10 Manfaat Daun Ginseng yang Mencengangkan

AnekaManfaat.com – Sebagian dari kita mungkin sudah tahu bahwa ginseng terutama bagian akarnya adalah yang bisa dimanfaatkan. Namun beberapa penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun ginseng juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat daun ginseng?

Daun ginseng mengandung beberapa bahan aktif seperti flavonoid, ginsenosides, asam amino, asam lemak, polisakarida, alkohol poliasetilenat, peptida, triterpenoid, dan minyak atsiri. Daun ginseng juga memiliki sifat sebagai anti-oksidan.

Manfaat Daun Gingseng
Berbagai manfaat daun ginseng

Untuk memanfaatkan daun ginseng, salah satu caranya adalah dengan menyeduhnya seperti teh. Selain itu, daun ginseng juga bisa dirajang sebagai tambahan bahan jamu tradisional. Karena daun ginseng masih kalah populer dengan akar ginseng, kami akan mengulas berbagai manfaat daun ginseng agar kita semua tahu beberapa khasiatnya.

Manfaat Daun Ginseng

1. Mengatasi Masalah Rambut

Manfaat daun ginseng yang pertama adalah bisa untuk mengatasi masalah rambut. Ekstrak daun ginseng memiliki khasiat anti-penuaan, yang meningkatkan fungsi kekebalan dan endokrin tubuh serta merangsang regenerasi kulit kepala dan rambut. Ini membantu dalam produksi kolagen sekaligus membersihkan kulit dan kulit kepala dari radikal bebas.

Sifat anti-oksidan daun ginseng membantu mencegah kerusakan pada sel dan struktur seperti saponin yang diekstrak dari batang daun ginseng. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa anti-oksidan yang diekstrak dari batang daun ginseng juga membantu memulihkan sel-sel radikal bebas yang rusak.

Manfaat Daun Gingseng
Manfaat daun gingseng untuk perawatan rambut

Jika sobat memiliki berbagai masalah rambut seperti rambut patah, kusut, dan ujung bercabang. Ekstrak daun ginseng bisa menjadi alternatif solusi untuk merawat rambut.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun ginseng juga memiliki khasiat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan sifat anti-oksidan yang ada dalam esktrak daun ginseng.

3. Menambah Stamina

Manfaat daun ginseng berikutnya adalah bisa menambah atau meningkatkan stamina. Daun ginseng memiliki kandungan anti kelelahan karena menghambat peningkatan asam laktat darah (yang menyebabkan badan sering merasa lelah).

4. Melancarkan Metabolisme

Manfaat daun ginseng yang berikutnya adalah membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. Berdasarkan penelitian, daun ginseng Cina diketahui memiliki kandungan Ginsenosides yang secara signifikan meningkatkan protein dalam tubuh serta membantu melancarkan proses metabolisme.

5. Mengobati Diabetes

Berdasarkan studi dan penelitian, daun ginseng bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit diabetes karena memiliki efek anti-hiperglikemik sehingga membantu mengurangi hiperglikemia (kadar glukosa darah sangat tinggi > 300 mg/dl).

Manfaat Daun Gingseng
Manfaat daun ginseng untuk pengobatan diabetes

Selain untuk mengobati, ekstrak daun ginseng jika dikonsumsi secara rutin juga bisa mencegah diabates karena ekstrak batang daun ginseng juga memiliki efek anti-diabetes. Ekstrak daun dan akar ginseng meningkatkan kandungan basal dan sekresi insulin yang bergantung pada glukosa dalam darah.

6. Anti Obesitas

Manfaat daun ginseng berikutnya adalah mencegah obesitas. Obesitas adalah gangguan kesehatan serius yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes yang menyerang orang dewasa.

Ekstrak berry, akar dan daun ginseng Amerika dan Cina memiliki aktivitas anti-obesitas secara signifikan sehingga mengurangi berat badan.

7. Anti Kanker

Efek antikanker batang daun ginseng merupakan fungsi farmakologis yang penting. Efek anti kanker dari ekstrak daun ginseng Cina ditemukan setelah pemberian polisakarida asam dari daun ginseng Cina meningkatkan efek terapeutik dan mengurangi komplikasi hematopoietik yang disebabkan oleh kemoterapi sistemik atau terapi radiasi. Ekstrak daun ginseng bisa menjadi sumber baru untuk obat anti kanker.

8 Manfaat Buah Zaitun dan Efek Sampingnya
Zaitun biasanya diolah dalam bentuk ekstraksi minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana dengan buahnya? Apakah ada manfaat buah zaitun jika dimakan?
www.anekamanfaat.com

8. Obat Pencernaan

Manfaat daun ginseng berikutnya adalah untuk mengobati masalah gangguan pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa fraksi polisakarida mentah dari daun ginseng menunjukkan aktivitas anti-ulkus yang kuat terhadap lesi lambung akut.

9. Anti Penuaan

Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa formula pengobatan Cina yang mengandung daun ginseng, memperbaiki berbagai gejala yang berhubungan dengan penuaan, meningkatkan fungsi kekebalan dan endokrin, membersihkan radikal bebas dan menyesuaikan flora usus.

10. Kardiovaskular

Ekstrak daun ginseng memiliki efek pengawet pada sistem jantung dan vaskular. Selain itu, ekstrak batang daun ginseng Cina memiliki efek menguntungkan pada pelestarian fungsi jantung dan pembuluh koroner. Penggunaan ektrak daun ginseng Cina secara rutin akan memberikan efek yang bagus bagi kardiovaskular serta kesehatan jantung.

Manfaat Daun Gingseng
Manfaat daun ginseng untuk kesehatan jantung (sumber gambar: specialtyproduce.com)

Disclaimer: artikel ini hanya sebagai informasi. Jika Anda memiliki riwayat gangguan kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan menghubungi dokter yang memiliki kompetensi sesuai dengan penyakit yang dimiliki.

10 Manfaat Bunga Rosella dan Efek Sampingnya
Bunga Rosella sudah dipergunakan sebagai bahan berbagai ramuan herbal untuk pengobatan sejak jaman kuno. Apa saja manfaat bunga Rosella yang luar biasa ini?
www.anekamanfaat.com

Jika kita selama ini mungkin lebih tahu bahwa akar ginseng lah yang lebih dikenal sangat memiliki manfaat, dengan adanya informasi ini kita mengetahui bahwa daunnya pun juga memiliki manfaat yang mencengangkan. Satu lagi keuntungan daun ginseng adalah harganya yang lebih murah daripada akar ginseng.

Itulah 10 manfaat daun ginseng terutama untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu cara memanfaatkan daun ginseng adalah dengan menikmatinya diseduh sebagai teh daun ginseng. Mengkonsumsi secara rutin tidak akan merugikan tubuh kita. Semoga memberikan manfaat.

Bagikan: