8 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Jahe sudah dikenal dan digunakan selama ribuan tahun sebagai bahan pengobatan tradisional atau herbal dan tentu saja sebagai bumbu makanan. Namun apakah Anda sudah pernah memikirkan apa saja manfaat jahe bagi kesehatan?

Jahe adalah salah satu bahan pengobatan herbal yang populer. Hal ini dikarenakan jahe mengandung senyawa antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu mencegah atau mengobati beberapa masalah kesehatan seperti radang sendi, peradangan, dan berbagai jenis infeksi.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
Manfaat jahe bagi kesehatan dan efek sampingnya

Jahe juga identik digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman. Mayoritas olahan masakan di kawasan Asia dan terutama India menggunakan jahe di sebagian besar masakannya. Namun artikel ini akan difokuskan mengulas berbagai manfaat jahe bagi kesehatan.

Fakta Nutrisi Jahe

Dalam 10 gram jahe segar mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 4,8
  • Karbohidrat: 1,07 gram
  • Serat makanan: 0,12 gram
  • Protein: 0,11 gram
  • Lemak 0,05 gram
  • Gula: 1 gram
  • Vitamin B3 dan B6
  • Besi
  • Kalium
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Seng
  • Folat
  • Riboflavin
  • Niacin

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

1. Meredakan Sakit Perut

Senyawa kimia dalam jahe dipercaya dapat meredakan sakit perut dan membantu pencernaan. Banyak penelitian sudah membuktinya jahe memiliki efek mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Jahe telah lama digunakan sebagai obat untuk meredakan mual. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe adalah cara yang aman dan efektif untuk membantu megatasi mual [1].

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
Jahe berkhasiat untuk meredakan mual (jcomp)

2. Peradangan

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi sehingga jahe juga dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan akibat artritis.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan masalah osteoartritis lutut yang mengonsumsi ekstrak jahe secara rutin, mengalami lebih sedikit rasa sakit tanpa harus menggunakan obat penghilang rasa sakit. Tetapi mereka memang mengalami sakit perut ringan karena konsentrasi ekstrak jahe yang lebih tinggi [2].

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat jahe bagi kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu mengontrol gula darah. Konsumsi jahe secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian pada orang dengan diabetes tipe 2, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 1600 miligram (mg) bubuk jahe selama 12 minggu telah meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kolesterol total [3].

Penelitian lain menemukan bahwa 2 gram suplemen jahe bubuk per hari secara signifikan mampu menurunkan gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2 [4].

4. Mencegah Flu dan Demam

Jahe dikenal memiliki efek menghangatkan. Hal ini dikarenakan akarnya memiliki efek pemanasan, yang dipercaya dapat membantu mengatasi gejala flu atau pilek. Senyawa dalam jahe yaitu gingerol dan shogaol dapat membantu melawan flu karena dapat menurunkan demam, mengurangi rasa sakit, dan menekan batuk.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
Jahe berkhasiat untuk mencegah flu (freepik)

Minum sari jahe bisa membuat tubuh tetap hangat, sekaligus membantu tubuh berkeringat. Selain itu, jahe juga dapat membantu mencegah infeksi. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa jahe segar mungkin efektif melawan virus pernafasan syncytial (HRSV), penyebab umum gejala seperti flu dan infeksi saluran pernapasan [5].

5. Mencegah Kanker

Manfaat jahe bagi kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu mencegah kanker. Bagian akar jahe berpotensi menjadi senjata ampuh untuk melawan kanker.

Penelitian telah menemukan bukti bahwa gingerol (senyawa aktif dalam jahe) memiliki kemampuan melawan kanker gastrointestinal. Kandungan antioksidannya yang tinggi kemungkinan besar bertanggung jawab untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

6. Meredakan Nyeri

Pada sebuah penelitian yang melibatkan 74 orang sebagai obyek penelitian, ditemukan sebuah bukti bahwa dosis harian 2 gram jahe mentah bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga hingga 25% [6].

12 Manfaat Bawang Bombay dan Efek Sampingnya
Meskipun bawang bombay akan membuat Anda menangis, ternyata banyak sekali manfaat bawang bombay terutama untuk kesehatan. Baca disini untuk mengetahuinya.
www.anekamanfaat.com

7. Kesehatan Kulit

Manfaat jahe bagi kesehatan yang berikutnya adalah sebagai suplemen kesehatan kulit. Ekstrak jahe diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kulit seperti berikut ini.

  • Mencegah keriput: keriput adalah tanda awal penuaan. Konsumsi teh jahe setiap hari akan membantu menghilangkan keriput tersebut dan mencegah penuaan dini.
  • Menyegarkan kulit: jahe yang ditumbuk hingga cukup halus dan kemudian dioleskan secara rutin ke kulit sehingga dapat membantu menyegarkan kulit dan membuatnya bersinar. Efek yang sama akan didapatkan ketika mengonsumsi teh jahe secara rutin.
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
Minum teh jahe secara rutin bermanfaat untuk kulit dan rambut (jcomp)

8. Menyehatkan Rambut

Jahe juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Beberapa masalah rambut yang bisa dikurangi “penderitaannya” oleh jahe adalah:

  • Mengatasi ketombe: jahe mengandung sifat antiseptik yang membantu mencegah ketombe. Mengkonsumsi jahe membuat tubuh berkeringat dan saat Anda berkeringat di bagian kulit kepala, rambut akan menghasilkan minyak alami yang bertindak sebagai antiseptik pencegah ketombe.
  • Rambut rontok: jahe dapat mencegah rambut rontok. Caranya dengan mengonsumsinya dalam bentuk makanan, dicampurkan dalam teh atau terkadang dibuat menjadi pasta yang kemudian ditempelkan pada rambut dan dibiarkan mengering selama beberapa waktu.
10 Manfaat Daun Ginseng yang Mencengangkan
Tidak hanya akar ginseng yang bermanfaat, penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa daun ginseng juga memiliki manfaat. Apa saja manfaat daun ginseng?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Jahe

Jahe memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan namun ada efek samping yang bisa saja terjadi ketika mengonsumsi jahe (terutama ketika berlebihan).

Jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap jahe, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya, karena hal ini dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan lebih lanjut. Konsumsi jahe yang berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti perut mulas dan perih.

Kesimpulan

Jahe sudah dikenal sebagai bahan obat-obatan tradisional karena efeknya yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu manfaat jahe bagi kesehatan yang sudah populer adalah sebagai pereda mual. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengatasi masalah peradangan. Jika tubuh Anda sedang tidak fit, mengonsumsi air jahe atau teh jahe hangat akan membantu pemulihan lebih cepat.

Secara umum jahe sangat aman dikonsumsi karena tidak memberikan efek negatif bagi tubuh. Namun sangat disarankan tidak mengonsumsinya berlebihan karena bisa membuat perut mulas dan perih.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: