10 Manfaat Kulit Pisang dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Pisang adalah buah yang sehat, enak dan mengenyangkan. Dan yang lebih mengejutkan, tidak hanya bagian daging pisangnya saja yang memberikan manfaat, bahkan kulitnya pun sangat bermanfaat. Apa saja manfaat kulit pisang?

Meski terlihat sepele dan selalu dibuang ketika kita selesai menikmati pisang, daun pisang bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang menguntungkan. Kulit pisang diketahui mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalium, serat makanan, lemak tak jenuh ganda, dan asam amino esensial.

Manfaat Kulit Pisang
Berbagai manfaat kulit pisang

Kandungan Nutrisi Kulit Pisang

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada di kulit pisang:

  • Vitamin B6.
  • Vitamin B12.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Serat.
  • Protein.

Karena mengandung nutrisi, apakah kulit pisang bisa dimakan? Jawabannya adalah bisa. Kulit pisang lebih keras dan lebih pahit. Namun semakin matang pisang, kulit pisang akan semakin manis dan lembut. Dengan kita memakan kulitnya akan memberikan keuntungan lebih bagi alam yaitu mengurangi limbah makanan.

Kulit pisang tidak hanya memberikan manfaat dengan nutrisinya, kulit pisang juga bisa digunakan dalam beberapa hal seperti bahan herbal dan perawatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang yang luar biasa.

Manfaat Kulit Pisang

1. Memutihkan Gigi

Manfaat kulit pisang yang pertama adalah untuk memutihkan gigi. Menggosok kulit pisang pada gigi sangat baik untuk gigi dan gusi Anda.

Kulit pisang telah menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri Actinobacillus actinomycetemcomitans dan Porphyromonas gingivalis.

Manfaat Kulit Pisang
Kulit pisang untuk memutihkan gigi (Racool_studio)

Kedua bakteri ini berkontribusi pada penyakit periodontal seperti gingivitis dan periodontitis. Jika Anda melakukan ini setiap hari selama seminggu akan dapat memutihkan gigi Anda.

2. Merawat Kulit

Jika Anda ingin menjaga kesehatan kulit, pertimbangkan untuk menggunakan kulit pisang. Apa yang bisa ditawarkan oleh kulit pisang untuk merawat kulit kita?

  • Mengoleskan kulit pisang secara rutin pada kulit wajah akan mengurangi kerutan.
  • Oleskan kulit pisang di jerawat untuk membantu memudarkannya.
  • Membantu memberikan kelembapan pada kulit jika Anda rajin mengoleskannya ke kulit.
  • Jika Anda mengalami radang atau ruam di kulit, oleskan kulit pisang pada bagian yang mengalami radang untuk melembabkan dan menghilangkan rasa gatal.

3. Pengobatan

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk mengobati dan memberikan pertolongan pertama pada beberapa kondisi berikut:

  • Mengobati gigitan serangga dan nyamuk. Pijat bagian kulit yang digigit nyamuk dengan kulit pisang untuk menghilangkan rasa gatal dan nyeri secara instan.
  • Mengeluarkan serpihan di dalam kulit. Jika Anda mengalami kondisi dimana kulit kemasukan serpihan kayu atau apapun yang kecil, taruh saja kulit pisang pada bagian tersebut dalam beberapa menit dan serpihan itu nantinya akan tertarik keluar.
  • Mengoleskan kulit pisang pada bagian tubuh yang mengalami nyeri akan membantu meredakannya. Akan lebih manjur jika pada bagian yang nyeri dioles dengan minyak sayur terlebih dahulu sebelum dioleh kulit pisang.

4. Pembersihan

Manfaat kulit pisang yang berikutnya adalah bisa digunakan untuk membersihkan barang seperti sepatu kulit dan barang-barang yang terbuat dari perak. Jika Anda hobi berkebun atau menanam tanaman hias, kulit pisang bisa juga digunakan untuk membersihkan daun tanaman hias.

10 Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya
Biji pepaya ternyata mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu mengobati beberapa masalah kesehatan. Apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan manusia?
www.anekamanfaat.com

5. Makanan

Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa masakan dan jajanan. Apa dan bagaimana cara mengonsumsi kulit pisang?

  • Anda suka smoothie buah? Mengiris kulit pisang menjadi bagian kecil-kecil yang cenderung halus dan mencampurkan pada smoothie buah akan memberikan tambahan nutrisi yang berguna.
  • Direbus dan diolah sebagai minuman seduh seperti teh.
  • Direbus dan kemudian diserut dengan sendok.
  • Digunakan sebagai topping es krim dalam bentuk karamel.

6. Berkebun

Manfaat kulit pisang yang berikutnya adalah sebagai bahan pendukung proses berkebun. Jika Anda suka berkebun, kulit pisang sangat memiliki manfaat seperti berikut ini:

  • Sebagai bahan pupuk kompos.
  • Menambahkannya ke tanah sebagai makanan cacing.
  • Mencegah kutu daun.

7. Kesehatan Rambut

Manfaat kulit pisang yang berikutnya adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Menggunakan olahan kulit pisang sebagai “masker” rambut akan membuat rambut Anda lebih lembut dan berkilau.

8. Kesehatan

Ramuan atau olahan kulit pisang banyak dimanfaatkan sebagai pendukung untuk menjaga kesehatan. Kulit pisang menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda tergantung pada tingkat kematangannya.

Pisang hijau yang kurang matang mungkin lebih efektif dalam mengatasi masalah pencernaan, sedangkan pisang yang matang dan menghitam terbukti membantu sel darah putih melawan penyakit dan infeksi.

Manfaat Kulit Pisang
Kulit pisang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan

Jika melihat nilai nutrisi yang ada pada kulit pisang, berikut ini beberapa manfaat kesehatan potensial dari kulit pisang:

√ Meredakan Depresi

Kandungan triptofan yang tinggi pada pisang, dikombinasikan dengan vitamin B6 pada kulit pisang, dapat membantu meredakan beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya.

Triptofan berubah menjadi serotonin saat rusak, yang dapat meningkatkan mood Anda. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang berdampak positif pada suasana hati dari waktu ke waktu.

√ Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan polifenol, karotenoid, dan antioksidan pada kulit pisang akan membantu melawan radikal bebas penyebab kanker di tubuh. Makan lebih banyak kulit pisang, terutama kulit hijau yang masih mentah, dapat meningkatkan kadar antioksidan Anda dan membantu mengurangi risiko kanker.

√ Menjaga Pencernaan

Manfaat kulit pisang yang berikutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kulit pisang kaya akan serat sehingga dapat membantu mengatur sistem pencernaan, meredakan sembelit dan diare.

√ Kesehatan Mata

Pisang dan juga bagian kulitnya sama-sama memiliki kandungan vitamin A yang banyak. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan mata Anda.

Manfaat Kulit Pisang
Kulit pisang mengandung vitamin A

Efek Samping dan Resiko

Anda harus hati-hati ketika akan memanfaatkan kulit pisang. Ada potensi kulit pisang akan terpapar oleh pestisida. Paparan pestisida telah dikaitkan dengan beberapa efek buruk pada kesehatan dan dapat meningkatkan risiko kondisi seperti autisme, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan demensia.

8 Manfaat Kulit Jeruk dan Efek Sampingnya
Jeruk sudah dikenal memiliki nutrisi dan vitamin. Tahukah Anda bahwa bagian kulitnya juga memiliki berbagai nutrisi? Jika benar, apa saja manfaat kulit jeruk?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Kulit pisang dapat dinikmati dengan berbagai cara unik. Kulit pisang mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, kalium, dan antioksidan. Dengan mengetahui beberapa manfaat kulit pisang yang sudah disebutkan di atas, apakah Anda masih berpikir untuk membuang kulitnya?

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: