10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Kulit dan Rambut

Anekamanfaat.com – Lidah buaya atau aloe vera dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta perawatan kecantikan. Melembabkan kulit dan memperbaiki rambut yang rusak adalah salah satu dari sekian banyak manfaat lidah buaya.

Lidah buaya memang dikenal luas karena manfaatnya terutama untuk perawatan kecantikan. Lidah buaya bekerja secara ajaib untuk kulit dan rambut serta sering kali menjadi bahan utama dalam banyak produk kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya
Berbagai manfaat lidah buaya (Racool_studio)

Gel alami di lidah buaya ini terasa lembut pada rambut dan kulit sekaligus melembabkan serta menutrisinya secara bersamaan. Lidah buaya juga dikenal dengan kekuatan penyembuhannya dan banyak digunakan sebagai obat untuk luka, luka bakar dan lecet serta bahal herbal lainnya.

Apa saja manfaat lidah buaya?

Manfaat Lidah Buaya

1. Merawat Kulit Kering

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit yang kering. Lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan dan pelembab serta merupakan pilihan ideal untuk kulit kering berkat kelembapannya yang sangat dibutuhkan.

Gunakan lidah buaya langsung pada kulit dan rasakan kesegaran proses hidrasi kulit secara instan. Jangan khawatir, kulit Anda tidak akan berminyak dengan cara ini karena lidah buaya akan meresap ke dalam kulit untuk memberikan hidrasi.

2. Mengurangi Rambut Rontok

Lidah buaya dikenal dapat mengurangi kerusakan rambut dan memperkuat akarnya. Aloe vera gel juga dikenal sebagai pelembab kulit kepala alami yang bagus serta membuat rambut halus dan lembab. Lidah buaya jika dioleskan pada kulit kepala akan membuatnya lembab dari dalam.

Akar yang terhidrasi dengan baik akan membuat rambut lebih elastis sehingga lebih sedikit mengalami kerusakan. Oleskan lidah buaya ke rambut Anda sebagai pelembab selama 30 menit dan setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin dan dapatkan rambut yang cerah dan kuat.

3. Menghilangkan Ketombe

Jika Anda memiliki masalah dengan ketombe, salah satu manfaat lidah buaya adalah membantu mengurangi dan bahkan menghilangkannya. Lidah buaya memiliki sifat anti jamur dan anti virus serta bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Karena lidah buaya bisa membantu menyembuhkan kulit kering, penggunaan lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit kepala dan mengendalikan masalah ketombe sampai batas tertentu.

Manfaat lidah buaya untuk menghilangkan ketombe
Manfaat lidah buaya untuk rambut

Oleskan dan pijat lidah buaya ke kulit kepala Anda dan diamkan selama 30 menit. Perawatan alami ini tidak memiliki efek samping dan juga baik untuk rambut Anda. Efeknya akan lebih manjur dengan cara gunakan lidah buaya yang dicampur dengan minyak pohon teh.

4. Rambut Berkilau

Tahukah Anda bahwa lidah buaya akan meningkatkan kilau rambut ? Berikut ini cara mudah untuk menambahkan lidah buaya ke dalam rutinitas perawatan rambut secara alami. Ketika Anda keramas, campurkan 1 sendok teh lidah buaya dengan sampo favorit Anda dan cuci seperti biasa.

Proses ini akan membuat rambut Anda dibersihkan sekaligus dilembabkan pada saat bersamaan dan jika dilakukan secara rutin akan mendapatkan kilau rambut yang indah.

5. Mengatasi Sunburn

Manfaat lidah buaya yang berikutnya adalah untuk mengobati masalah luka bakar terutama akibat paparan sinar matahari yang berlebihan (sunburn). Karena sifat pendinginan alami, lidah buaya merupakan bahan yang bagus untuk meredakan luka bakar akibat sinar matahari. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi dengan kandungan mineral dan antioksidan yang mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda mengalami sengatan matahari yang sangat kuat, oleskan lidah buaya dalam dosis besar agar kulit merasa “tenang” dan mendapatkan rasa dingin alami. Ini adalah cara praktis untuk menyembuhkan kemerahan dan ruam akibat kulit yang terbakar matahari.

11 Manfaat Ikan Tuna dan Efek Sampingnya
Ikan tuna adalah ikan air asin yang populer karena banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Apa sajakah manfaat ikan tuna jika kita rutin mengonsumsinya?
www.anekamanfaat.com

6. Mengatasi Kulit Kaki Retak

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kaki terutama seperti kulit tumit yang retak atau pecah, inilah salah satu manfaat lidah buaya untuk mengatasinya. Sifat penyembuhan dari lidah buaya bekerja untuk mengembalikan kekenyalan kulit seperti semula.

Manfaat lidah buaya untuk kulit
Manfaat lidah buaya untuk kulit (jcomp)

Oleskan lidah buaya secukupnya pada kulit kaki yang mengalami masalah kulit retak atau pecah-pecah. Oleskan dan pijat secara lembut dan pelan-pelan hingga terserap dan kemudian kenakan kaus kaki pada kaki Anda. Lebih manjur jika dilakukan secara rutin setiap malam ketika akan tidur.

7. Gel Cukur

Manfaat lidah buaya yang berikutnya adalah sebagai bahan alami gel cukur. Jika Anda rutin mencukur kumis, cambang dan bulu-bulu halus lain yang ada di kulit, gel lidah buaya bisa menjadi gel cukur alami yang murah dan aman. Bahan alami ini lembut di kulit dan akan memberikan hasil cukur yang halus sekaligus melembabkan kulit. Sifat antiseptiknya juga bagus untuk luka gores saat bercukur.

8. Eksfoliator Kulit

Eksfoliator kulit adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati sehingga lapisan kulit yang baru bisa menerima nutrisi dengan optimal. Salah satu manfaat lidah buaya adalah sebagai bahan alami untuk proses eksfoliator kulit.

Lidah buaya adalah bahan pembersih yang diperkaya dengan sifat antibakteri yang membersihkan kotoran dengan lembut. Sifat antiseptiknya melindungi kulit dari bakteri yang pada gilirannya mencegah jerawat dan infeksi kulit. Jika scrub biasa Anda sudah habis, Anda bisa mencoba gel lidah buaya yang dicampur dengan butiran gula untuk membantu proses pengelupasan kulit mati. Ini adalah cara alami dan lembut untuk mengelupaskan kulit mati.

9. Mengatasi Noda Kulit

Manfaat lidah buaya yang berikutnya adalah akan membantu mengatasi masalah noda yang ada di permukaan kulit. Flek hitam dan bekas jerawat bisa berdampak negatif pada harga diri. Sebelum menjalani perawatan mahal, kami sarankan untuk mencoba perawatan yang mudah ini terlebih dahulu. Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, astringen dan antiseptik.

Manfaat lidah buaya untuk wajah
Manfaat lidah buaya untuk wajah

Perpaduan sifat-sifat ini, bersama dengan kadar air yang tinggi, membuatnya efektif dalam mengurangi munculnya bekas luka dan noda. Selain itu juga akan membantu proses meningkatkan reproduksi kulit. Gunakan lidah buaya yang dicampur dengan jus lemon pada bekas luka dan bercak coklat pada kulit dan perhatikan noda tersebut perlahan akan memudar seiring waktu.

10. Menghapus Riasan

Gel lidah buaya juga bisa untuk menghapus riasan. Riasan mengandung banyak bahan kimia yang membuat kulit rusak jika tidak dibersihkan dengan benar. Ganti penghapus riasan biasa Anda dengan yang alami. Gel serbaguna ini dapat berfungsi ganda sebagai penghapus riasan Anda. Keuntungannya adalah alami, lembut dan bisa digunakan pada kulit sensitif.

Gunakan untuk menghilangkan riasan mata tanpa rasa takut. Ambil sedikit lidah buaya di atas kapas dan bersihkan riasan dari kulit. Untuk membersihkan riasan yang “bandel”, akan lebih efektif jika gel lidah buaya dicampur dengan minyak zaitun.

7 Manfaat Mandi Air Garam yang Luar Biasa
Garam memiliki kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia ketika dimanfaatkan sebagai bahan campuran ketika mandi. Apa saja manfaat mandi air garam?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, astringen dan antiseptik sehingga sangat bermanfaat digunakan sebagai bahan alami dalam proses perawatan kulit, rambut dan kecantikan. Karena banyak sekali manfaat lidah buaya yang luar biasa, sudah saatnya Anda mempersiapkan gel lidah buaya sebagai bahan kebutuhan harian.

Bagikan: