6 Manfaat Buah Nangka dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Buah dengan rasa manis dan aroma yang wangi ini adalah sumber utama vitamin C serta mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Apa saja manfaat buah nangka terutama untuk kesehatan ?

Buah nangka berukuran besar, dengan daging yang tebal dan berwarna kuning serta biji dan polong yang dapat dimakan. Dagingnya memiliki rasa yang manis dan khas. Beberapa orang menggambarkan buah nangka seperti persilangan antara pisang dan nanas.

Manfaat Buah Nangka
Manfaat Buah Nangka (topntp26)

Nangka merupakan buah tropis yang termasuk dalam famili Moraceae, yang biasanya ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, India, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka dan juga di Brazil. Nangka dianggap sebagai salah satu buah dengan ukuran terbesar di dunia dengan berat rata-rata 3,5 kg hingga 10 kg dan bahkan dapat mencapai hingga 25 kg.

Fakta Nutrisi Buah Nangka

Dalam 165 gram buah nangka mengandung:

  • Kalori : 157
  • Lemak : 1g
  • Sodium : 3.3mg
  • Karbohidrat : 38g
  • Serat : 2.5g
  • Gula : 32g
  • Protein : 2.8g.

Dengan semua kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, apa saja manfaat buah nangka?

Manfaat Buah Nangka

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Nangka tidak mengandung lemak jenuh dan tinggi serat. Makan makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen. Kandungan kalium dalam nangka bisa membantu mengatur tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Kandungan vitamin C pada buah nangka juga dapat membantu mencegah ketidakstabilan plak pada aterosklerosis.

Manfaat Buah Nangka
Nangka bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung

2. Membantu Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat nangka yang sangat penting adalah bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Buah nangka kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat dan penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C untuk memproduksi protein yang disebut kolagen.

Kolagen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat, seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Kolagen juga penting untuk penyembuhan luka. Buah nangka juga mengandung zat anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur yang juga dapat membantu penyembuhan luka.

3. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C pada buah nangka juga mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan sel, dan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi. Vitamin C telah terbukti mengurangi serangan flu biasa hingga 50%.

Biji nangka juga mengandung protein yang disebut jacalin. Jacalin adalah lektin yang mengikat karbohidrat tertentu. Penelitian telah mengidentifikasi mekanisme di mana jacalin melindungi sel CD4 (sistem kekebalan) dari infeksi HIV.

Meskipun saat ini tidak ada vaksin untuk melawan HIV, penelitian ini menunjukkan potensi yang menjanjikan di masa depan dalam pengobatan penyakit tersebut [1].

10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit supaya tetap sehat. Apa saja manfaat kopi untuk wajah dan kulit?
www.anekamanfaat.com

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat buah nangka yang berikutnya adalah mengurangi potensi terserang diabetes. Mengonsumsi nangka adalah cara yang efektif untuk mengurangi kalori dan lemak jenuh sekaligus menambah asupan serat dan mikronutrien yang bermanfaat.

Kombinasi makanan yang mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak serat berpotensi untuk membantu peningkatan sensitivitas insulin yang pada akhirnya memberikan implikasi positif dalam pengurangan resiko terserang diabetes tipe 2 [2].

5. Menyehatkan Tulang

Buah nangka juga mengandung mangan. Mangan adalah mikronutrien penting untuk pembentukan tulang. Dalam penelitian yang dilakukan pada wanita pascamenopause, peneliti menemukan kadar mangan serum yang lebih tinggi akan membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko patah tulang [3].

Satu cangkir buah nangka mengandung 0,07 miligram mangan. Ini mungkin tidak terlihat banyak, tetapi mengingat asupan mangan yang dibutuhkan orang dewasa berkisar antara 1,8 hingga 2,3 miligram per hari, satu cangkir nangka sehari adalah sumber mangan yang layak.

Manfaat Buah Nangka
Nangka mengandung nutrisi yang menyehatkan tulang (lifeforstock)

6. Tidur Nyenyak

Magnesium adalah mineral penting yang bisa membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Apa yang dimaksud tidur berkualitas? Tidur yang nyenyak, tidak mudah bangun karena gangguan kecil dan bangun dalam keadaan yang segar. Inilah salah satu manfaat buah nangka yang penting, yaitu membantu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Buah nangka mengandung magnesium (satu cangkir nangka mengandung sekitar 48mg magnesium). Total asupan magnesium yang direkomendasikan untuk orang dewasa berkisar antara 300–350 miligram.

Meskipun satu cangkir nangka tidak akan memenuhi rekomendasi ini, namun tentu saja dapat membantu Anda mendekati tujuan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

12 Manfaat Buah Kiwi dan Efek Sampingnya
Kiwi adalah buah kecil dengan daging buah berwarna hijau yang manis. Kiwi mengandung berbagai macam nutrisi. Apa saja manfaat buah kiwi untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Buah Nangka

Meskipun sangat jarang terjadi, ada beberapa laporan terkait efek samping setelah makan nangka. Beberapa orang dilaporkan mengalami syok anafilaktis (menurut penelitian, reaksi ini mungkin disebabkan oleh adanya protein mirip lateks yang dimiliki oleh nangka).

Dikutip dari Wikipedia, syok anafilaktis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Anafilaksis biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala termasuk di antaranya ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah. Gejala-gejala ini akan timbul dalam hitungan menit hingga jam [4].

Kesimpulan

Buah nangka yang manis dan beraroma wangi ini adalah sumber vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara rutin. Vitamin C terbukti sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk mendapatkan semua manfaat buah nangka seperti yang disebutkan di atas, direkomendasikan untuk menikmatinya dengan takaran setidaknya 165 gram dalam sehari. Untungnya buah nangka sangat mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: