-anak juga akan menambah ikatan yang baik.

5. Asupan Vitamin D Alami

Jika Anda berkebung di ruang terbuka dengan sinar matahari pagi yang selalu menerpa, secara tidak langsung Anda akan mendapatkan vitamin D secara alami (meningkatkan kadar kalsium) yang sangat bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya untuk tulang, vitamin D alami juga akan memberikan manfaat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun jika Anda mendapatkan paparan matahari yang berlebihan juga kurang baik. Jika sinar matahari terlalu panas gunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

6. Menjaga Daya Ingat

Aktivitas berkebun dapat memacu pertumbuhan saraf terkait memori di otak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, sebuah terapi dengan berkebun yang diberikan kepada sekelompok orang ternyata memberikan hasil yang sangat baik bagi ingatan terutama bagi pada penderita penyakit demensia (sumber).

7. Menjaga dan Meningkatkan Mood

Manfaat Berkebun
Berkebun sangat bermanfaat untuk menjaga mood tetap baik (prostooleh – freepik.com)

Manfaat berkebung berikutnya adalah sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan mood agar selalu dalam keadaan yang baik. Ketika orang-orang menghabiskan waktu di taman, tingkat kecemasan mereka menurun dan depresi mereka berkurang.

8. Stok Bahan Makanan

Manfaat berkebun yang tidak kalah penting adalah adanya stok persediaan bahan makanan. Hal ini tentu saja berlaku ketika Anda berkebun dengan menanam bahan makanan seperti sayur-sayuran. Dan karena sayuran itu adalah hasil yang Anda tanam dengan sepenuh hati dan terjamin perawatannya (jika Anda menanam sendiri dan untuk dikonsumsi sendiri tentu akan menghindari pestisida), maka akan terasa lebih nikmat ketika disantap bersama keluarga.

5 Manfaat Masker Charcoal dan Efek Sampingnya
Tahukah Anda bahwa charcoal atau arang aktif sangat populer digunakan sebagai masker wajah? Seperti apa manfaat masker charcoal untuk wajah? Berikut ulasannya.
www.anekamanfaat.com

9. Melatih Tanggung Jawab

Berkebun salah satu tujuannya adalah merawat mahluk hidup yang harus selalu dijaga agar berkembang dengan baik. Hal inilah yang akan membuat kita selalu merasa memiliki tanggung jawab secara terus menerus sehingga rasa itu terus terasah dengan baik.

10. Menjaga Mata Tetap Sehat

Manfaat berkebun yang berikutnya adalah bisa membantu menjaga mata tetap sehat. Jika pekerjaan utama Anda berkutat di kantor setiap hari dan memandangi monitor komputer, disinilah manfaat berkebun akan memberikan dampaknya bagi kesehatan mata Anda. Mata Anda akan merasa rileks dan istirahat ketika memandangi dedaunan terutama yang berwarna hijau.

[18+] Manfaat Berhubungan Setiap Hari
Selain untuk mendapatkan rasa nikmat, ada manfaat berhubungan setiap hari bagi pasangan yang sudah sah. Apa saja manfaatnya? Baca ulasan dari kami berikut ini.
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Secara keseluruhan, berkebun secara teratur terbukti baik untuk Anda dalam berbagai cara. Dari manfaat terkait kesehatan yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung hingga membantu Anda rileks setelah hari yang melelahkan.

Apa yang lebih baik daripada menjadi bugar dan mempertahankan gaya hidup sehat sambil membuat taman Anda menjadi lingkungan yang indah tempat Anda ingin menghabiskan waktu. Berkebun tidak lagi perlu dilihat sebagai tugas atau hobi, melainkan investasi untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Bagikan: