10 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

Anekamanfaat.com – Madu hitam merupakan salah satu jenis madu dari berbagai jenis madu lain yang ada. Madu hitam merupakan salah satu jenis madu yang berasal dari Indonesia. Sesuai namanya, madu ini berwarna hitam dengan rasa yang pahit. Apa saja manfaat madu hitam pahit ?

Rasa pahit madu hitam berasal dari nektar bunga pohon mahoni yang mengandung zat alkaloid tinggi yang berfungsi sebagai anti infeksi. Dikenal sebagai obat tradisional dan bahan herbal yang sangat mujarab menyembuhkan berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Madu Hitam Pahit
Berbagai manfaat madu hitam pahit (21food.com)

Madu hitam memiliki rasa yang agak pahit dibanding jenis madu lainnya. Keunggulan madu hitam dibandingkan madu jenis lain adalah kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Fakta Nutrisi Madu Hitam

Berikut ini fakta nutrisi yang ada pada 100 gram madu hitam:

  • Fruktosa: 17,10%
  • Dekstrosa: 31%
  • Sukrosa: 1,5%
  • Maltosa: 7,2%
  • Karbohidrat: 0,57%
  • Nitrogen: 0,04%
  • pH: 3,9
  • Fosfor: 1,9-6,3 mg
  • Besi: 0,06-1,5 mg
  • Natrium: 0,7,6 mg
  • Kalsium: 4,4-9,2 mg
  • Kalium: 13,2-168 mg
  • Vitamin C: 2,2-2,4 mg
  • Thiamin: <0006
  • Roboflavin: <0,6 mg
  • Niasin: <0,36 mg

Sedangkan berikut ini beberapa zat yang terkandung dalam madu hitam:

  • Hemoglobin: berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.
  • Saponin: bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan gula darah dan mengurangi lemak dalam tubuh.
  • Zat Alkaloid: berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan dan mengembalikan fungsi sel tubuh.
  • Flavonoid: bermanfaat untuk mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan sebagai antioksidan.
  • Unsur Kromium: dapat membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin sehingga metabolisme gula darah dapat bersirkulasi dengan lancar dan tidak akan menumpuk di dalam pembuluh.

Dengan semua fakta kandungan nutrisi dan gizi yang disebutkan di atas, apa saja manfaat madu hitam pahit utamanya untuk kesehatan manusia?

Manfaat Madu Hitam Pahit

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat disebabkan oleh pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan oleh kotoran. Madu hitam pahit memiliki khasiat melawan infeksi akibat penyumbatan ini dan dapat menarik kotoran keluar pori-pori.

Madu juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah Anda. Cara penggunaanya bisa mengombinasikan madu hitam sebagai masker wajah.

2. Suplemen Kesehatan

Manfaat madu hitam pahit yang berikutnya adalah sebagai asupan suplemen kesehatan. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa madu hitam termasuk madu hitam yang memiliki banyak kandungan gizi.

Manfaat Madu Hitam Pahit
Manfaat madu hitam pahit untuk suplemen kesehatan (qtrove.com)

Kandungan seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium, dan seng cukup kompleks untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

3. Mengobati Penyakit Pernafasan

Madu hitam pahit memiliki sifat bakteriostatik, ini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya suatu zat yang berfungsi sebagai penghenti laju aktivitas bakteri atau biasa disebut dengan antibiotik.

Sebagai antibiotik alami, madu hitam pahit aman digunakan untuk mengobati penyakit pernafasan ringan, seperti: nafas pendek, radang tenggorokan dan batuk.

4. Menurunkan Kadar Gula

Manfaat madu hitam pahit yang berikutnya adalah membantu menurunkan kadar gula. Madu hitam mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang sangat tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penglihatan yang biasanya kabur bisa normal kembali, dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit dikurangi. Madu hitam bagus untuk membantu pengobatan diabetes.

5. Mengatasi Asam Urat

Nyeri sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam pahit. Sifat detoksifikasi (penetral racun) yang terkandung di dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat madu hitam pahit yang berikutnya adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Mengonsumsi madu hitam pahit dua kali sehari dengan takaran 1 sendok makan sekali minum secara rutin, dapat dengan cepat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Menjaga Stamina

Madu hitam pahit sangat baik dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh supaya tidak mudah lelah. Hal ini karena madu hitam pahit mengandung peningkat stamina dan vitalitas yang disebut zat afrodisiak. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin juga dapat memperbaiki impotensi yang diderita pria dewasa.

7 Manfaat Mandi Air Garam yang Luar Biasa
Garam memiliki kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia ketika dimanfaatkan sebagai bahan campuran ketika mandi. Apa saja manfaat mandi air garam?
www.anekamanfaat.com

8. Mentralkan Asam Lambung

Salah satu manfaat madu hitam pahit yang sangat luar biasa adalah untuk menetralisir asam lambung. Bagi Anda yang memiliki keluhan dengan asam lambung bisa mencoba mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin. Madu hitam pahit akan membantu menetralkan keasaman di perut.

9. Kesehatan Ginjal

Fungsi ginjal adalah menyaring dan membuang limbah dari dalam tubuh seperti racun, garam yang berlebih dan urea (limbah yang mengandung nitrogen hasil dari metabolisme protein). Oleh karena itu fungsi ginjal yang sehat dan maksimal tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin dapat membantu membuat ginjal menjadi lebih sehat dan maksimal. Kandungan polifenol di madu hitam cukup tinggi sehingga dapat menjadi antioksidan bagi tubuh terhadap sel-sel tubuh yang telah dirusak oleh radikal bebas.

10. Mengatasi Maag

Manfaat madu hitam pahit yang berikutnya adalah membantu mengatasi sakit maag. Bagi Anda yang memiliki gejala dan juga sakit maag, mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin bisa menjadi salah satu solusi.

Madu hitam pahit mampu membantu meredakan gejala sakit maag, sehingga Anda bisa terhindar dari rasa sakit pada perut.

Manfaat Madu Hitam Pahit
Manfaat madu hitam pahit untuk mengatasi maag (jcomp)

Nilai positifnya juga akan mengurangi ketergantungan pada obat maag sehingga Anda akan merasa nyaman saat makan, tanpa takut kambuh. Khasiat madu pahit hitam mampu menguatkan dan menjaga fungsi hati atau lever.

Kesimpulan

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang dimiliki oleh madu hitam pahit, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat ini produk madu hitam pahit sudah banyak diolah sedemikian rupa agar mudah dikonsumsi. Kendalanya mungkin rasa pahitnya yang bisa saja membuat Anda mundur untuk mengomsumsinya.

10 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi selain nikmat dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk perawatan kulit supaya tetap sehat. Apa saja manfaat kopi untuk wajah dan kulit?
www.anekamanfaat.com

Namun setelah mengetahui berbagai manfaat madu hitam pahit seperti yang sudah disebutkan di atas, seharusnya Anda tidak menyerah hanya karena rasa pahitnya saja. Jika lebih banyak manfaatnya untuk kesehatan, rasa pahit hanyalah rintangan kecil yang mudah ditaklukkan.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: