7 Manfaat Goji Berry dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Goji berry adalah buah kecil berwarna merah dan merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun sebagai ramuan obat herbal dan suplemen makanan. Apa saja manfaat goji berry terutama untuk kesehatan ?

Goji berry (Lycium barbarum) adalah buah yang sudah sangat kuno serta populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Asalnya mereka tumbuh di semak cemara asli China, Mongolia, dan Himalaya Tibet.

Manfaat goji berry
Manfaat goji berry untuk kesehatan (timolina)

Seiring waktu, goji berry pada saat ini sering dijual dalam bentuk bubuk atau dikeringkan. Goji berry ditambahkan ke banyak suplemen dan campuran jus.

Goji berry dimanfaatkan untuk mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, tekanan darah tinggi, demam, dan masalah mata terkait usia. Selain diektraksi dalam bentuk bubuk, goji berry biasanya dimakan mentah, dimasak, atau dikeringkan (seperti kismis) serta digunakan dalam teh herbal dan obat-obatan.

Fakta Nutrisi Goji Berry

Dalam 85 gram goji berry yang dikeringkan mengandung:

  • Kalori: 70
  • Gula: 12 gram
  • Protein: 9 gram
  • Serat: 6 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Vitamin A: 150 persen dari AKG
  • Tembaga: 84 persen dari AKG
  • Selenium: 75 persen dari AKG
  • Vitamin B2 (riboflavin): 63 persen dari AKG
  • Besi: 42 persen dari AKG
  • Vitamin C: 27 persen dari AKG
  • Kalium: 21 persen dari AKG
  • Seng: 15 persen dari AKG
  • Tiamin: 9 persen dari AKG.

*AKG (angka kebutuhan gizi).

Dengan melihat fakta nutrisi yang ada dalam goji berry, apa saja manfaat goji berry untuk kesehatan?

Manfaat Goji Berry

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ekstrak goji berry dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa dan lansia yang sehat, ditemukan hasil bahwa mengonsumsi 3,4 ons (100 ml) jus goji berry pekat setiap hari selama 30 hari akan mengalami peningkatan fungsi kekebalan tubuh [1].

Manfaat goji berry
Goji berry bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Selain itu juga terjadi peningkatan limfosit (sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus berbahaya). Kesimpulannya adalah; ekstrak goji berry dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus berbahaya.

2. Menyehatkan Mata

Dalam penelitian lain, mengonsumsi goji berry selama 90 hari telah terbukti meningkatkan konsentrasi lutein dan zeaxanthin di retina. Bentuk vitamin A ini dikenal untuk mendukung kesehatan mata dan memperlambat kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula terkait usia serta meningkatkan ketajaman visual 90 [2].

3. Mencegah Kanker

Manfaat goji berry yang sangat penting untuk kesehatan adalah mampu mencegah kanker. Goji berry mengandung antioksidan tingkat tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid, yang bertanggung jawab untuk melawan sel kanker dan meningkatkan efektivitas perawatan kanker.

Antioksidan juga memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

12 Manfaat Apel Hijau yang Luar Biasa
Apel hijau telah lama dikenal sebagai salah satu buah tersehat karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dimilikinya. Apa saja manfaat apel hijau?
www.anekamanfaat.com

4. Kontrol Kolesterol

Salah satu manfaat goji berry yang sangat potensial adalah untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Goji berry sudah digunakan sebagai pengobatan kuno untuk mengatasi kolesterol.

Beberapa penelitian membuktikan ketika rutin mengonsumsi goji berry, kadar kolesterol total dan trigliserida dalam tubuh menurun serta kolesterol HDL (kolesterol baik) meningkat.

Manfaat goji berry
Goji berry bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol (luis_molinero)

Hal ini disebabkan oleh polisakarida, antioksidan dan vitamin dalam ekstrak goji berry. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak goji berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Goji berry mengandung beta-karoten, yang merupakan fitokimia tumbuhan penting. Beta-karoten dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Beberapa manfaat beta-karoten untuk kulit adalah melambatkan proses penuaan, melindungi dari sinar matahari (sinar UV), dan menjaga kulit dari iritasi.

6. Menurunkan Berat Badan

Goji berry memiliki khasiat tertentu yang akan membantu menurunkan berat badan. Buah ini kaya serat, yang dapat membantu mengontrol gula darah dan nafsu makan, membantu merasa kenyang lebih lama.

Goji berry juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Karena makanan rendah GI melepaskan gula lebih lambat ke dalam aliran darah, makanan tersebut dianggap membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi hasrat ingin ngemil.

Banyak penelitian juga membuktikan bahwa jus goji berry dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme.

Salah satu penelitian pada beberapa pria dan wanita yang mengalami kelebihan berat badan, setelah mereka mengonsumsi satu dosis 4 ons (120 ml) jus goji berry pekat, kemampuan tubuh mereka untuk membakar kalori setelah satu jam adalah 10 persen lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi jus.

Dan setelah peserta mengonsumsi jus goji berry selama 14 hari, lingkar pinggang mereka menurun rata-rata 1,9 inci (4,7 cm) dibandingkan dengan kelompok lain yang tidak pernah mengonsumsi goji berry [3].

7. Meningkatkan Energi

Ekstrak goji berry dipercaya dapat meningkatkan pembentukan glikogen otot dan hati, suatu bentuk penyimpanan glukosa yang membantu Anda mempertahankan aktivitas fisik. Ini juga dapat mempercepat pembersihan nitrogen urea darah, produk limbah yang dihasilkan tubuh Anda setelah olahraga berat.

Manfaat goji berry
Goji berry bermanfaat untuk meningkatkan energi (azerbaijan_stockers)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 34 pria dan wanita sehat yang mengonsumsi 4 ons (120 ml) jus goji berry pekat selama 14 hari.

Hasilnya, mereka melaporkan mengalami adanya peningkatan energi, performa olahraga yang lebih baik, kualitas tidur yang lebih baik, serta berkurangnya stres dan kelelahan serta merasa lebih bahagia dibandingkan sebelum mereka mulai mengonsumsi jus goji berry [4].

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Lebih dikenal sebagai bahan atau bumbu namun ternyata memiliki beberapa manfaat terutama untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Goji Berry

Secara umum goji berry tidak akan memberikan resiko efek samping ketika dikonsumsi dalam jumlah yang ideal. Namun pada beberapa orang, beji gorry dapat memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal, mual, pusing, atau mengi (sesak nafas).

Selain itu, goji berry juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk obat pengencer darah dan obat untuk diabetes atau obat tekanan darah tinggi. Goji berry juga mengandung betaine, senyawa yang dapat membahayakan kesehatan janin. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah goji berry aman selama kehamilan

Kesimpulan

Goji berry adalah buah yang sudah dikenal sejak jaman kuno memiliki manfaat untuk kesehatan. Banyak metode pengobatan Tiongkok menggunakan goji berry sebagai salah satu bahan utamanya.

Manfaat goji berry untuk kesehatan juga telah dibuktikan pada beberapa penelitian yang memang hasilnya membuktikan goji berry memiliki potensi untuk mengobati beberapa penyakit.

Karena memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa, goji berry saat ini digunakan sebagai bahan obat-obatan dan mudah dibeli dalam bentuk yang sudah sudah dikeringkan atau dalam bentuk serbuk.

Ada hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi goji berry. Beberapa orang dilaporkan mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsinya. Oleh karena itu konsumsilah goji berry secukupnya sesuai dosis yang tepat.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: