11 Manfaat Kubis dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Kubis adalah sayuran yang sudah sangat populer. Kubis memiliki kandungan nutrisi, termasuk mineral dan vitamin penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, tidak layak rasanya kalau kita belum mengulas berbagai manfaat kubis.

Kubis hadir dalam berbagai warna seperti ungu, merah, putih dan hijau. Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa kubis memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membantu dalam pengobatan peradangan dan kanker.

Kubis terdiri dari beberapa lapisan daun bagian dalam yang lembut, hijau muda atau keputihan yang ditutupi dengan daun bagian luar yang lebih keras dan hijau tua.

Manfaat Kubis
Manfaat kubis dan efek sampingnya (mrsiraphol)

Kubis masih terbagi menjadi beberapa jenis, yang sangat populer yaitu:

  • Kubis hijau
  • Bok choy
  • Choy sum
  • Kubis napa
  • Kubis savoy
  • Kubis merah.

Fakta Gizi Kubis

Sayuran kubis mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu kolin, beta-karoten, lutein, dan quercetin. Dalam 100 gram sayur kubis mengandung:

  • Kalori: 25
  • Lemak total: 0,1 gram
  • Sodium: 18 mg
  • Kalium: 170 mg
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Vitamin A: 1% dari AKG harian
  • Kalsium: 0,04 gram
  • Vitamin C: 60% dari AKG harian
  • Besi: 2% dari AKG harian
  • Vitamin B-6 dari AKG harian
  • Magnesium: 3% dari AKG harian.

Keterangan: AKG (Angka Kecukupan Gizi).

Manfaat Kubis

1. Menyehatkan Jantung

Kubis merah kaya akan antosianin. Senyawa ini yang membuat kubis ini berwarna warna. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antosianin berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung [1]. Asupan antosianin yang tinggi juga dapat mengurangi risiko infark miokard pada wanita.

Dikutip dari Wikipedia, infark miokard adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati [2].

Manfaat Kubis
Kubis sangat bermanfaat untuk menyehatkan jantung (topntp26)

Antosianin ini juga dapat menurunkan kekakuan arteri, yang berpotensi menurunkan tekanan darah. Sauerkraut (olahan kubis yang difermentasi), juga akan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Diyakini bahwa asinan kubis menetralkan flora usus. Kubis merah juga melindungi jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Menyehatkan Kulit

Manfaat kubis yang berikutnya adalah membantu menyehatkan kulit. Kubis bisa digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit (terutama kubis merah). Kubis kaya akan vitamin C yang memiliki efek anti-penuaan yang luar biasa dan membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Jus kubis mengandung Vitamin A yang bekerja sama dengan Vitamin D untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat serta melindungi sel kulit dari kerusakan oleh sinar ultraviolet.

3. Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa kubis dapat membantu melawan kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan jenis kanker lainnya. Hal ini dikarenakan kubis mengandung senyawa anti-kanker yang disebut isothiocyanates (bahan kimia yang memperkuat sistem detoksifikasi alami tubuh).

Seperti semua sayuran hasil persilangan, kubis mengandung fitokimia yang dapat membantu menghilangkan senyawa kanker dari tubuh, membersihkan radikal bebas dan membunuh sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat anti-kanker dari kubis, jangan memasaknya dengan cara direbus (karena merebus menghilangkan sebagian besar fitonutriennya). Cara terbaik adalah dengan menumis, mengukus, dan bahkan memanggangnya.

10 Manfaat Kentang Rebus yang Luar Biasa
Salah satu diet sehat yang populer adalah dengan rutin mengonsumsi kentang yang direbus. Tahukah kamu berbagai manfaat kentang rebus yang sangat luar biasa?
www.anekamanfaat.com

4. Menjaga dan Meningkatkan Imunitas

Kubis adalah sumber vitamin C yang sudah terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Ketika tubuh kekurangan vitamin C, maka tubuh memiliki daya tahan yang lebih rendah terhadap patogen yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Secara sederhana, vitamin C menghilangkan radikal bebas yang dapat membuat Anda terhindar dari penyakit apa pun.

5. Kesehatan Pencernaan

Kimchi (makanan fermentasi lain yang dibuat dari kubis), dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kimchi kaya akan probiotik dan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara yang mirip dengan yogurt dan produk susu lainnya.

Kimchi mencegah sembelit dan juga meningkatkan kesehatan kolorektal. Kubis juga kaya akan serat yang akan membantu menambah massa pada tinja dan meningkatkan keteraturan serta mempromosikan bakteri ramah usus [3].

Manfaat Kubis
Kubis bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan (freepik)

6. Mengatasi Peradangan

Manfaat kubis yang sangat luar biasa berikutnya adalah untuk membantu mengatasi masalah peradangan. Sebenarnya peradangan itu sendiri tidak buruk selama dalam batas yang normal. Yang berbahaya adalah peradangan kronis.

Sayuran kucifer (kol, brokoli, kubis Brussel, kol bunga, kembang kol, bok choy, lobak, dan kale) sangat bermanfaat untuk melawan peradangan yang kronis.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi sayuran kucifer menunjukkan tingkat peradangan terendah [4]. Penelitian menemukan bahwa antioksidan yang disebut sulforaphane yang ada dalam sayuran kucifer yang bisa mengurangi peradangan kronis.

Sulforaphane juga dapat memperlambat kerusakan tulang rawan pada persendian. Dalam penelitian lain, daun pembungkus kubis sangat bermanfaat untuk membantu meredakan radang lutut pada penderita osteoartritis [5].

Daun kubis juga direkomendasikan untuk mereka yang menderita osteoartritis lutut (meskipun penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan).

Fitokimia dalam kubis juga dapat membantu melawan masalah kesehatan yang berkaitan dengan peradangan, termasuk kanker dan penyakit arteri koroner (penyumbatan arteri).

7. Menurunkan Berat Badan

Kubis cocok untuk Anda yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Kubis adalah makanan yang sangat perlu untuk ditambahkan ke program diet penurunan berat badan karena sayuran ini sangat rendah kalori.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam membantu menurunkan berat badan, buatlah sup kubis dan konsumsilah setidaknya sekali sehari dan Anda bisa mengalahkan rasa lapar hanya dengan mengonsumsi sup ini.

Sup kubis akan membantu mengurangi rasa lapar dan menjaga nafsu makan tetap terkendali. Karena kubis yang rendah kalori, mereka tidak akan menaikkan berat badan, malah akan membantu pencernaan tetap dalam kondisi yang sehat.

8. Mengurangi Resiko Diabetes

Kubis merah memiliki sifat antihiperglikemik, yang dapat mengurangi risiko nefropati diabetes. Ekstrak kubis merah juga berpotensi dalam mengurangi diabetes dan komplikasi vaskularnya. Antosianin dalam kubis juga bisa berperan dalam mengobati (dan bahkan mencegah) diabetes [6].

Manfaat Kubis
Kubis bermanfaat menurunkan resiko diabetes (prostooleh)

9. Menjaga Otak

Manfaat kubis berikutnya yang sangat luar biasa adalah membantu menjaga kesehatan otak terutama daya ingatnya karena kubis kaya akan vitamin K dan antosianin. Vitamin K yang ada dalam kubis membantu memproduksi sfingolipid yang merupakan selubung mielin di sekitar saraf dan yang melindunginya dari kerusakan dan pembusukan.

Oleh karena itu, asupan vitamin K yang cukup akan membantu meningkatkan pertahanan otak terhadap masalah degenerasi saraf, penyakit Alzheimer, dan demensia.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Makan kubis bisa membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko gangguan jantung. Ini karena kubis mengandung potasium yang merupakan vasodilator dan membantu membuka pembuluh darah dan memperlancar aliran darah.

11. Menyehatkan Mata

Lutein dalam kubis berkontribusi pada kesehatan penglihatan. Lutein (bersama dengan antioksidan lain yang disebut zeaxanthin) melindungi retina dan lensa dari sinar ultraviolet.

Kubis juga mengandung sejumlah kecil zeaxanthin dan juga mengandung vitamin C, nutrisi lain yang akan membantu penglihatan. Ini dapat meregenerasi vitamin E di dalam mata, yang merupakan antioksidan penting untuk kesehatan penglihatan.

7 Manfaat Goji Berry dan Efek Sampingnya
Goji berry adalah buah kecil berwarna merah dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun sebagai ramuan obat herbal. Apa saja manfaat goji berry ?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Kubis

Meskipun manfaat kubis sangat banyak, namun ada pantangan bagi orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah (karena alasan medis tertentu).

Kandungan vitamin K (yang ada dalam kubis) memainkan peranan penting dalam pembekuan darah. Selain itu, kubis juga dapat mengganggu hormon tiroid. Jika Anda menderita hipotiroidisme, kurangi (atau bahkan hindari) kubis. Oleh karena itu berkonsultasilah dengan dokter spesialis jika ingin mengonsumsi kubis.

Kesimpulan

Kubis adalah makanan sehat padat gizi dengan profil nutrisi yang kuat. Makan kubis dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, melawan peradangan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, waspadai efek sampingnya. Jika Anda mengalami hipotiroidisme, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi kubis.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: