8 Manfaat Buah Anggur dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Anggur adalah jenis buah yang sangat populer di dunia. Buah ini sarat dengan nutrisi penting yang kesemuanya memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan paduan rasa manis dan asam, apa saja manfaat buah anggur?

Anggur pada awalnya dikenal berasal dari kawasan timur tengah. Nutrisi dalam anggur menawarkan sejumlah kemungkinan manfaat untuk kesehatan. Nutrisi dalam buah anggur telah dikaitkan dengan pencegahan kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sembelit.

Manfaat buah Anggur untuk kesehatan
Manfaat buah Anggur untuk kesehatan

Fakta Nutrisi Anggur

Anggur mengandung vitamin A dan B, dan kandungan airnya tinggi. Secangkir anggur mengandung lebih dari 121 g air. Anggur juga mengandung senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Kulit buah anggur merah mengandung resveratrol fitokimia, yang berpotensi melindungi tubuh dari beberapa penyakit dan kondisi kronis.

Flavonoid myricetin dan quercetin juga ditemukan dalam buah anggur. Keduanya membantu tubuh melawan pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

Berikut ini fakta nutrisi yang terdapat dalam 151 gram anggur:

  • 104 kkal
  • 1,09 gram protein
  • 0,24 gram lemak
  • 27,33 gram karbohidrat yang 23,37 gram di antaranya adalah gula
  • 1,4 gram serat
  • 288 mg kalium
  • 15 miligram (mg) kalsium
  • 0,54 mg zat besi
  • 11 mg magnesium
  • 30 mg fosfor
  • 3 mg natrium
  • 0,11 mg seng
  • 4,8 mg vitamin C
  • 22 mikrogram (mcg) vitamin K
  • 3 mcg folat

Manfaat Buah Anggur

1. Mencegah Kanker

Anggur mengandung senyawa antioksidan resveratrol dan polifenol. Polifenol memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan dan banyak terdapat pada bagian dagingnya. Sedangkan resveratrol ditemukan di kulit anggur merah.

Manfaat buah Anggur untuk mencegah kanker
Anggur memiliki potensi untuk mencegah kanker (mrsiraphol)

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa resveratrol mungkin dapat memperlambat atau mencegah pertumbuhan tumor pada getah bening, hati, perut, payudara, usus besar, kanker kulit, dan leukemia. Anggur juga memiliki sifat anti-inflamasi alami karena memiliki senyawa flavonoid quercetin atau kuersetin. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan kanker.

2. Mengatur Berat Badan

Manfaat buah anggur yang berikutnya adalah membantu mengatur berat badan. Anggur adalah buah rendah kalori dan bebas lemak dengan indeks glikemik rendah. Kandungan resveratrol dalam anggur memiliki potensi memicu reaksi tertentu yang dapat meningkatkan metabolisme energi.

Sebuah studi tahun 2016 juga mengaitkan diet tinggi antioksidan dengan pemeliharaan berat badan [1]. Satu cangkir anggur memiliki sekitar 100 kalori, menjadikannya camilan padat nutrisi bervolume tinggi yang dapat Anda makan lebih banyak dengan asupan kalori yang lebih rendah.

3. Menjaga Hidrasi

Kandungan air dalam anggur mencapai 82 persen. Hidrasi yang cukup akan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, regenerasi sel, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tubuh akan mendapatkan asupan cairan dari lebih dari sekedar minuman. Selain itu, satu cangkir anggur akan memasok sekitar dua setengah ons air, yang penting bagi sirkulasi dan aliran darah yang sehat, dan pembuangan limbah.

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan gizi dan nutrisi dalam anggur akan membantu menyehatkan jantung dengan cara menghambat pengerasan arteri, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mengekang pembekuan darah, dan menurunkan peradangan.

Penelitian menunjukkan bahwa anggur juga membantu mengurangi kolesterol dengan cara mengurangi penyerapan senyawa tersebut ke dalam darah.

5. Tekanan Darah

Mengonsumsi buah anggur secara rutin dan cukup akan meningkatkan asupan kalium yang dapat membantu mengurangi efek negatif dari terlalu banyak kandungan natrium dalam makanan. Anggur memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Manfaat buah Anggur untuk tekanan darah
Manfaat buah Anggur untuk mengatur tekanan darah

Kalium dapat membantu mengurangi efek natrium pada orang dengan tekanan darah tinggi. Kandungan serat dalam anggur juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, termasuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Anggur adalah salah satu buah sumber serat yang sangat baik.

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Salah satu manfaat buah anggur yang penting adalah membantu menurunkan resiko terserang diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan resveratrol yang ditemukan dalam anggur. Resveratrol mempengaruhi proses metabolisme karbohidrat.

10 Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya
Biji pepaya ternyata mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu mengobati beberapa masalah kesehatan. Apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan manusia?
www.anekamanfaat.com

Agar mendapatkan manfaat terbaik dari anggur untuk menurunkan resiko diabetes, makan buah anggur dalam jumlah yang cukup secara langsung tanpa diolah menjadi bentuk apapun seperti jus atau dicampurkan dengan makanan lain.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat lain dari buah anggur adalah untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam anggur akan membantu melindungi retina dan lensa mata.

Mereka telah terbukti meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan akibat silau, meningkatkan kontras visual dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang.

Manfaat buah Anggur untuk menyehatkan mata
Manfaat buah Anggur untuk menyehatkan mata (azerbaijan_stockers)

Kombinasi keduanya juga membantu menurunkan risiko mengalami degenerasi makula dan katarak, dua kelainan mata yang banyak ditemukan pada lansia.

8. Kulit Sehat

Manfaat buah anggur yang berikutnya adalah sebagai nutrisi pendukung kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam anggur juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Fitonutrien yang ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna seperti anggur dapat melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

Efek Samping Anggur

Meskipun anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, efek samping berikut ini bisa terjadi ketika mengonsumsi anggur dalam jumlah berlebihan.

  • Makan anggur dalam porsi besar dan terus menerus dapat menyebabkan penambahan berat badan.
  • Makan buah anggur dalam jumlah yang terlalu banyak malah akan memicu sembelit dan diare.
  • Anggur mengandung asam salisilat. Beberapa orang mengalami reaksi sakit perut seperti perih ketika terlalu banyak kemasukan asam salisilat di dalam perutnya.
  • Beberapa orang mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam, dan pembengkakan wajah setelah makan anggur.
10 Manfaat Daun Ginseng yang Mencengangkan
Tidak hanya akar ginseng yang bermanfaat, penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun ginseng juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat daun ginseng?
www.anekamanfaat.com

Tips Menikmati Anggur

Ketika membeli anggur, pilih anggur yang kenyal saat disentuh dan bebas dari kerutan. Paling baik disimpan di lemari es dan harus dicuci sebelum dimakan.

Cara terbaik makan buah anggur agar mendapatkan semua nutrisi dan manfaat pentingnya adalah sebagai buah segar. Sebagian besar jeli atau olesan anggur dan jus telah ditambahkan gula serta mengandung kalori yang tinggi.

Kesimpulan

Anggur adalah buah yang memiliki banyak nutrisi menyehatkan. Namun agar mendapatkan manfaatnya dengan efektif, disarankan untuk mengonsumsi anggur secara utuh dalam bentuk buah dan jumlah konsumsi yang cukup. Mengonsumsi buah anggur secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat yang baik karena berpotensi membuat perut sakit dan masalah lainnya.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: