8 Manfaat Kulit Jeruk dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Jeruk adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa bagian kulitnya juga memiliki berbagai nutrisi? Jika benar, apa saja manfaat kulit jeruk?

Seperti yang kita ketahui bersama, jeruk memang kaya akan vitamin C, namun bagian kulitnya ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang di luar dugaan. Kulit jeruk kaya akan serat, vitamin C, folat, vitamin B6, kalsium, dan nutrisi penting lainnya.

Berbagai manfaat kulit jeruk
Berbagai manfaat kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung banyak polifenol yang melindungi dari beberapa penyakit. Kulit memiliki sifat anti-kanker, karena adanya limonene, bahan kimia alami. Dan minyak esensial yang ada di kulitnya memiliki sifat anti-inflamasi yang meningkatkan kekuatan kekebalan Anda.

Bisakah Kulit Jeruk Dimakan?

Tapi pertanyaannya adalah; apakah kulit jeruk bisa dimakan? Jawabannya bisa namun dengan berbagai hal yang harus diwaspadai dan dipahami.

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum mengkonsumsi kulit jeruk Jika Anda ingin memasukkan kulit jeruk ke dalam makanan adalah berhati-hatilah saat memilih jeruk. Cobalah untuk menemukan jeruk yang berair dan segar serta pilih varian organik.

Cuci jeruk dengan benar dengan air panas untuk menghilangkan pestisida berbahaya sebelum dikonsumsi. Kulit jeruk memiliki tekstur yang cukup keras sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat dikonsumsi maupun saat dicerna.

Bagaimana Cara Makan Kulit Jeruk?

Kulit jeruk dapat dikonsumsi langsung dengan mencuci dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan tipis. Untuk menghindari rasa pahit, Anda bisa menambahkan sedikit pemanis atau mencampurnya dengan salad buah. Anda juga dapat menambahkan beberapa potongan kulit jeruk tipis ke dalam smoothie dan shake Anda.

Cara terbaik dan paling umum untuk menambahkan kulit jeruk ke dalam makanan Anda adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk yang sudah dimasak. Kulit jeruk atau selai jeruk adalah cara yang enak untuk mendapatkan semua manfaat nutrisi dari kulit jeruk. Alternatif lain adalah dengan cara menambahkan sedikit kulit jeruk ke yogurt, oatmeal, muffin, dan saus salad.

Apa saja manfaat kulit jeruk terutama untuk tubuh manusia?

Manfaat Kulit Jeruk

1. Anti Alergi

Manfaat kulit jeruk yang pertama adalah sebagai sumber anti alergi. Kulit jeruk memiliki kandungan yang mencegah pelepasan histamin. Histamin adalah bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi.

Manfaat Kulit Jeruk
Manfaat kulit jeruk untuk mengatasi alergi

Sifat pencegahan pelepasan histamin yang dimiliki kulit jeruk menjadikannya bahan makanan yang berpotensi sebagai anti alergi yang akan membantu mengurangi masalah alergi seperti bersin dan pilek.

2. Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung hesperidin, flavonoid yang membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol. Flavon polimetoksilasi (PMF) yang ditemukan dalam kulit jeruk juga berpotensi membantu menurunkan kolesterol lebih efektif daripada obat-obatan.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BioMed Research International, karena sifat farmakologisnya yang luas, flavonoid di kulit jeruk menunjukkan efek perlindungan polimetoksiflavon (PMF) terhadap terjadinya kanker.

PMF menghambat karsinogenesis dengan mekanisme seperti memblokir kaskade metastasis, penghambatan mobilitas sel kanker dalam sistem peredaran darah, proapoptosis, dan antiangiogenesis.

4. Kesehatan Sistem Pernafasan

Manfaat kulit jeruk yang berikutnya adalah menurunkan resiko terkena kanker paru-paru. Makan makanan yang mengandung beta-cryptoxanthin terbukti menurunkan peluang Anda terkena kanker paru-paru secara signifikan.

Kulit jeruk dan jeruk sama-sama diketahui mengandung banyak zat ini. Makanan kaya crytpoxanthin menunjukkan penurunan 27% risiko terkena kanker paru.

5. Diet

Salah satu alasan utama mengapa orang tidak menyukai kulit jeruk adalah karena rasanya yang pahit, tapi meski rasanya pahit, ternyata kulit jeruk berfungsi sebagai “bantuan” dalam proses penurunan berat badan yang sangat baik.

Kulit jeruk mengandung banyak serat serta rendah kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga akan memberikan efek anti-obesitas dengan menekan penambahan berat badan oleh tubuh dan pembentukan jaringan adiposa.

6. Kesehatan Pencernaan

Manfaat kulit jeruk yang berikutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kulit jeruk adalah sumber polisakarida yang tidak larut (jenis serat makanan) seperti pektin, tanin dan hemi-selulosa.

Manfaat Kulit Jeruk
Manfaat kulit jeruk untuk pencernaan (stockking)

Senyawa ini mencegah sembelit dengan meningkatkan curah dan mengurangi waktu kontak makanan dengan usus. Hal ini juga berperan aktif dalam mengurangi keasaman (masalah gas) dan mencegah muntah dan mulas.

7. Kesehatan Mulut dan Gigi

Anda punya masalah dengan bau mulut? Kunyah kulit jeruk sebagai pengganti permen karet atau penyegar mulut untuk menghilangkan bau busuk secara alami.

Kulit jeruk juga efektif dan murah untuk memutihkan gigi yang kotor karena noda kopi atau teh dan mencegah gigi sensitif. Anda bisa menggosok bagian dalam kulit jeruk atau mengoleskan pasta pada gigi untuk memutihkannya secara alami.

12 Manfaat Buah Kiwi dan Efek Sampingnya
Kiwi adalah buah kecil dengan daging buah berwarna hijau yang manis. Kiwi mengandung berbagai macam nutrisi. Apa saja manfaat buah kiwi untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

8. Pemutih Kulit

Salah satu manfaat kulit jeruk yang tidak terduga adalah sebagai bahan pemutih kulit yang alami. Vitamin C yang terdapat dalam kulit jeruk berfungsi sebagai pemutih alami yang efektif dan aman untuk kulit. Ekstrak kulitnya, bila dioleskan dengan dadih (susu fermentasi tradisional) dapat memudarkan noda gelap pada kulit.

Anda juga bisa menggosok kulitnya langsung pada kulit atau menggunakan pasta yang diencerkan untuk mencegah kulit terbakar. Selain itu, kulit jeruk juga membantu mengencangkan kulit, melindungi dari sinar matahari yang berbahaya dan membersihkan pori-pori secara alami.

Efek Samping

Kulit jeruk berpotensi mengandung pestisida. Pestisida sering digunakan pada buah seperti jeruk untuk membantu melindungi dari jamur dan serangga. Banyak penelitian mengaitkan pestisida dengan efek kesehatan negatif, termasuk peningkatan risiko kanker dan disfungsi hormon. Disarankan untuk mencuci jeruk dengan air panas untuk mengurangi jumlah pestisida.

Hal lain adalah kulit jeruk bisa saja sulit dicerna. Karena teksturnya yang keras dan kandungan seratnya yang tinggi. Akibatnya, jika memakannya dengan potongan yang besar bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut, seperti kram atau kembung.

10 Manfaat Kulit Pisang dan Efek Sampingnya
Pisang adalah buah yang sehat, enak, mengenyangkan dan bahkan kulitnya pun sangat berguna sehingga memberikan beberapa manfaat. Apa saja manfaat kulit pisang?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Mungkin saja terlihat sepele, namun ternyata banyak juga manfaat kulit jeruk terutama untuk kesehatan tubuh. Namun tantangannya adalah kulit jeruk memiliki tekstur tebal dan rasanya yang pahit seringkali membuat kurang berselera untuk mengkonsumsinya. Tidak perlu memaksakan diri jika memang kurang berminat karena masih sangat enak langsung menikmati buahnya saja.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: