10 Manfaat Buah Markisa dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Buah markisa dikenal karena rasanya yang asam. Markisa berisi daging buah lunak yang memiliki banyak biji yang dapat dikonsumsi. Buah markisa sangat serbaguna sehingga dapat memakan daging buah dan bijinya. Berikut ini ulasan berbagai manfaat buah markisa.

Buah markisa, juga dikenal sebagai passiflora, adalah tanaman merambat yang tumbuh di iklim hangat dan lembab. Ada berbagai jenis markisa yang memiliki warna dan ukuran yang berbeda-beda. Varietas kuning keemasan dan ungu adalah yang paling umum tersedia dan sudah termasyhur diolah menjadi jus, menambahkannya ke es buah, shake dan sebagainya.

Manfaat Buah Markisa
Manfaat buah markisa dan efek sampingnya (Michael Kucharski)

Belakangan ini, buah markisa telah diidentifikasi karena manfaat kesehatannya. Penelitian menyatakan bahwa kandungan nutrisi dalam markisa dapat membantu pengobatan diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi juga meningkatkan kesehatan pencernaan. Ada juga senyawa antioksidan dalam buah yang mengatur tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Fakta Nutrisi Buah Markisa

Buah markisa memiliki profil nutrisi yang sehat, menjadikannya buah yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Buah ini kaya vitamin A, yang membantu sistem kekebalan, penglihatan, dan kulit. Buah ini juga kaya vitamin C yang merupakan antioksidan penting. Semua nutrisi ini memenuhi asupan harian yang direkomendasikan dan dibutuhkan tubuh.

Dari fosfor hingga niasin, zat besi, kalium, serat, dan banyak lagi, markisa adalah salah satu buah yang mengandung semua mineral dan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari, untuk fungsi tubuh yang sehat dan maksimal.

Dalam 100 gram buah markisa mengandung:

  • Kalori: 97
  • Protein: 2,2 gram
  • karbohidrat: 23 gram
  • Total lemak: 0,7 gram
  • Serat: 10,4 gram
  • Kalsium: 2 miligram
  • Besi – 1,6 miligram
  • Vitamin C: 5,4 miligram

Dengan semua kandungan nutrisi dan gizinya, apa saja manfaat buah markisa?

Manfaat Buah Markisa

1. Mengobati Diabetes

Penelitian menemukan bukti bahwa salah satu manfaat buah markisa adalah untuk mengobati diabetes [1]. Indeks glikemik yang rendah dan kandungan serat yang tinggi pada buah ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa markisa dapat digunakan sebagai suplemen makanan untuk pengobatan diabetes karena potensi hipoglikemiknya.

Manfaat Buah Markisa
Markisa berpotensi untuk mengobati diabetes (dashu83)

Buah ini juga kaya akan pektin, sejenis serat yang membuat Anda kenyang tanpa meningkatkan asupan kalori. Kandungan seratnya yang tinggi juga memastikan gula dalam buah perlahan diserap ke dalam aliran darah. Markisa juga dapat menurunkan kadar kolesterol serum dan meningkatkan fungsi insulin (menurunkan resistensi insulin).

2. Meredakan Stres dan Kecemasan

Anda yang menderita kecemasan dan stres disarankan untuk makan buah markisa. Buah markisa mengandung magnesium yang memiliki dampak kuat pada sel-sel otak yang membuat mood Anda tetap terjaga dengan baik dan menjaga perasaan bahagia.

Menurut para ahli, magnesium dapat membantu mengelola tingkat kecemasan pada manusia. Buah markisa merupakan sumber yang kaya akan kandungan magnesium (sekitar 5 miligram) dan oleh karena itu, dapat dikonsumsi sebagai asupan makanan pereda kecemasan agar kesehatan mental semakin baik.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah markisa juga kaya kalium, mineral penting yang mengatur tingkat tekanan darah. Kalium akan membantu melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang pada akhirnya akan mengurangi ketegangan jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kandungan serat dalam buah markisa juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol. Karena tidak mengandung sterol, ini adalah buah yang bagus untuk orang yang memiliki penyakit jantung.

11 Manfaat Buah Lemon dan Efek Sampingnya
Lemon adalah jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam yang khas karena kaya asam sitrat. Lemon sangat memberikan banyak manfaat. Apa manfaat buah lemon?
www.anekamanfaat.com

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat buah markisa yang berikutnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah markisa mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh. Antioksidan ini bertanggung jawab untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Selain itu, kandungan karoten dan cryptoxanthin dalam buah markisa juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga merangsang aktivitas sel darah putih. Ini menghasilkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan perlindungan dari penyakit umum.

Faktanya, penting untuk memiliki sistem kekebalan yang utuh karena jika melemah, tubuh Anda kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi dan kerusakan lain yang disebabkan oleh entitas eksternal.

Manfaat Buah Markisa
Markisa bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh (jcomp)

Salah satu aspek hebat vitamin C adalah memungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak zat besi dari makanan, yang kemudian membuat sistem kekebalan menjadi sehat dan kuat. Jadi menambahkan buah markisa ke makanan harian Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan Anda dan menjalani hidup yang sehat.

5. Mencegah Kanker

Senyawa antioksidan dalam buah markisa juga membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, flavonoid, dan senyawa fenolik lainnya juga merupakan kombinasi pentinh untuk membantu dalam pencegahan kanker.

Bunga markisa (bunga tanaman yang berbuah markisa) mengandung chrysin, senyawa yang memiliki aktivitas antikanker. Piceatannol, senyawa penting lainnya dalam buah, ditemukan dapat membunuh sel kanker kolorektal. Kandungan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas dan dapat mengurangi risiko kanker.

6. Menyehatkan Pencernaan

Inilah salah satu manfaat buah markisa yang juga sangat penting yaitu untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah markisa merupakan sumber serat makanan yang melimpah.

Serat adalah komponen penting dalam setiap makanan yang Anda makan karena membantu menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik dan bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan usus tetap utuh.

Orang dengan gangguan usus dan sembelit disarankan untuk makan buah-buahan yang kaya serat karena membantu melembutkan tinja, sehingga memudahkan buang air besar.

Manfaat Buah Markisa
Markisa bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan (rawpixel.com)

Untuk pria di bawah 30 tahun, asupan serat harian yang disarankan adalah 33,6 gram dan untuk wanita di bawah 30 tahun, asupan serat harian yang disarankan adalah 28 gram. Per 100 gram porsi buah markisa mengandung 10,4 gram serat. Jadi, markisa menutupi sebagian besar asupan serat harian yang direkomendasikan.

7. Kesehatan Kulit

Manfaat buah markisa berikutnya yang juga sangat penting adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Markisa adalah sumber vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kulit. Antioksidan lain seperti vitamin C, riboflavin, dan karoten, juga meningkatkan kesehatan dan warna kulit serta menunda tanda-tanda penuaan dini. Buah markisa kaya akan piceatannol yang berpotensi memiliki efek anti penuaan.

8. Menyehatkan Tulang

Buah markisa kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfor. Karenanya, memasukkan buah ke dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk melengkapi efek makanan penguat tulang lainnya.

Kombinasi mineral ini, ketika dikonsumsi bersama dengan sumber kaya nutrisi lainnya seperti sayuran hijau dan susu, akan menjaga kepadatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah markisa juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu meredakan gejala osteoartritis [2].

9. Meringankan Asma

Manfaat buah markisa berikutnya adalah baik untuk mengatasi masalah pernafasan. Kandungan ioflavonoid dalam buah markisa memiliki efek positif pada sistem pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah markisa dapat membantu meringankan asma, mengi, dan batuk [3].

10. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah markisa secara rutin cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan. Kandungan tinggi serat dalam buah markisa dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama. Anda bisa memasukkannya sebagai bagian dari diet penurunan berat badan Anda.

Bagaimana Cara Enak Mengonsumsi Buah Markisa ?

Cara terbaik mengonsumsi buah markisa adalah mentah. Namun, Anda dapat menambahkan buah markisa ke smoothie, oatmeal, saus salad, yogurt, es campur, es buah dan juga digunakan sebagai topping dalam makanan dan minuman penutup.

Cara mudah yang lain adalah, potong buah menjadi dua dengan pisau. Ambil bagian dalam (bersama dengan bijinya) dengan sendok dan makan buah beserta bijinya. Selaput yang memisahkan biji dari kulitnya bisa jadi asam. Anda bisa menaburkan sedikit gula atau madu di atasnya dan memakannya secara langsung.

16 Manfaat Jus Nanas Segar dan Efek Sampingnya
Jus nanas adalah olahan yang memberikan asupan gizi dan nutrisi melimpah untuk tubuh (namun dengan cara tertentu). Apa saja manfaat jus nanas untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Buah Markisa

Beberapa orang dilaporkan mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah markisa. Reaksi alergi yang muncul adalah seperti ruam dan gatal-gatal. Dalam sebuah penelitian [4], bunga markisa (bunga yang nantinya menjadi buah) dapat menyebabkan kontraksi dan tidak boleh dikonsumsi selama periode kehamilan.

Kesimpulan

Buah markisa dengan semua kandungan nutrisinya hadir dengan banyak manfaat kesehatan. Meskipun buahnya asam, markisa bisa menjadi camilan sehat yang dapat dikonsumsi kapan saja karena kaya akan banyak nutrisi.

Jika Anda belum pernah makan buah markisa, inilah saatnya Anda pergi ke toko buah dan membelinya karena Anda tidak akan kecewa dengan berbagai manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh Anda.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: