10 Manfaat Daun Alpukat yang Mengejutkan

Anekamanfaat.com – Alpukat adalah salah satu buah yang sangat populer dan banyak yang menyukainya. Namun tahukah Anda bahwa bagian daunnya juga memiliki berbagai potensi menyehatkan? Apa saja manfaat daun alpukat terutama untuk kesehatan?

Fakta Nutrisi Daun Alpukat

Menurut penelitian, daun alpukat memiliki beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa nutrisi yang dimiliki oleh daun alpukat.

Mineral

Daun alpukat mengandung magnesium, seng, besi, kalsium, dan kalium. Kalsium membantu mendukung struktur tulang, sedangkan magnesium dan kalium membantu meredakan dan mengendurkan otot yang sakit, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah. Seng bekerja sebagai penguat kekebalan, yang sangat membantu selama musim dingin dan flu.

Fitokimia

Daun mengandung fitokimia (ahan kimia tumbuhan seperti fenol dan flavonoid), yaitu senyawa antioksidan yang menunjukkan sifat anti-diabetes, anti-pembekuan, dan anti-inflamasi. Limonene dan Pinene, keduanya ditemukan dalam daun alpukat, secara signifikan meningkatkan fokus mental, tetapi juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Studi juga menunjukkan fenol mampu mengurangi sel kanker dan bahkan berpotensi menurunkan risiko terkena kanker.

Protein

Daun alpukat memiliki kandungan protein. Bahkan bagian daun alpukat sebenarnya mengandung lebih banyak protein dan serat daripada dagingnya sendiri! Ada sekitar 25 gram protein dan 38 gram serat dalam 100 gram daun alpukat. Sebagai perbandingan, bagian daging buahnya hanya mengandung 1,60 gram protein dan 2 gram serat per 100 gram daging buah alpukat.

Tubuh Anda menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, tetapi juga untuk membuat enzim dan hormon. Pada dasarnya, protein adalah bahan penyusun tulang, otot, dan kulit.

Manfaat Daun Alpukat
Berbagai manfaat daun alpukat

Karena mengandung nutrisi seperti yang disebutkan di atas, daun alpukat berpotensi digunakan sebagai bahan pengobatan herbal maupun non herbal untuk mengatasi beberapa masalah gangguan kesehatan. Berikut inilah beberapa manfaat daun alpukat.

Manfaat Daun Alpukat

1. Menyembuhkan Batu Ginjal

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), daun alpukat memiliki potensi untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal [1].

Percobaan dilakukan pada tikus sehat dan yang menderita batu ginjal. Hasilnya, pemberian ektrak daun alpukat selama dua tahun menunjukkan aktivitas diuretik dan penghambatan paling optimal terhadap kristal ginjal. Ekstrak daun alpukat mengandung flavonoid dan potasium yang dapat meluruhkan kristal ginjal pada tikus yang menderita batu ginjal.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum 2 cangkir ektrak teh daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. Kebanyakan orang melihat hasilnya dalam sepuluh hari.

2. Kontrol Kadar Gula Darah

Daun alpukat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena memiliki sifat hipoglikemik, artinya dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian telah menunjukkan penurunan kadar gula darah yang signifikan pada tikus yang menderita diabetes selama enam jam setelah mengonsumsi ekstrak daun alpukat.

3. Meredakan Asma

Manfaat daun alpukat yang berikutnya adalah berpotensi untuk meredakan penyakit asma. Kandungan senyawa fitokimia dalam daun alpukat memberikan relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. Hal ini dapat mengurangi sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan asma.

Teh daun alpukat bisa mengurangi kekakuan pada otot pernafasan yang menyebabkan gejala asma yang tidak nyaman. Beberapa pengguna teh alpukat yang holistik merekomendasikan untuk menambahkan satu sendok makan garam untuk setiap 3 cangkir teh.

7 Manfaat Getah Pepaya yang Mengejutkan
Buah pepaya banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Tidak hanya buahnya, siapa sangka getah pepaya juga memiliki manfaat. Apa manfaat getah pepaya?
www.anekamanfaat.com

4. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan flavonoid, saponin, dan tanin di daun alpukat juga berperan dalam menyeimbangkan keasaman lambung. Selain itu, kandungan fitokimia yang ditemukan dalam daun alpukat secara langsung memengaruhi pencernaan seperti meredakan sakit usus dan membantu meregenerasi flora saluran pencernaan Anda.

Dalam dosis yang tepat, ektrak daun alpukat dapat membantu melawan diare dan sakit maag, bahkan melindungi Anda dari bakteri dan virus yang berpotensi menyerang saluran pencernaan.

5. Mengurangi Kejang

Kejang biasanya dialami oleh para penderita epilepsi. Kejang adalah akibat dari ketidakseimbangan neurologis akibat terlalu banyak aktivitas di area saraf otak. Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak daun alpukat bekerja untuk meningkatkan transmisi Gamma Aminobutyric Acid (GABA), suatu neurotransmitter yang bersifat menenangkan.

Neurotransmitter yang menenangkan ini mengurangi kemungkinan terjadinya kejang. Daun alpukat dapat menjadi tambahan yang berguna dan holistik untuk anak-anak penderita epilepsi.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun alpukat yang luar biasa adalah sebagai tambahan asupan program penurunan berat badan. Ektrak daun alpukat memberikan efek perasaan kenyang di perut Anda tanpa menyebabkan mual. Menelan daun alpukat dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Manfaat Daun Alpukat
Daun alpukat bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa setelah delapan minggu konsumsi daun alpukat secara teratur tanpa perubahan pola makan lainnya mengurangi kenaikan berat badan hingga 25 persen.

7. Tidur Nyenyak

Bagaimana bisa daun alpukat bisa membuat tidur nyenyak ? Kandungan limonene dan serotonin dalam daun alpukat berkombinasi mengatur suasana hati dan nafsu makan kita. Suasana hati yang baik dan nafsu makan yang baik akan menjadi pengantar tidur yang baik. Efek menenangkan dalam daun alpukat bisa membantu mengatasi gangguan tidur.

8. Kardiovaskular

Daun alpukat memiliki efek positif pada aktivitas kardiovaskular seperti menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Magnesium dalam daun alpukat membantu mengobati hipotensi dan menormalkan sistem kardiovaskular.

Magnesium sering diresepkan untuk pasien dengan risiko gangguan irama jantung. Mengkonsumsi daun alpukat secara teratur dapat bekerja sama baiknya dengan mengkonsumsi suplemen magnesium dosis rendah secara teratur.

9. Mengobati Radang dan Bengkak

Kandungan quercetin dalam daun alpukat adalah bahan kimia tumbuhan yang kuat yang membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi karena robekan otot atau bengkak setelah operasi. Caranya adalah dengan menumbuk daun alpukat dan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau luka secara langsung.

Ekstrak daun alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang sendi, sakit gigi, dan semua jenis sakit tulang lainnya.

10 Manfaat Minyak Kelapa dan Efek Sampingnya
Minyak kelapa telah menjadi pilihan populer karena rasanya yang kaya dengan aroma kelapa yang lembut dan tentunya bermanfaat. Apa saja manfaat minyak kelapa ?
www.anekamanfaat.com

10. Perawatan Rambut

Daun alpukat mengandung pigmen yang baik untuk menjaga rambut hitam. Selain itu, ektrak daun alpukat juga dapat merawat rambut kering dan rapuh.

Anda bisa menumbuk beberapa daun alpukat segar dan muda untuk membuat pasta yang bisa Anda gosokkan ke rambut Anda dan biarkan selama sekitar lima belas menit, yang akan membantu mewarnai dan mewarnai rambut Anda dengan lembut sekaligus menutrisinya.

Kesimpulan

Daun alpukat ternyata tidak bisa disepelekan. Mungkin saat ini bagian daunnya kalah populer dengan bagian daging buahnya. Namun melihat berbagai potensinya untuk kesehatan, daun alpukat bisa menjadi alternatif yang sangat ideal.

Untuk mendapatkan segala manfaat daun alpukat, Anda bisa menggunakan sebagai seduhan teh, dimakan langsung atau dicampur dengan salad buah.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: