Manfaat Cacing Tanah Dalam Berbagai Aspek

AnekaManfaat.com – Banyak orang menganggap cacing tanah menjijikkan. Namun siapa sangka di balik penampilannya yang mungkin terlihat menjijikkan bagi sebagian orang, cacing tanah sangat bermanfaat bagi berbagai aspek kehidupan manusia. Apa saja manfaat cacing tanah?

Cacing tanah sudah dikenal sebagai penyubur tanah. Namun tidak hanya itu saja lho manfaat mahluk berlendir dan licin ini. Banyak orang yang mengkonsumsi cacing tanah dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain itu, cacing tanah juga ternyata memiliki khasiat untuk mencegah dan mengatasi beberapa penyakit. Ada beberapa obat kimia dan tradisional yang berbahan cacing tanah

Mari kesampingkan rasa jijik Anda dengan mengetahui beberapa manfaat cacing tanah berikut ini. Beberapa diantaranya mungkin mengejutkan Anda.

Manfaat Cacing Tanah

Bahan Makanan

Di beberapa negara seperti Venezuela bagian selatan, Selandia Baru dan Cina, cacing tanah menjadi salah satu bahan makanan pokok manusia yang sangat unik. Cacing tanah disajikan dengan cara direbus, digoreng atau diasapi. Namun tentu untuk mengolah cacing tanah sebagai makanan harus dipersiapkan dengan baik hingga bersih.

Manfaat Cacing Tanah
Cacing tanah goreng, apakah nampak lezat? (freepik.com)

Kandungan protein yang tinggi, asam amino yang juga tinggi serta zat besi adalah sumber nutrisi yang tentu dibutuhkan. Namun pertanyaannya adalah, apakah sobat sudah siap menjadikan cacing tanah sebagai salah satu sumber makanan?

Perkebunan dan Pertanian

Sebagian besar diantara kita sudah tahu bahwa cacing dikenal sebagai “pembantu” dalam proses penyuburan tanah. Hal tersebut adalah fakta yang memang benar adanya. Berikut penjelasannya bagaimana cacing tanah memang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah.

1. Meningkatkan Hara

Cacing memakan sisa-sisa dari tanaman seperti akar, daun, rumput, pupuk kandang dan tanah. Cacing mencerna makanan ini menjadi unsur mineral dan organik (humus).

Cacing kemudian melepaskan atau membuang hasil pencernaan dalam bentuk kotoran yang kemudian akan memberikan banyak nutrisi di tanah yang mereka tempati (kotoran ini mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium).

Ketika cacing tanah mati, tubuh mereka yang mengandung banyak protein akan terurai dan kemudian menghasilkan pupuk nitrogen yang tentu sangat baik untuk kesuburan tanah.

Berbagai Manfaat Eceng Gondok (Bukan Sekedar Hama)
Eceng Gondok sudah lama dianggap sebagai hama. Namun setelah adanya beberapa penelitian, ternyata eceng gondok memiliki manfaat. Apa saja manfaat eceng gondok?
www.anekamanfaat.com

2. Drainase

Jalur atau terowongan yang digali dan dilalui oleh cacing tanah akan sangat membantu proses drainase di dalam tanah. Tanah yang dilalui oleh cacing akan mengering lebih cepat daripada tanah yang tidak ada cacing tanah. Dan terowongan yang digali inipun kemudian akan menjadi jalan yang mudah bagi air dan material lainnya untuk menyebar di dalam tanah.

Manfaat Cacing Tanah
Manfaat cacing tanah untuk menyuburkan tanah

3. Penggemburan

Cacing tanah juga memiliki peranan penting untuk menggemburkan tanah yang padat. Tanah padat sangat tidak baik untuk akar tanaman. Disinilah peran penting cacing tanah sehingga akar tanaman bisa menjalar dengan baik dan tumbuh lebih baik.

Karena sangat berjasa dengan segala proses yang dilakukan cacing tanah dalam menyuburkan tanah, sudah sangat layak jika cacing tanah mendapat gelar “insinyur” pertanahan.

Kesehatan dan Pengobatan

Banyak sekali ramuan tradisional untuk pengobatan yang menggunakan bahan cacing tanah. Bahkan beberapa obat-obatan kimia diketahui ada juga yang sudah menggunakan ekstrak cacing tanah sebagai salah satu bahannya.

Apa saja manfaat cacing tanah untuk kesehatan dan juga pengobatan?

1. Obat Tipes

Manfaat cacing tanah yang pertama sebagai pengobatan adalah sebagai obat tipes. Cacing tanah yang direbus selama 10 menit dengan suhu 50 derajat celcius akan menghasilkan enzim lysosomal (lisozim) yang akan menghambat perkembangan bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan tipes.

2. Pengobatan Lain

Selain sebagai obat tipes, cacing tanah juga diketahui menjadi bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit dan masalah kesehatan seperti berikut ini:

  • Menurunkan kadar kolesterol.
  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan penyakit.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.
  • Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, dan gangguan lambung lainnya seperti maag.
  • Mengurangi rasa pegal akibat kelelahan atau akibat rematik.
  • Mengobati penyakit infeksi saluran pernafasan: batuk, asma, influenza, bronkitis dan tuberkulosis.
  • Meningkatkan nafsu makan.

*Disclaimer: artikel ini hanya sebagai informasi dan kami tidak berhak atau menganjurkan untuk menggunakan cacing tanah sebagai bahan pengobatan beberapa penyakit di atas.

Wow, Inilah Manfaat Berkebun yang Tak Terduga
Selain berguna untuk mengisi waktu kosong, ternyata banyak juga manfaat berkebun yang bisa diperoleh tanpa disadari. Berikut inilah beberapa manfaat berkebun.
www.anekamanfaat.com

Pakan Ternak

Cacing tanah juga diolah sebagai bahan baku makanan hewan. Pakan unggas dan ikan saat ini (terutama di Indonesia) sebagian besar didominasi oleh makanan yang mengandung bahan cacing tanah terutama dalam bentuk pelet. Protein dan asam amino yang ada pada cacing tanah adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh unggas.

Manfaat Cacing Tanah
Manfaat cacing tanah untuk bahan pakan ternak

Apakah sobat masih jijik setelah mengetahui berbagai manfaat cacing tanah dalam berbagai aspek kehidupan manusia? Tidak bisa dipungkiri memang bagaimanapun juga cacing tanah dengan tubuh licin dan berlendirnya nampak menjijikkan bagi sebagian orang. Namun kita juga harus menghargai betapa berjasanya cacing tanah bagi kehidupan kita.

Bagikan: