Berbagai Manfaat Eceng Gondok (Bukan Sekedar Hama)

AnekaManfaat – Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) sudah lama dianggap sebagai hama. Bahkan dulunya, beberapa negara mengeluarkan banyak biaya untuk membasmi eceng gondok dari perairan mereka. Namun setelah adanya beberapa penelitian, ternyata eceng gondok memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat eceng gondok?

Eceng gondok memang sangat mudah tumbuh dan cenderung invasiv (10 tanaman dapat menghasilkan lebih dari 650.000 keturunan dalam waktu delapan bulan). Dominasi eceng gondok dalam suatu perairan memang bisa mengancam ekosistem yang ada.

Bahkan negara seperti Afrika Selatan pernah kewalahan dalam menangani eceng gondok dan banyak menghabiskan biaya untuk menyingkirkannya.

Manfaat Eceng Gondok
Berbagai Manfaat Eceng Gondok

Namun “nasib” eceng gondok saat ini berubah menjadi lebih baik. Banyak penelitian dilakukan dan membuktikan bahwa eceng gondok bukan sekedar hama. Jika dimanfaatkan dengan baik, eceng gondok memiliki banyak manfaat yang tidak terduga.

Manfaat Eceng Gondok

1. Pupuk Organik

Manfaat eceng gondok yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai pupuk organik. Akar cabang pada eceng gondok dapat menyerap hara tanaman dan menyimpannya ke dalam batang dan daunnya. Eceng gondok bisa menghasilkan kompos.

Kompos tersebut mengandung bahan organik yang tinggi, sehingga dapat memperbaiki sifat fisik tanah. Ini juga memperbaiki struktur tanah, memberi ventilasi pada tanah dan memudahkan air meresap melalui tanah.

Sifat kimia eceng gondok dalam kompos adalah dapat menambah unsur hara pada tanah. Ini secara bertahap mengeluarkan nutrisi yang berguna bagi tanaman dalam waktu lama.

2. Membersihkan Kotoran Dalam Air

Manfaat Eceng Gondok
Manfaat eceng gondok untuk menjaga kebersihan air

Dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, eceng gondok dapat menyerap logam seperti tembaga dan timbal dari limbah industri dan limbah rumah tangga.

Selain itu, eceng gondok juga bisa menyerap merkuri dan timbal yang meleleh di dalam cairan. Eceng gondok dapat menyerap mineral dan zat anorganik dari limbah dan kemudian dapat tumbuh dengan pesat dalam berbagai kondisi.

3. Kesehatan

Eceng gondok ternyata juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat eceng gondok untuk kesehatan tubuh.

  • Memiliki zat anti inflamasi sehingga bisa digunakan untuk merawat luka peradangan dan abses.
  • Eceng gondok yang diolah sebagai tumis sangat berguna untuk pencernaan. Beberapa ramuan tradisional menggunakan eceng gondok sebagai obat diare, mual, perut buncit, masalah usus, cacingan dan perut kembung.
  • Sifat hipo-kolesterolemik dari biji eceng gondok mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mengobati eksem. Ekstrak daun tanaman eceng gondok bisa dicampur dengan tepung beras dan kunyit untuk mengatasi masalah kulit seperti eksem.
  • Menyehatkan kulit. Banyak produk perawatan kulit yang mengandung eceng gondok. Penggunaan eceng gondok dan sifat anti mikroba, anti jamur dan anti bakterinya menjadikannya pilihan yang tepat untuk mengobati banyak gangguan kulit.
  • Menyembuhkan sakit tenggorokan. Jus yang diekstrak dari polong tanaman eceng gondok dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan juga telinga.
Manfaat Eceng Gondok
Eceng gondok memiliki sifat anti inflamasi

4. Bahan Baku Industri

Manfaat eceng gondok yang berikutnya adalah sebagai bahan baku industri. Di negara seperti Bangladesh, Filipina, Indonesia dan India, eceng gondok diolah sebagai bahan baku pembuatan kertas. Bagian yang dijadikan bahan baku pembuatan kertas adalah serat eceng gondok.

Selain kertas, industri berikutnya yang menggunakan eceng gondok sebagai bahan bakunya adalah industri pembuatan tali. Serat dari batang tanaman eceng gondok dapat digunakan untuk membuat tali.

Batang tanaman diparut memanjang untuk diambil seratnya dan kemudian dibiarkan mengering selama beberapa hari.

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Kulit dan Rambut
Lidah buaya atau aloe vera dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Apa saja sih manfaat lidah buaya?
www.anekamanfaat.com

Proses pembuatan tali mirip dengan tali rami. Tali yang sudah jadi diolah dengan bahan kimia untuk mencegahnya membusuk. Di Bangladesh, tali dari olahan eceng gondok digunakan oleh produsen furnitur yang melilitkan tali di sekitar rangka rotan untuk menghasilkan produk furnitur yang berkelas dan unik.

Di Filipina, eceng gondok dikeringkan dan digunakan untuk membuat keranjang dan anyaman untuk keperluan rumah tangga. Agar mendapatkan bahan yang baik, pastikan batangnya dikeringkan dengan benar sebelum digunakan. Jika batangnya masih mengandung uap air maka hal ini dapat menyebabkan produk cepat busuk.

5. Menjernihkan Air

Eceng gondok juga dapat digunakan untuk membantu proses penjernihan air baik untuk air minum maupun untuk limbah cair dari sistem pembuangan limbah. Di instalasi pengolahan air minum, eceng gondok telah digunakan sebagai bagian dari langkah pemurnian air.

Manfaat Eceng Gondok
Eceng gondok memiliki sifat menjernihkan air

Dalam sistem pembuangan limbah, struktur akar eceng gondok (dan tanaman air lainnya) menyediakan lingkungan yang cocok untuk bakteri aerob. Bakteri aerob memakan nutrisi dan menghasilkan senyawa anorganik yang pada gilirannya menyediakan makanan bagi tanaman.

6. Pakan Ternak

Manfaat eceng gondok yang berikutnya adalah sebagai bahan pakan ternak. Menggunakan eceng gondok sebagai pakan ternak merupakan praktik tradisional di banyak wilayah Asia, termasuk Cina, Bangladesh, Indonesia, India, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Di Malaysia, eceng gondok dimasak dengan dedak beras dan tepung ikan serta dicampur dengan tepung kopra sebagai pakan babi dan bebek. Pada dasarnya eceng gondok cocok untuk semua jenis hewan karena memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi.

Di China, sudah lazim mencampurkan eceng gondok ke dalam makanan babi yang berisi berbagai bahan limbah nabati lainnya. Campuran ini direbus selama berjam-jam dan kemudian ditumbuk. Bahan tambahan lain selain eceng gondok biasanya adalah tepung kelapa, tepung ikan, kacang tanah, jagung dan dedak beras.

10 Manfaat Kulit Pisang dan Efek Sampingnya
Pisang adalah buah yang sehat, enak, mengenyangkan dan bahkan kulitnya pun sangat berguna sehingga memberikan beberapa manfaat. Apa saja manfaat kulit pisang?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Eceng gondok dalam jumlah yang masal jika tidak dikendalikan dengan baik memang akan menjadi hama yang menganggu ekosistem air dan sekitarnya. Namun jika bisa dikendalikan jumlahnya, eceng gondok bisa menjadi bahan baku yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal.

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat eceng gondok yang sudah disebutkan di atas, kita bisa tahu bahwa eceng gondok bukanlah sekedar hama yang tidak bermanfaat. Dengan jumlah yang cukup, eceng gondok dengan bunga yang tumbuh di atasnya bisa menjadi hiasan yang cantik di kolam ikan Anda.

Bagikan: