10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit

Anekamanfaat.com – Menikmati minuman kopi panas di saat cuaca dingin memiliki kenikmatan tersendiri. Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit wajah. Apa saja manfaat kopi untuk wajah?

Kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga memiliki reputasi sebagai perawatan alternatif untuk kulit. Kopi mengandung antioksidan termasuk kandungan fenol yang akan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Manfaat Kopi untuk Wajah
Berbagai manfaat kopi untuk wajah (valeria_aksakova)

Untuk memanfaatkan kopi sebagai perawatan wajah, Anda bisa menggunakannya sebagai masker, lulur, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa senyawa dalam kopi memiliki kekuatan untuk melindungi, mempercantik, dan menghaluskan kulit. Ketika dioleskan ke kulit Anda, kopi juga dapat meningkatkan sirkulasi dan membuat kulit bercahaya.

Manfaat Kopi untuk Wajah

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kopi untuk wajah yang pertama adalah untuk membantu mencegah penuaan dini. Kopi bekerja baik sebagai antioksidan dan eksfoliator. Ditambah dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri dan Anda memiliki senjata ampuh melawan penuaan kulit wajah.

Kopi dikenal bisa mengurangi kerusakan kulit akibat sengatan matahari, kemerahan, dan garis halus. Merawat wajah dengan rutin mengoleskan kopi pada wajah akan membantu Anda melawan penuaan dini.

2. Basmi Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Bagi Anda orang yang sibuk dan kurang istirahat, salah satu efek buruknya adalah akan muncul lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda). Cobalah relaksasi perawatan wajah dengan kopi. Kafein memainkan peran penting dalam membantu menguranginya.

Kafein akan melebarkan pembuluh darah, sehingga mendorong aliran darah lebih baik. Aliran darah yang lebih baik bisa menjadi obat untuk pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam.

Manfaat Kopi untuk Wajah
Menggunakan lulur kopi di wajah (user18526052)

Selain membantu mengurangi lingkaran hitam dari dalam (diminum), Anda juga bisa mengoleskan serbuk kopi pada wajah (dalam bentuk pasta) terutama di bagian sekitar mata secara rutin agar lingkaran hitam semakin memudar.

Berikut ini cara mudah membuat scrub atau pasta sebagai bahan masker kopi:

  • Campur ½ sendok teh bubuk kopi dengan beberapa tetes air dan tambahkan sedikit minyak zaitun.
  • Saat campuran memiliki konsistensi yang tepat, aplikasikan di bawah mata Anda. Letakkan dengan lembut di posisinya, jangan digosok.
  • Biarkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Cuci bersih dengan air dingin dan lap dengan kain lembut.
  • Ulangi proses ini beberapa kali setiap hari.

3. Mengatasi Selulit

Saat dioleskan pada kulit, kopi dapat meningkatkan kelancaran aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah. Prosesnya adalah; kafein akan diserap oleh kulit yang mendorong pembuluh darah di dekat permukaan kulit untuk membesar. Aliran darah yang lancar akan membantu mengurangi selulit agar tidak muncul di kulit.

4. Melawan Jerawat

Manfaat kopi untuk wajah yang berikutnya adalah untuk membantu mengatasi jerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri. Penggunaan masker pasta kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya.

Manfaat Kopi untuk Wajah
Kopi untuk membantu merawat kulit wajah (freepik)

Asam klorogenat dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Berkombinasi dengan pengelupasan alami dari bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat membantu melawan jerawat.

5. Angkat Kulit Mati

Karena sifatnya yang agak kasar, kopi merupakan eksfoliator (proses mengangkat sel-sel kulit mati) yang sangat baik. Butiran kopi yang sudah digiling ini membantu mengelupaskan sel kulit mati dan membantu merangsang drainase getah bening serta. Kombinasi ini bermanfaat untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan racun.

6. Mencegah Sunburn

Manfaat kopi untuk wajah yang berikutnya adalah untuk meredakan sunburn. Menggunakan pasta bubuk kopi pada wajah setelah terpapar terik sinar matahari akan membantu kulit wajah terhindar dari “terbakar” atau sunburn .

Olahan bubuk kopi akan membantu “menenangkan” kulit wajah dari efek yang ditimbulkan paparan sinar matahari yang berlebihan seperti kemerahan hingga bengkak.

7. Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat kopi untuk wajah yang berikutnya adalah untuk meredakan mata bengkak karena kelelahan. Pijat wajah dengan lulur kopi secara lembut di sekitar area mata Anda untuk meredakan area sekitar mata yang lelah dan bengkak secara efektif.

Kandungan kafein yang ada dalam kopi membatasi pembuluh darah dan scrub bertindak sebagai stimulan yang merelaksasikan area mata yang lelah.

Manfaat Cacing Tanah Dalam Berbagai Aspek
Di balik penampilannya yang mungkin terlihat menjijikkan bagi sebagian orang, cacing tanah memberikan beberapa manfaat . Apa saja manfaat cacing tanah?
www.anekamanfaat.com

8. Wajah Bercahaya

Manfaat kopi untuk wajah yang berikutnya adalah untuk membantu mendapatkan wajah lebih bercahaya. Apakah Anda ingin memiliki kulit yang cerah dan bercahaya? Jika iya, oleskan lulur kopi di wajah Anda dan biarkan selama 10 hingga 15 menit dan setelah itu bilas dengan air hangat.

Lulur kopi ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit bercahaya karena kopi adalah sumber anti-oksidan yang sangat efektif.

9. Menghaluskan Bibir

Bibir Anda kering dan Anda ingin memiliki bibir yang halus dan lembut? Gunakan perawatan dengan lulur kopi. Caranya sangat mudah. Campur bubuk kopi dengan minyak kelapa dan oleskan serta pijat yang lembut di bibir.

10. Membasmi Komedo

Manfaat kopi untuk wajah yang berikutnya adalah untuk membasmi komedo. Karena memiliki sifat sebagai eksfoliator, menggunakan lulur kopi secara rutin pada wajah akan membantu membersihkan komedo di kulit hidung.

Kopi akan membantu membersihkan pori-pori bila digunakan secara teratur. Hasilnya akan mengencangkan pori-pori Anda dan membuat kulit Anda terlihat halus.

Cara Mudah Membuat Lulur Kopi

Untuk membuat lulur dari bubuk kopi sangat mudah. Gunakan ramuan berikut ini secara rutin pada kulit wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama (tidak masalah meski tanpa minyak zaitun).
  • Oleskan dan pijat lembut ke wajah Anda dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan masker selama 15 hingga 60 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali seminggu.
Manfaat Baby Oil Untuk Wajah dan Efek Sampingnya
Baby oil banyak dimanfaatkan orang yang sudah dewasa untuk merawat kulit terutama kulit wajah. Tapi apakah memang benar ada manfaat baby oil untuk wajah?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Kopi adalah produk multi fungsi yang berpotensi menawarkan berbagai manfaat untuk perawatan kulit. Untuk mendapatkan berbagai manfaat kopi untuk wajah dan kulit seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda hanya perlu melakukan perawatan mandiri dengan rutin menggunakan lulur kopi.

Sejauh ini belum ada laporan negatif atau efek buruk ketika menerapkan gaya hidup sehat dengan menggunakan lulur kopi sebagai bahan perawatan wajah dan kulit. Semoga bermanfaat.

Bagikan: