10 Manfaat Buah Durian dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Durian adalah buah asli Asia Tenggara. Buah durian memiliki rasa manis dan aroma yang sangat khas. Banyak orang yang menggemarinya. Buah durian memiliki banyak potensi untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. Apa saja manfaat buah durian ?

Durian tumbuh subur di daerah beriklim panas, lembab, dan basah. Durian memiliki aroma yang sangat menyengat karena adanya senyawa sulfur dan asam lemak yang mudah menguap.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh German Research Center for Food Chemistry [1] menerangkan bahwa durian memiliki 44 senyawa aktif bau, dan baunya merupakan kombinasi dari madu, buah, belerang, serta bawang panggang.

Manfaat Buah Durian
Manfaat buah durian dan efek sampingnya (lifeforstock)

Bagi sebagian orang mungkin tidak akan mau mengonsomsi buah durian karena aromanya ini. Namun buah durian memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Fakta Nutrisi Buah Durian

Satu buah durian memiliki berat hampir 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik. 100 gram buah durian menghasilkan sekitar 147 Kkal energi, yang merupakan sekitar 7% dari tunjangan makanan yang disarankan.

Selain itu, buah durian juga mengandung vitamin B6, vitamin A, niasin, flavonoid, karotenoid, antosianin, dan polifenol. Durian juga mengandung mineral esensial, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Berikut ini data nutrisi dari 100 gram buah durian:

Air64,99 g
Tembaga0,207 mg
Seng0,280 mg
Natrium2.000 mg
Kalium436.000 mg
Fosfor39.000 mg
Magnesium30.000 mg
Besi0,430 mg
Kalsium6.000 mg
Serat makanan total3,80 g
Karbohidrat27.09 g
Abu1,12 g
Total lipid (lemak)5.33 g
Protein1,47 g
Energi147 kkal
Vitamin A2 mcg
Vitamin B-120 mcg
Folat36 mcg
Vitamin B-60,316 mg
Asam pantotenat0,230 mg
Niacin1,074 mg
Riboflavin0,200 mg
Thiamin0,374 mg
Vitamin C19.700 mg
Mangan0,325 mg
Retinol 0 mcg
Beta Karoten 23 mcg
Alfa Karoten6 mcg
Beta Cryptoxanthin0 mcg
Vitamin A1,1 mcg
Kolesterol0 mg

Dengan semua data dan fakta nutrisi dan gizi di atas, apa sajakah manfaat buah durian terutama untuk kesehatan ?

Manfaat Buah Durian

1. Menyehatkan Pencernaan

Durian mengandung serat makanan tingkat tinggi, yang penting untuk menjaga fungsi sistem pencernaan. Serat menyebabkan pergerakan usus meningkat secara massal, yang membuatnya lebih mudah untuk bergerak melalui saluran usus.

Serat juga merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung, yang selanjutnya memudahkan seluruh proses pencernaan.

Manfaat Buah Durian
Durian bermanfaat untuk kesehatan pencernaan (jcomp)

Efeknya adalah mengurangi kondisi seperti sembelit dan penyumbatan di usus, kondisi seperti kembung, mulas, kram, dan gangguan pencernaan serta meminimalisir terkena kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar atau kolon). Sebagian besar serat dalam durian merupakan serat tidak larut, yang juga menurunkan frekuensi diare.

2. Meredakan Anemia

Jika Anda penderita anemia, inilah salah satu manfaat buah durian untuk Anda. Anemia adalah suatu kondisi medis yang menurunkan kadar hemoglobin dalam darah. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan lain-lain.

Pada ibu hamil, anemia dapat menyebabkan kelainan dan kematian pada janin. Durian mengandung banyak folat atau asam folat yang penting dalam produksi hemoglobin. Selain itu, rendahnya kandungan zat besi dalam durian membantu produksi hemoglobindan dalam meredakan kondisi anemia.

3. Kesuburan

Estrogen adalah hormon yang membantu dalam proses kehamilan. Sebagian besar wanita yang mengalami masalah kesuburan biasanya memiliki kadar estrogen yang rendah dalam tubuhnya. Untuk meningkatkan kadar estrogen, beberapa penanganannya adalah dengan memberikan pil kesuburan, suntikan dan suplemen.

Manfaat Buah Durian
Buah durian meningkatkan potensi kesuburan

Penelitian menunjukkan bahwa durian mengandung hormon estrogen dalam kadar tinggi. Selain itu, durian dapat meningkatkan libido dan stamina seksual, serta mengurangi kemungkinan kemandulan pada pria dan wanita, serta meningkatkan motilitas sperma.

4. Mencegah Penuaan Dini

Durian memiliki beragam senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengatas radikan bebas. Mengonsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan radikal bebas tersebut.

Sehingga mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menunda munculnya gejala penuaan seperti keriput, bintik-bintik, degenerasi makula, rambut rontok, gigi longgar, radang sendi, kanker, dan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan air dalam durian yang tinggi merupakan keuntungan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan, dan mengurangi munculnya garis-garis halus serta menutrisi kulit supaya bersih dan halus.

8 Manfaat Kulit Jeruk dan Efek Sampingnya
Jeruk sudah dikenal memiliki nutrisi dan vitamin. Tahukah Anda bahwa bagian kulitnya juga memiliki berbagai nutrisi? Jika benar, apa saja manfaat kulit jeruk?
www.anekamanfaat.com

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah durian yang berikutnya adalah mampu mencegah dan melawan perkembangan kanker. Durian kaya akan vitamin, nutrisi, dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selama proses metabolisme sel, ada produk sampingan yang diproduksi yaitu radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menghancurkan DNA sel dan mengubahnya menjadi sel kanker, yang kemudian dapat bermetastasis atau tumbuh menjadi tumor yang fatal.

Antioksidan inilah yang akan memerangi radikal bebas dan mencegah terbentuknya kanker dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga mengurangi stres oksidatif pada organ tubuh yang merupakan bonus tambahan bagi sistem kekebalan. Vitamin-C, vitamin-B kompleks, dan vitamin E, serta fitonutrien yang ada dalam durian akan membantu melawan sel-sel kanker.

6. Tidur Berkualitas

Durian mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan (senyawa pemicu tidur alami). Triptofan dibutuhkan untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin. Kedua bahan kimia saraf ini diperlukan untuk mengelola emosi kita.

Serotonin sangat penting untuk menghilangkan stres, sulit tidur, kecemasan, nafsu makan, serta depresi. Selain itu, hormon jenis ini membantu mengatur fungsi tidur dan dapat dimanfaatkan dalam penyembuhan epilepsi.

7. Kesehatan Tulang

Durian mengandung kalsium dan kalium. Meski jumlah kalsium dalam durian rendah, namun jumlah kalium yang ada dalam durian mampu memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian tubuh kita. Kalium dibutuhkan untuk perkembangan tulang yang sehat.

Meskipun mineral tulang kita yang paling melimpah adalah kalsium, namun kalium sangat penting untuk mengatur distribusi dan pengendapan kalsium dalam tulang agar tidak terlarut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

8. Jantung dan Kardiovaskular

Buah durian merupakan makanan yang ramah jantung dengan kandungan serat yang tinggi. Organosulfur dalam durian dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat Buah Durian
Durian bermanfaat untuk jantung (jannoon028)

Sebuah studi yang dilakukan oleh Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine menemukan bahwa asupan buah-buahan yang kaya akan serat makanan larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner [2].

9. Kontrol Gula Darah

Kandungan mangan dalam durian dapat membantu dalam pemeliharaan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, asupan durian juga meningkatkan kurva respons insulin pada 10 pasien diabetes.

Antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, yang sebaliknya dapat memperburuk gejala diabetes. Durian juga memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah [3].

10. Hipertensi

Durian adalah sumber kalium yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kalium dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Kalium dalam buah durian juga berfungsi sebagai vasodilator.

Ini dapat membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan garam dalam sel-sel tubuh. Mineral tersebut dapat membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke [4].

12 Manfaat Buah Kiwi dan Efek Sampingnya
Kiwi adalah buah kecil dengan daging buah berwarna hijau yang manis. Kiwi mengandung berbagai macam nutrisi. Apa saja manfaat buah kiwi untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Buah Durian

Buah durian sangat enak dan memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang melimpah. Namun konsumsi durian yang berlebihan dapat berdampak buruk terutama bagi ibu hamil, penderita diabetes serta orang gemuk.

Mengonsumsi buah durian aman bagi wanita selama kehamilan tetapi wanita hamil dengan diabetes gestasional harus menghindari makan durian karena kandungan gulanya yang tinggi.

Selain itu, konsumsi durian pada trimester terakhir kehamilan dapat menyebabkan janin kegemukan dengan risiko lebih besar mengalami obesitas pada masa kanak-kanak karena durian merupakan makanan berglikemik tinggi.

Buah durian juga mengandung banyak lemak dan jumlah kalori tiga kali lipat dibandingkan dengan buah-buahan lain yang harus dihindari orang gemuk. Bukan itu saja, mengonsumsi buah durian yang berlebihan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, batuk berdahak dan sembelit atau bahkan demam.

Kesimpulan

Manfaat buah durian tidak perlu dipertanyakan lagi bagi tubuh manusia seperti meredakan anemia, meredakan depresi dan meningkatkan kesuburan. Namun jika Anda tidak mengonsumsinya dengan bijak, maka beresiko menyebabkan bahaya bagi tubuh. Sangat disarankan mengonsumsi durian secukupnya untuk menghindari masalah kesehatan.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: