10 Manfaat Bunga Rosella dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) sudah dipergunakan sebagai bahan berbagai ramuan herbal untuk pengobatan sejak jaman kuno. Di Indonesia sendiri Rosella sangat populer dimanfaatkan untuk seduhan teh. Apa saja manfaat bunga Rosella?

Rosella diketahui berasal dari wilayah Afrika Barat hingga Sudan dan negara Karibia seperti Trinidad dan Tobago. Namun sekarang ini Rosella umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis seperti India dan Asia Tenggara.

Manfaat Bunga Rosella
Berbagai manfaat bunga Rosella (jcomp)

Banyak sekali manfaat bunga rosella terutama untuk pengobatan herbal. Pada jaman dahulu, jenis tanaman polong ini dikenal dengan istilah frambozen dan ekstraknya sering digunakan untuk membuat sirup framboze. Rosella sangat populer di Indonesia. Di Indonesia, kelopak bunga rosella dikenal sebagai bahan minuman teh herbal yang disebut teh rosella.

Nilai Gizi Bunga Rosella

Bunga Rosella mengandung 260 hingga280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2 di setiap 100 gramnya. Teh rosella sendiri mengandung kalsium yang sangat tinggi, kurang lebih 486 mg per 100 gram. Teh bunga Rosella juga mengandung Magnesium, Omega 3, Vitamin A, Besi, Kalium, Beta Karoten dan Asam Esensial.

Dengan semua kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, apa saja manfaat bunga rosella terutama untuk kesehatan?

Manfaat Bunga Rosella

1. Pengobatan Tradisional

Manfaat bunga rosella yang paling tersohor adalah sebagai bahan obat herbal atau tradisional. Dalam pengobatan tradisional, rosella dikenal dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, membantu detoksifikasi (penetral racun) serta menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, rosella juga membantu mengobati batuk, radang tenggorokan dan sariawan, namun juga dapat meredakan migrain. Para mantan perokok mendapat manfaat dari minum teh rosella, karena dapat mengurangi dampak negatif nikotin dan mengurangi ketergantungan pada obat-obatan.

2. Bahan Makanan dan Minuman

Bunga rosella cukup terkenal dengan banyak daun dan kelopaknya yang berdaging. Kelopak segar rosella merah dapat digunakan untuk menghasilkan minuman berwarna merah cerah yang rasanya enak yang disebut jus rosella atau teh rosella.

Manfaat Bunga Rosella
Teh bunga rosella (jcomp)

Beberapa orang juga menggunakan daun rosella dalam campuran salad mereka. Saat daun rosella dicampurkan dalam salad, rosella akan menambahkan sensasi rasa yang mirip dengan bayam pedas yang dicampur dengan rasa asam. Rosella yang dikeringkan juga digunakan sebagai bahan penting dalam berbagai resep.

3. Mencegah Osteoporosis

Manfaat bunga rosella yang berikutnya adalah membantu mencegah osteoporosis. Rosella memiliki khasiat utama sebagai antioksidan pencegah pengapuran tulang, penuaan dini dan memperlambat menopause. Ramuan herbal Rosella mengandung kalsium, Vitamin C, D, B-1, B-2, magnesium, omega-3, beta-karoten dan 18 asam amino esensial untuk tubuh seperti lisin dan agrin.

Setiap 100 gram kelopak bunga rosella segar mengandung 260-280 miligram vitamin C, vitamin B1 dan B2. Vitamin C yaitu, 3 kali buah anggur hitam, 9 kali lipat jeruk, 10 kali lebih besar dari buah belimbing.

4. Perawatan Kulit

Karena memiliki khasiat anti penuaan, tanaman rosella cukup populer di dunia kecantikan dan perawatan kulit. Rosella telah digunakan sebagai bahan lulur (masker atau scrub) wajah dan tubuh. Bunga rosella bermanfaat karena antioksidan yang dimilikinya yang membantu menetralkan efek radikal bebas, dan membuat kulit bersinar dan tetap sehat.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat bunga rosella yang berikutnya adalah untuk membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah laporan dari AHA (American Heart Association) yang diterbitkan pada November 2008 menyatakan bahwa mengonsumsi teh herbal bunga rosella bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa dengan masalah pra-hipertensi dan hipertensi ringan.

Selain itu, rosella juga memiliki sifat anti-hipertensi dan pelindung jantung yang dapat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi dan mereka yang berisiko tinggi terkena berbagai penyakit kardiovaskular.

Karena sifat anti-peradangannya, teh herbal rosella dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 poin (menurut penelitian yang dilakukan di Tufts University di Boston).

Manfaat Bunga Rosella
Teh herbal bunga rosella baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Untuk mendapatkan semua manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi tiga cangkir teh herbal rosella setiap hari selama beberapa minggu. Selain itu, teh bunga rosella juga memiliki sifat diuretik yang akan meningkatkan frekuensi buang air kecil sekaligus menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga rosella yang berikutnya adalah untuk membantu proses penurunan berat badan. Banyak produk pelangsing mengandung ekstrak bunga rosella. Olahan teh bunga rosella juga sering dimanfaatkan sebagai bagian dari proses diet. Ekstrak teh bunga rosella bisa membantu menurunkan penyerapan pati dan glukosa yang dapat membantu menurunkan berat badan.

7. Kesehatan Gigi

Bunga rosella mengandung kalsium yang tinggi serta memiliki sifat anti bakteri. Kalsium yang ada dalam Rosella melindungi gigi dengan menjaga tulang rahang tetap kuat dan kokoh sepanjang hidup Anda dan memastikan gigi yang sehat dengan membasmi bakteri yang bersarang di gigi.

8. Mengatasi Sembelit

Manfaat bunga rosella yang berikutnya adalah untuk mengatasi sembelit. Magnesium yang ada di rosella akan membantu Anda yang memiliki masalah dengan sembelit.

Magnesium mudah larut dalam air dan sangat bermanfaat untuk keadaan sembelit yang paling parah sekalipun. Sifat pencahar vitamin ini membantu melemaskan otot-otot usus, sehingga membantu membentuk ritme yang lebih lancar saat buang air besar.

Kandungan dalam bunga rosella juga memiliki sifat lain untuk menarik air, yang pada gilirannya melunakkan tinja dan membantunya keluar dengan mudah. Rosella mengandung 29 mg magnesium yang merupakan 6,90% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.

9. Meningkatkan Stamina

Bunga rosella mengandung fosfor yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah kelelahan fisik seperti kelemahan otot, mati rasa, kelelahan dan penyakit serupa lainnya. Asupan fosfor yang cukup dalam tubuh adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan aktif. Jumlah fosfor yang normal sekitar 1200 mg untuk orang dewasa.

Kelemahan seksual juga dapat disembuhkan dengan suplementasi fosfor yang cukup ke dalam tubuh, sehingga masalah seperti kehilangan libido, frigiditas, impotensi, dan motilitas sperma dapat ditingkatkan dengan memiliki pasokan fosfor yang cukup dalam sistem Anda.

10 Manfaat Daun Ginseng yang Mencengangkan
Tidak hanya akar ginseng yang bermanfaat, penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun ginseng juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat daun ginseng?
www.anekamanfaat.com

10. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat bunga rosella yang berikutnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rosela mengandung Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, yang melindungi kita dari penyakit yang disebabkan menurunnya daya tahan tubuh seperti pilek dan batuk.

Selain itu juga memfasilitasi penyerapan zat besi sehingga akan memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan virus.

Menikmati Bunga Rosella

Cara mudah mengonsumsi bunga rosella adalah menyeduhnya seperti teh. Bunga rosella banyak dijual dalam keadaan sudah dikeringkan agar siap dinikmati. Namun terkadang akan lebih nikmat menikmati seduhan bunga rosella yang bersih dan segar.

Masak air panas sebanyak 200 ml. Siapkan 2 hingga 3 pucuk bunga rosella yang masih segar dan bersih, masukkan bunga rosella dalam air yang panas tersebut dan kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan madu murni untuk menambah khasiat dan rasa manis alami. Anda bisa minum seduhan teh ini bunga rosella tiga kali seminggu.

Manfaat Bunga Rosella
Manfaat bunga rosella untuk kesehatan

Cara lain adalah dimasukkan ke dalam salad buah, digunakan untuk menghias es krim, dimasukkan ke dalam tart dan isian pai, dan dicampur menjadi selai dan jeli. Daun bunga rosella juga bisa dimakan langsung sebagai lauk atau dibuat rujak.

Efek Samping

Bunga rosella memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan asam ini berpotensi menyebabkan sakit perut akibat asam lambung berlebih. Bagi yang mengalami sakit maag, penggunaan obat herbal dengan bahan yang bersifat asam, termasuk vitamin C, sebaiknya dibatasi.

Agar perut tidak perih atau sakit, disarankan mengonsumsi ramuan yang mengandung rosella beberapa saat setelah makan.

10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit supaya tetap sehat. Apa saja manfaat kopi untuk wajah dan kulit?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Bunga rosella adalah tanaman yang sangat bermanfaat dalam beberapa aspek kehidupan manusia utamanya untuk kesehatan. Untuk mendapatkan berbagai manfaat bunga rosella, kita bisa mengolahnya sebagai teh atau berbagai bahan makanan lainnya. Jika Anda tidak memiliki tanamannya, jangan khawatir karena bunga rosella dapat dibeli dengan mudah.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: