Berbagai Manfaat Buah Kurma, Terutama untuk Kesehatan

Anekamanfaat.com – Buah kurma di Indonesia identik dengan bulan Ramadhan. Buah kurma memiliki rasa manis dan identik digunakan sebagai “camilan” pembuka atau penutup hidangan utama. Namun apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat buah kurma?

Kurma (phoenix dactylifera) kenyal dengan rasa yang manis. Mereka juga tinggi beberapa nutrisi penting dan memiliki berbagai keuntungan dan kegunaan serta merupakan salah satu buah paling sehat di dunia.

Kurma dikenal karena kandungan gula alami yang tinggi. Menarik untuk diketahui bahwa buah kurma kering memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah segar.

Manfaat Buah Kurma
Berbagai manfaat buah kurma (whatwolf)

Fakta Gizi dan Nutrisi Kurma

100 gram buah kurma akan menyediakan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 277 gram.
  • Karbohidrat: 75 gram.
  • Serat: 7 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Kalium: 20% dari kebutuhan harian.
  • Magnesium : 14% dari kebutuhan harian.
  • Tembaga: 18% dari kebutuhan harian.
  • Mangan: 15% dari kebutuhan harian.
  • Besi: 5% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 12% dari kebutuhan harian.

Tiga biji kurma menyediakan sekitar 200 kalori , 54 gram karbohidrat, sekitar 5 gram serat, 1 gram protein dan tidak memiliki kandungan lemak.

Tiga biji kurma ini juga memberikan beberapa nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan mangan. Dengan kata lain, kurma bukan sekadar mengandung gula atau kalori kosong.

Buah kurma menawarkan beberapa manfaat terutama untuk kesehatan yang cukup mengesankan. Apa saja manfaat buah kurma?

Manfaat Buah Kurma

1. Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah kurma yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tiga buah kurma menyediakan sekitar 18 persen dari kebutuhan serat harian, yang mendukung fungsi pencernaan yang baik.

Penelitian menemukan bahwa rutin makan kurma, akan meningkatkan frekuensi buang air besar dan penurunan tingkat bahan kimia pada tinja yang diketahui dapat merusak sel dan memicu mutasi yang dapat menyebabkan kanker.

2. Sumber Antioksidan

Antioksidan pada dasarnya adalah senyawa yang menghambat proses oksidasi dan bertugas menghilangkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada sel Anda. Oksidasi bisa sangat berbahaya karena bisa sangat berbahaya bagi integritas struktural dan genetik sel.

Manfaat Buah Kurma
Kurma adalah sumber antioksidan yang tinggi

Berikut ini beberapa antioksidan yang ada pada buah kurma yang terbukti sangat memberikan manfaat pada tubuh:

  • Karotenoid: dikenal karena kemampuannya secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena degenerasi makula yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Karotenoid juga dikenal karena kemampuannya memberikan “bantuan” kesehatan bagi jantung Anda. Mengonsumsi kurma secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik.
  • Asam Fenolat: senyawa antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan memberikan efek mengurangi masalah pada jantung serta memberikan perlindungan untuk meminimalisir pertumbuhan jenis kanker tertentu.
  • Flavonoid: antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh karena sifat anti-inflamasi dan afinitasnya yang tinggi membantu mengurangi efek penyakit kronis seperti diabetes. Flavonoid juga sangat bermanfaat bagi otak dan mengurangi risiko terserang penyakit degeneratif otak seperti Alzheimer. Ada juga indikasi yang membuktikan bahwa Flavonoid juga dapat membantu mengurangi risiko terhadap jenis kanker tertentu.
8 Manfaat Buah Anggur dan Efek Sampingnya
Buah anggur sarat dengan nutrisi penting yang kesemuanya memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan paduan rasa manis dan asam, apa saja manfaat buah anggur?
www.anekamanfaat.com

3. Kesehatan Otak

Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan otak. Studi laboratorium telah menemukan fakta bahwa buah kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di otak.

Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer. Kurma dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak untuk mencegah penyakit Alzheimer.

4. Mendukung Proses Persalinan

Ibu-ibu hamil sangat direkomendasikan untuk makan buah kurma secara rutin. Kurma telah dipelajari memiliki potensi untuk memudahkan persalinan pada wanita hamil. Makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pelebaran serviks dan lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi.

Senyawa di kurma diketahui akan mengikat reseptor oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

5. Pemanis Alami

Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah bisa digunakan sebagai baham pemanis alami. Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Kurma bisa menjadi pengganti yang sehat untuk gula putih karena kandungan nutrisi, serat dan antioksidan di dalamnya.

Manfaat Buah Kurma
Kurma bisa menjadi menjadi bahan pemanis alami (azerbaijan_stockers)

Namun sangat penting untuk diketahui bahwa meskipun kurma kaya akan serat dan nutrisi, namun tetap saja memiliki kalori tinggi dan paling baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

6. Kesehatan Tulang

Kurma diketahui mengandung beberapa mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua mineral ini telah dipelajari potensinya untuk mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

7. Kaya Vitamin

Secara alami, kurma bisa dianggap sebagai pengganti suplementasi vitamin. Kurma kering atau segar merupakan sumber vitamin yang sangat baik termasuk seperti vitamin B1, B2, B3 dan B5.

Ini semua adalah vitamin esensial yang sangat dibutuhkan untuk memastikan kesehatan tubuh yang optimal. Kebutuhan vitamin dapat dengan mudah dipenuhi dengan memasukkan kurma dalam jumlah yang cukup dalam makanan harian Anda.

8. Kesehatan Kulit

Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah untuk memberikan nutrisi kepada kulit. Kurma mengandung vitamin C dan vitamin D yang memastikan kulit Anda mendapat nutrisi yang baik. Vitamin C & D bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit yang sangat sulit dipertahankan seiring bertambahnya usia.

Manfaat Buah Kurma
Kurma memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan kulit (azerbaijan_stockers)

Nutrisi yang ada dalam kurma juga membantu mencegah penuaan lebih cepat dan membantu Anda terlihat muda untuk jangka waktu yang lebih lama. Kurma juga berguna untuk menjaga keseimbangan melanin yang sehat di kulit.

9. Kesehatan Saraf

Kurma sangat kaya nutrisi seperti potasium dan mengandung kadar natrium yang sangat rendah yang menjadikannya buah yang sangat penting dalam memastikan kesehatan saraf. Makanan yang tinggi potasium membuat komunikasi antar sel saraf menjadi lebih mudah.

Jumlah natrium yang rendah pada kurma juga mengurangi kemungkinan hipertensi yang pada gilirannya akan membantu menjaga saraf tetap aman dari peningkatan tekanan darah.

10. Kesuburan Pria

Manfaat buah kurma yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kesuburan pria. Kandungan flavonoid dan berbagai asam amino dalam kurma memastikan kinerja seksual pria terpenuhi dengan energi yang cukup.

Unsur mikro yang merupakan penyusun kurma seperti estron dan sterol dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Ekstrak serbuk sari kurma memiliki efek positif pada motilitas dan jumlah sperma pria.

10 Manfaat Daun Ginseng yang Mencengangkan
Tidak hanya akar ginseng yang bermanfaat, penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun ginseng juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat daun ginseng?
www.anekamanfaat.com

11. Mengurangi Potensi Diabetes

Kurma memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan juga memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu menurunkan laju penyerapan glukosa dari usus.

Hal ini sangat membantu dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh diabetes. Pengurangan penyerapan glukosa pasti akan menurunkan kadar glukosa darah yang bisa sangat membantu orang yang menderita diabetes.

Kekurangan insulin adalah penyebab terjadinya diabetes dan kemampuan kurma dalam meningkatkan produksi insulin menjadikannya pengganti alami yang sangat baik untuk beberapa obat sintetis. Prosedur pasti bagaimana kurma membantu mengurangi efek diabetes masih diteliti.

Kesimpulan

Kurma adalah buah yang sangat sehat dan layak untuk dimasukkan ke dalam menu makanan harian. Buah kurma kaya akan beberapa nutrisi, serat dan antioksidan yang semuanya dapat memberikan manfaat kesehatan mulai dari perbaikan pencernaan hingga penurunan risiko beberapa penyakit berbahaya.

Ada beberapa cara untuk menambahkan kurma ke dalam menu makanan Anda. Salah satu cara mengonsumsinya yang populer adalah sebagai pemanis alami dalam berbagai masakan. Kurma juga bisa menjadi camilan yang enak.

Cara paling mudah makan kurma adalah memakan buahnya secara langsung. Namun harus dipahami bahwa kurma tinggi kalori dibandingkan daripada buah segar lainnya sehingga komsumsilah dalam jumlah yang cukup. Bagaimana, sangat luar biasa sekali bukan manfaat buah kurma terutama bagi kesehatan tubuh kita?

Bagikan: