10 Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Anda mungkin suka menikmati kopi hitam di pagi hari untuk membantu Anda mengisi energi dan bersiap-siap menjalani hari. Tetapi seberapa banyak Anda mengetahui manfaat kopi hitam yang sesungguhnya serta apa saja efek sampingnya?

Bagi kebanyakan orang dewasa, minum kopi hitam lebih dari sekedar minuman pengantar pagi. Kopi hitam sudah selayaknya seperti bahan bakar yang akan membuat baterai tubuh mereka tetap terisi.

Manfaat Kopi Hitam
Berbagai manfaat kopi hitam

Sebelum kita melanjutkan, hal yang akan ditekankan disini adalah; kopi hitam hanyalah kopi yang diseduh tanpa bahan tambahan seperti gula, susu, krim, atau perasa tambahan. Meskipun memiliki rasa yang pahit, banyak orang menyukai secangkir kopi hitam yang kental. Faktanya, bagi sebagian orang, itu adalah gaya hidup dan bagian dari konsumsi harian mereka.

Nilai Gizi Kopi Hitam

Nilai gizi kopi hitam murni tanpa tambahan apapun dengan berat 8 ons mengandung:

  • 4% kalium
  • 0% lemak
  • 0% kolesterol
  • 0% natrium
  • 0% gula
  • 0% karbohidrat
  • Vitamin B2
  • Kafein
  • Magnesium
  • Kalori: 2 gram
  • Protein: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Sodium: 5 miligram
  • Kafein: 96 miligram

Seperti yang bisa Anda lihat sendiri, kopi hitam murni tidak mengandung kalori, lemak, atau kolesterol. Jika Anda menyukai kopi hitam, Anda mungkin akan merasa senang mengetahui bahwa minuman tersebut menawarkan banyak manfaat untuk tubuh maupun pikiran. Mari kita membahas manfaat kopi hitam secara detail berikut ini.

Manfaat Kopi Hitam

1. Kaya Antioksidan

Manfaat kopi hitam kaya antioksidan
Kopi hitam kaya akan antioksidan

Kopi hitam murni diketahui kaya akan antioksidan. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam kopi hitam yaitu kalium, magnesium, Vitamin B2, B3 dan B5, serta mangan. Senyawa antioksidan dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan yang serius seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker

Manfaat kopi hitam murni yang berikutnya adalah membantu mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa kopi hitam murni tanpa campuran apapun dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria hingga 20 persen dan kanker endometrium pada wanita sebesar 25 persen. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat mencegah perkembangan karsinoma sel basal, jenis kanker kulit yang paling umum.

3. Meningkatkan Kinerja Fisik

Minum secangkir kopi hitam sekitar satu jam sebelum latihan fisik atau mengawali hari untuk berkerja dapat meningkatkan kinerja fisik hingga 11-12 persen. Kafein meningkatkan kadar adrenalin dalam darah Anda. Adrenalin adalah hormon dalam tubuh yang membantu mempersiapkan dan meningkatkan aktivitas fisik.

4. Menstimulasi Sistem Saraf

Manfaat kopi hitam yang berikutnya adalah membantu menstimulasi sistem saraf. Kandungan kafein dalam kopi akan menstimulasi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin, yang meningkatkan dan menjaga suasana hati selalu dalam keadaan yang baik.

5. Melindungi Otak

Kopi hitam dikenal bagus untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, keterampilan kognitif kita akan terpengaruh dan kita berpotensi mengembangkan penyakit terkait ingatan seperti penyakit Alzheimer, Demensia, dan Parkinson.

Minum kopi hitam murni secara teratur dapat membantu meminimalisir dengan menjaga otak tetap bugar dan sehat. Hal ini membuat saraf selalu aktif sehingga meningkatkan fungsi otak.

6. Meningkatkan Kesehatan Hati

Salah satu manfaat kopi hitam terpenting yang lainnya adalah meningkatkan kesehatan hati. Hati adalah organ vital dalam tubuh yang menjalankan banyak fungsi. Asupan kopi hitam secara teratur telah dikaitkan dengan pencegahan kanker hati, perlemakan hati, hepatitis, serta sirosis alkoholik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi hitam setiap hari memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan segala jenis penyakit hati. Ini karena kandungan kopi hitam dapat membantu menurunkan tingkat enzim hati berbahaya yang terdapat di dalam darah.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam murni cocok bagi pendamping program diet penurunan berat badan. Kopi hitam membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga sekitar 50 persen.

Manfaat Kopi Hitam
Manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan (Michael C)

Kopi hitam juga akan membantu membakar lemak di perut. Selain itu, kopi hitam juga akan merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Selain itu, kopi hitam mengandung magnesium dan potasium, yang membantu tubuh manusia menggunakan insulin, mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan untuk makan camilan terutama yang manis.

8. Mengurangi Resiko Diabates

Manfaat kopi hitam yang berikutnya adalah membantu mengurangi resiko terkena diabetes. Orang yang minum kopi hitam secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 . Diabetes tipe 2 kebanyakan menyerang orang dewasa.

Diabetes tipe 2 berkembang ketika tubuh seseorang tidak dapat menggunakan insulin untuk mendapatkan glukosa (gula) ke dalam sel, sehingga gula menumpuk di dalam darah.

9. Mencegah Obesitas

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengelola berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa Anda membakar lebih banyak kalori saat mengonsumsi kopi secara teratur sepanjang hari. Kopi juga membantu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak, terutama saat Anda berolahraga.

10. Menjaga Perut Bersih

Manfaat kopi hitam yang berikutnya adalah membantu perut bersih. Karena kopi adalah minuman diuretik, semakin banyak diminum, semakin sering Anda akan buang air kecil, karena itulah peluang untuk mengeluarkan bakteri dan racun dari tubuh kita semakin besar. Tentu saja ini akan membantu menjaga perut tetap bersih dan sehat.

Manfaat kopi hitam untuk kesehatan
Kopi hitam murni sangat baik untuk kesehatan Anda (onlyyouqj)

Efek Samping Kopi Hitam

Awas, meskipun minum kopi hitam murni memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, ada beberapa efek samping yang akan timbul jika Anda berlebihan.

Insomnia

Jumlah maksimum kafein yang direkomendasikan masuk ke dalam tubuh adalah 400 miligram (kira-kira jumlah yang akan Anda dapatkan dari 4 cangkir kopi). Jika Anda sensitif terhadap kafein, berhati-hatilah dengan kopi. Jika tubuh kita terlalu banyak kemasukan kafein melebihi batas, maka resiko insomnia dan kegelisahan akan mengintai.

Kopi Bisa Membunuhmu

Jika Anda minum 80 hingga 100 cangkir (23 liter) kopi dalam waktu yang singkat, dosis ini akan mematikan dan akan memasukkan 10 hingga 13 gram kafein ke dalam tubuh. Resiko paling ringan mungkin Anda akan muntah dan resiko terburuk adalah kematian.

10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit supaya tetap sehat. Apa saja manfaat kopi untuk wajah dan kulit?
www.anekamanfaat.com

Racun

Kopi dengan kualitas buruk akan menjadi racun dalam tubuh. Kopi berkualitas buruk mengandung banyak kotoran di dalamnya yang dapat menyebabkan penyakit seperti sakit kepala atau perasaan gelisah. Hal ini dapat terjadi jika kopi Anda dibuat dari biji yang telah rusak. Bahkan satu biji yang rusak bisa membuat 1 cangkir kopi Anda beracun.

Stres

Konsumsi kopi hitam yang berlebihan dapat menyebabkan pelepasan hormon stres tingkat tinggi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan stres serta kecemasan dan Anda mungkin juga merasa gugup dan gelisah setelah minum terlalu banyak kopi hitam.

Takaran Ideal

Jumlah takaran untuk 1 cangkir kopi hitam yang ideal adalah sekitar 8 ons. Dalam 1 porsi ini ada sekitar 96 miligram kafein. Jangan mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari. Hindari minum lebih dari 4 cangkir kopi hitam setiap hari.

11 Manfaat Putih Telur dan Efek Sampingnya
Putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tahukah Anda bahwa bagian putih telur memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat? Apa saja manfaat putih telur?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Manfaat kopi hitam murni tanpa campuran apapun terbukti sangat baik bagi tubuh manusia jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Kopi hitam dapat mencegah penyakit serius, menjaga kesehatan mental dan bahkan membantu Anda menurunkan berat badan.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: