8 Manfaat Buah Zaitun dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Zaitun adalah buah kecil yang tumbuh di pohon zaitun (Olea europaea). Zaitun biasanya diolah dalam bentuk ekstraksi minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana dengan buahnya? Apakah ada manfaat buah zaitun?

Pohon zaitun sendiri sudah dikenal sejak sekitar tahun 2500 SM. Buah zaitun mentah terlalu pahit untuk dimakan secara langsung. Oleh karena itu buah zaitun hanya bisa dinikmati setelah diolah, biasanya dengan mengawetkan atau mengasinkannya.

Manfaat Buah Zaitun
Berbagai manfaat buah zaitun untuk kesehatan (Racool_studio)

Kebanyakan buah zaitun diolah menjadi minyak zaitun, dan beberapa buah zaitun diawetkan untuk dinikmati sebagai campuran makanan, terutama dalam masakan khas Mediterania.

Buah zaitu sendiri masih terbagi menjadi jenis, yang paling umum dan mudah ditemukan yaitu zaitun hijau dan zaitun berwarna hitam.

Fakta Nutrisi Buah Zaitun

Buah zaitun sangat tinggi vitamin E dan antioksidan kuat lainnya. Zaitun mengandung 115 hingga 145 kalori per 3,5 ons (100 gram), atau sekitar 59 kalori untuk 10 biji buah zaitun. Fakta nutrisi untuk 3,5 ons (100 gram) buah zaitun adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 115 gram
  • Air: 80%
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 6,3 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Lemak: 10,7 gram
  • Lemak jenuh: 1,42 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 7,89 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram
  • Vitamin E
  • Zat besi
  • Kalsium

Dengan semua gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh buah zaitun, apa saja manfaat buah zaitun terutama untuk kesehatan?

Manfaat Buah Zaitun

1. Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat buah zaitun yang sangat penting yaitu membantu mencegah osteoporosis. Senyawa dalam buah zaitun (terutama hidroksitirosol dan tirosol) dapat membantu mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang yang menyebabkan osteoporosis.

Manfaat buah zaitun untuk osteoporosis
Zaitun mengandung senyawa pencegah osteoporosis

Dan karena buah zaitun hitam mengandung lebih banyak hidroksitirosol dan tirosol, maka buah zaitun hitam diperkirakan lebih bermanfaat untuk tulang daripada buah zaitun hijau.

2. Baik untuk Jantung

Ketika radikal bebas mengoksidasi kolesterol, pembuluh darah akan rusak dan lemak menumpuk di arteri, yang kemungkinan besar akan menyebabkan serangan jantung. Senyawa antioksidan dalam buah zaitun hitam akan membantu menghambat oksidasi kolesterol ini, sehingga membantu mencegah penyakit jantung.

Zaitun memang mengandung lemak, tetapi jenis tak jenuh tunggal yang sehat, yang terbukti dapat mengecilkan risiko aterosklerosis dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Kesehatan Mata

Manfaat buah zaitun yang berikutnya adalah baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Buah zaitun hitam mengandung 10 persen dari asupan harian vitamin A yang direkomendasikan, ketika diubah menjadi bentuk retinal, nutrisi buah zaitun hitam sangat penting untuk kesehatan mata.

Manfaat buah zaitun untuk mata
Zaitun mengandung vitamin A untuk mata yang sehat

Hal ini memungkinkan mata memiliki ketajaman lebih baik ketika membedakan antara terang dan gelap, sehingga meningkatkan penglihatan malam. Selain itu, Vitamin A diyakini efektif melawan katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan penyakit mata terkait usia lainnya.

4. Zat Besi

Salah satu manfaat buat zaitun yang sangat luar biasa adalah kandungan zat besi yang dimilikinya. Buah zaitun adalah sumber zat besi yang melimpah (terutama zaitun hitam). Kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh tergantung pada zat besi yang ada dalam darah.

Jika tubuh kekurangan zat besi, jaringan kita tidak mendapatkan cukup oksigen, dan kita mungkin merasa kedinginan atau lemah.

10 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan
Virgin coconut oil adalah minyak yang berasal dari ekstraksi kelapa. Karena kemurniannya, VCO memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat virgin coconut oil?
www.anekamanfaat.com

Zat besi juga memainkan peran penting dalam produksi energi. Ini adalah bagian penting dari sejumlah enzim, termasuk katalase besi, peroksidase besi, dan enzim sitokrom.

Hal ini juga membantu menghasilkan karnitin, asam amino nonesensial yang penting untuk pemanfaatan lemak. Selain itu, fungsi sistem kekebalan yang baik bergantung pada jumlah zat besi yang cukup.

5. Kesehatan Pencernaan

Kandungan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam buah zaitun hitam akan membantu meminimalisir terkena kanker usus besar. Nutrisi ini membantu mencegah kanker usus besar dengan cara menetralkan radikal bebas. Fungsi pelindung minyak zaitun juga memiliki efek menguntungkan pada maag dan gastritis.

Minyak zaitun mengaktifkan sekresi empedu dan hormon pankreas jauh lebih alami daripada obat maag, sehingga menurunkan potensi terjadinya pembentukan batu empedu. Zaitun hitam juga mengandung 17 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat buah zaitun untuk pencernaan
Nutrisi buah zaitun sangat bagus untuk pencernaan

Hal ini membuat salah satu bagian saluran pencernaan tidak bekerja terlalu keras dan mendukung keseimbangan ideal bahan kimia dan populasi mikroorganisme yang diperlukan untuk sistem pencernaan yang sehat.

6. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Manfaat buah zaitun yang berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Buah zaitun hitam kaya akan asam lemak dan antioksidan yang menutrisi, menghidrasi, dan melindungi rambut.

Yang paling utama adalah vitamin E. Baik dioleskan atau dicerna, vitamin E telah terbukti melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, sehingga melindungi dari kanker kulit dan penuaan dini.

Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya dengan mencuci muka dengan air hangat, mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bagian yang bermasalah, dan membiarkannya bekerja selama 15 menit sebelum membilasnya. Bahkan, Anda bisa melembabkan rambut dengan minyak zaitun sebelum mandi.

7. Mencegah Kanker

Buah zaitun hitam adalah sumber vitamin E. Vitamin E memiliki kemampuan luar biasa untuk menetralkan radikal bebas dalam lemak tubuh. Terutama saat bekerja dengan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam buah zaitun, vitamin E dapat membuat proses seluler lebih aman.

Ketika proses produksi energi mitokondria tidak terlindungi dengan baik, radikal bebas yang dihasilkan dapat menyebabkan oksidasi, merusak mitokondria sel, dan mencegah sel menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Manfaat buah zaitun untuk mencegah kanker
Zaitun mengandung nutrisi pencegah kanker (8photo)

Jika DNA suatu sel rusak, ia mungkin bermutasi dan menjadi kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bukti bahwa diet yang ditambah dengan penggunaan minyak zaitun akan meminimalisir risiko terkena kanker usus besar.

8. Diet

Manfaat buah zaitun yang berikutnya adalah bisa dijadikan asupan program diet penurunan berat badan. Dengan makan beberapa buah zaitun sebelum makan, Anda dapat mengurangi nafsu makan.

Ini karena asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam buah zaitun akan memperlambat proses pencernaan dan menstimulasi hormon kolesistokinin, yang mengirimkan pesan rasa kenyang dan kepuasan ke otak.

Selain itu, satu biji buah zaitun hanya memiliki sekitar 7 kalori. Mereka memiliki ‘beban kalori negatif’, yang berarti Anda membakar lebih banyak kalori dengan mencerna satu buah zaitun yang Anda makan.

Efek Samping Buah Zaitun

Meski sangat baik digunakan sebagai tambahan bahan makanan atau dikonsumsi langsung, ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan. Beberapa orang tidak toleran atau mengalami alergi ketika mengonsumsi buah zaitun. Biasanya alergi ini muncul pada mulut atau tenggorokan.

10 Manfaat Bunga Rosella dan Efek Sampingnya
Bunga Rosella sudah dipergunakan sebagai bahan berbagai ramuan herbal untuk pengobatan sejak jaman kuno. Apa saja manfaat bunga Rosella yang luar biasa ini?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Dengan berbagai nutrisi dan gizi yang dimilikinya, manfaat buah zaitun terutama untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Namun untuk menikmatinya, buah zaitun harus diolah menjadi makanan yang layak makan terlebih dahulu. Karena jika Anda makan buahnya langsung tentu rasanya pahit.

Namun Anda juga harus mencoba terlebih dulu apakah memiliki alergi setelah makan buah zaitun. Karena ada laporan beberapa orang mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi makanan yang menggunakan olahan buah zaitun.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: