8 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Anekamanfaat.com – Jantung pisang mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Di Indonesia, jantung pisang kerap dijadikan sayuran. Karena menariknya profil jantung atau bunga pisang ini, kami akan mengulas beberapa manfaat jantung pisang.

Hampir seluruh bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan. Jantung (bunga), buah dan batangnya bisa dimakan, daunnya bisa untuk bungkus makanan. Dan bahkan kulitnya bisa dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan pembuatan kertas. Seluruh bagian pohon pisang merupakan anugerah yang sangat luar biasa.

Manfaat jantung pisang
Berbagai manfaat jantung pisang

Konsumsi jantung pisang sangat populer di kalangan masyarakat Asia Selatan dan Asia Tenggara (dan tentunya Indonesia). Beberapa olahan jantung pisang seperti dimasak sebagai sayuran dengan santan, dibuat campuran sup dan kare, dan bahkan dibuat sebagai gorengan.

Fakta Nutrisi Jantung Pisang

Jantung pisang mengandung serat, protein, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, magnesium dan Vitamin E. Dalam 100 gram jantung pisang mengandung:

  • Energi 51 kkal
  • Protein 1,6 g
  • Lemak 0,6 g
  • Karbohidrat 9,9 g
  • Serat 5,7 g
  • Kalsium 56 mg
  • Fosfor 73,3 mg
  • Besi 56,4 mg
  • Tembaga 13 mg
  • Kalium 553,3 mg
  • Magnesium 48,7 mg
  • Vitamin E. 1,07 mg

Dari semua nutrisi dan gizi yang tertulis di atas, apa saja manfaat jantung pisang

Manfaat Jantung Pisang

1. Mencegah Infeksi

Jantung pisang bisa digunakan untuk mengobati infeksi, berkat ekstrak berbasis etanolnya. Jantung pisang bisa menghambat pertumbuhan bakteri patogenseperti bacillus subtalis, bacillus cereus, dan escherichia coli. Jantung pisang juga bisa untuk membantu menyembuhkan luka.

Manfaat jantung pisang
Jantung pisang bermanfaat untuk mencegah infeksi

2. Menjaga Pencernaan

Manfaat jantung pisang yang berikutnya adalah untuk menjaga sistem pencernaan tetap dalam kondisi yang prima. Jantung pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air dan membentuk gel.

Serat tidak larut membantu sebagian besar makanan yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air. Keduanya berkombinasi meningkatkan stabilitas dan kesehatan pencernaan serta penyerapan makanan yang sehat.

Berbagai Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh
Kita semua sudah tahu bahwa bayam hijau sangat bergizi, namun tahukah Anda dengan bayam merah yang juga bergizi? Tahukah Anda apa saja manfaat bayam merah?
www.anekamanfaat.com

3. Mencegah Kanker

Radikal bebas di dalam tubuh bisa menimbulkan banyak masalah yang cukup serius. Jantung pisang memiliki kandungan metanol yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan metanol dalam jantung pisang mampu menangani radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh. Beberapa masalah kesehatan yang dipicu oleh radikal bebas yang bisa diatasi oleh metanol adalah kanker.

4. Suplemen Masa Menstruasi

Untuk wanita yang sedang dalam masa menstruasi, jantung pisang hadir untuk membantu Anda mendapatkan asupan suplemen yang sangat luar biasa. Menstruasi membawa rasa sakit pada banyak wanita. Beberapa di antara mereka menderita gejala PMS yang parah, sementara yang lain mengalami pendarahan berlebihan.

Secangkir jantung pisang yang dimasak dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Jantung pisang yang dimasak bersama dadih atau yogurt akan membantu meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh dan mengurangi pendarahan.

Manfaat jantung pisang
Jantung pisang memperlancar produksi ASI

5. Tingkatkan Produksi ASI

Mengonsumsi jantung pisang selama mendekati waktu kelahiran dan ketika menyusui akan sangat bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI.

6. Membuat Tubuh Rileks

Manfaat jantung pisang yang berikutnya adalah bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks. Jantung pisang kaya akan magnesium, yang bekerja pada tubuh untuk membuatnya rileks secara alami dan juga membantu tidur nyenyak. Tidur adalah cara penting untuk membantu mengurangi beban akibat stres pada tubuh.

7. Mengontrol Gula Darah

Orang yang menderita diabetes bisa mengonsumsi jantung pisang agar gula darahnya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jantung pisang memiliki kandungan serat tinggi sehingga bisa mereka membantu tubuh memecah makanan lebih lambat dan mencegah melonjaknya gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi diabetes jangka panjang seperti penyakit ginjal atau kerusakan saraf.

8. Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu kondisi serius dimana tubuh tidak mampu membuat sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel tubuh. Tubuh membutuhkan zat besi untuk melakukan ini dan di situlah peran dari nutrisi jantung pisang.

Jantung pisang kaya akan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel darah merah. Hal ini dapat membantu mengobati anemia secara alami dan membangun tingkat energi tubuh.

11 Manfaat Kubis dan Efek Sampingnya
Kubis memiliki kandungan nutrisi, mineral dan vitamin penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, tidak layak rasanya kalau kita belum mengulas manfaat kubis.
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Jantung pisang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah santunya adalah zat besi yang sangat bermanfaat untuk membangun sel darah merah. Manfaat jantung pisang lain yang mungkin tidak terduga adalah untuk mencegah kanker.

Jantung pisang sangat populer di negara kita. Pemanfaatan jantung pisang yang paling populer di Indonesia adalah diolah menjadi sayur dengan kuah santan. Sejauh ini belum ada efek samping yang ditemukan setelah mengonsumsi jantung pisang secara rutin. Jadi, jantung pisang bisa menjadi bahan makanan sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Bagikan: