7 Manfaat Getah Pepaya yang Mengejutkan

AnekaManfaat.com – Tidak hanya buahnya, siapa sangka getah pepaya juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat getah pepaya? Buah pepaya mudah ditemukan di beberapa negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Pepaya sangat melimpah serta sangat mudah tumbuh di sudut manapun. Banyak orang menggemari buah pepaya dan menjadi bahan olahan makanan.

Meskipun mungkin getah buah pepaya terlihat sepele dan mungkin sobat akan merasa terganggu ketika kena tetesannya (bahkan beberapa orang bisa mengalami gata-gatal ketika terkena tetesan getah pepaya), getah pepaya ternyata mengandung kandungan bahan-bahan yang sangat bermanfaat.

Getah pepaya diketahui mengandung:

  • Asam amino yang sangat baik untuk membantu meregenerasi sel rusak.
  • Enzim papain yang biasa digunakan sebagai bahan industri tekstil dan kosmetik.
  • Enzim protease yang bermanfaat untuk memecah protein dalam makanan sehingga membantu pencernaan dalam tubuh.

Jadi apa saja manfaat getah pepaya?

Manfaat Getah Pepaya

1. Mengobati Bisul

Penyebab bisul adalah bakteri yang akan membuat kulit meradang dan kemudian muncul benjolan di permukaannya. Di dalam bisul akan ada nanah berwarna kekuningan yang menumpuk dan kurang baik bagi kesehatan jika tidak segera dibersihkan.

Manfaat Getah Pepaya
Manfaat getah pepaya untuk mengobati bisul (sumber gambar thehealthy.com)

Dan ternyata ada manfaat getah pepaya untuk membantu mengatasi bisul ini. Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal mengoleskan getah pepaya pada permukaan bisul dua kali dalam sehari. Bisul akan cepat “meletus” dan mengeluarkan nanah. Ketika bisul sudah meletus, tetap lanjutkan mengolesnya hingga benar-benar kering.

2. Mengatasi Sakit Gigi

Sobat sedang diserang masalah dengan sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang? Getah pepaya ternyata juga bisa membantunya. Ketika gigi berlubang, bakteri akan sangat menyukai bersarang di lubang tersebut. Bakteri ini kemudian terkontaminasi air liur yang kemudian menyebkan nyeri. Getah pepaya bisa membantu mengurangi nyeri pada sakit gigi.

3. Mengobati Luka Bakar

Manfaat getah pepaya berikutnya adalah bisa membantu proses pengobatan pada luka bakar. Ketika sobat mengalami luka bakar dan kemudian belum sempat memberikan obat khusus luka bakar, penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan getah pepaya pada luka bakar. Hal ini dapat membantu agar luka bakar tidak semakin parah.

10 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan
Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang berasal dari Indonesia. Sesuai namanya, madu ini berwarna hitam dan pahit. Apa saja manfaat madu hitam pahit ?
www.anekamanfaat.com

4. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Tumit atau sekitar telapak kaki sobat pecah-pecah? Getah pepaya terbukti manjur untuk membantu mengatasinya. Ketika tumit pecah-pecah, hal tersebut dikarenakan kulit kehilangan kelembabannya. Merawat kulit tumit pecah-pecah dengan getah pepaya bisa dilakukan dengan mengoles bagian yang pecah-pecah dua kali dalam sehari.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat getah pepaya berikutnya adalah untuk mengatasi masalah jerawat. Ketika jerawat sudah mulai terlihat muncul, melakukan perawatan dengan mengoleskan getah pepaya sebelum tidur yang dilakukan secara rutin bisa membantu mengatasinya. Lakukan secara tekun dan biasanya hasilnya bisa terlihat dalam 1 bulan.

Manfaat getah pepaya
Manfaat getah pepaya untuk mengobati jerawat (wayhomestudio – freepik.com)

6. Melunakkan Daging

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, getah daun pepaya juga bisa membantu untuk melunakkan daging yang akan dimasak. Membungkus daging mentah menggunakan daun pepaya yang mengandung getah pepaya selama beberapa jam sangat terbukti membantu melunakkan daging.

7. Mengatasi Gatal

Ketika kulit gatal-gatal, memberikan olesan getah pepaya juga bisa membantu mengatasinya. Namun sobat harus menggunakan getah dari buah pepaya yang masih muda. Disarankan untuk membersihkah permukaan kulit yang gatal dengan sabun dan kemudian oleskan saja getahnya.

11 Manfaat Buah Lemon dan Efek Sampingnya
Lemon adalah jeruk berwarna kuning cerah dengan rasa asam yang khas karena kaya asam sitrat. Lemon sangat memberikan banyak manfaat. Apa manfaat buah lemon?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Meskipun hanya getah, ternyata manfaat getah pepaya ini sangat luar biasa dalam membantu kehidupan manusia. Seluruh bagian pohon pepaya baik itu buah, daun, getah, batang dan akarnya semuanya sangat memberikan beberapa manfaat. Selain itu, pohon pepaya juga mudah ditemukan tumbuh di lingkungan sekitar kita.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: