Manfaat Magnet Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Manusia

AnekaManfaat.com – Kita semua sudah tahu bahwa medan magnet bisa menarik benda yang mengandung logam terutama besi dan baja. Magnet memiliki dua kutub yang berbeda yaitu kutub selatan (S) dan utara (N). Magnet sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan. Tahukah Anda apa saja manfaat magnet?

Kita tidak menyadari kehadiran magnet sebenarnya ada di sekitar kehidupan kita. Magnet sangat dikenal dapat digunakan pada industri elektronik. Banyak perangkat keras elektronik menggunakan magnet sebagai bahan baku pendukung.

Magnet juga dimanfaatkan sebagai penarik penutup pintu kulkas, magnet digunakan untuk menyimpan data di komputer dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja manfaat magnet, beberapa manfaatnya yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan manusia akan diulas berikut ini.

Manfaat Magnet

1. Terapi Kesehatan

Manfaat magnet yang pertama adalah sebagai alat bantu terapi kesehatan. Banyak alat kesehatan yang memanfaatkan magnet sebagai alat terapi kesehatan. Namun bagaimana bisa magnet memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia?

Manfaat magnet untuk terapi kesehatan
Terapi kesehatan dengan medan magnet

Tubuh manusia mengandung medan listrik dan magnet alami. Setiap molekul mengandung energi magnet dalam jumlah kecil. Diyakini bahwa ketika kita menderita gangguan kesehatan tertentu dikarenakan medan magnet internal dalam tubuh tidak seimbang. Terapi magnet akan menempatkan magnet di dekat tubuh yang diyakini akan membantu medan magnet dalam tubuh mendapatkan kembali keteraturan dan keseimbangannya.

Beberapa manfaat terapi kesehatan menggunakan magnet:

  • Melancarkan sirkulasi darah.
  • Membantu menyembuhkan masalah peradangan.
  • Membantu dengan masalah insomnia (sulit tidur).
  • Membantu meredakan nyeri.
  • Memiliki efek menenangkan.
  • Terapi penyembuhan sakit kepala.

Teknik penyembuhan penyakit kanker juga ada yang menggunakan magnet. Dokter akan menyuntikkan cairan yang mengandung magnet yang sangat kuat ke area kanker untuk menghasilkan panas di tubuh. Panas membunuh sel kanker tanpa merusak organ tubuh lain yang sehat.

Manfaat Cacing Tanah Dalam Berbagai Aspek
Di balik penampilannya yang mungkin terlihat menjijikkan bagi sebagian orang, cacing tanah memberikan beberapa manfaat . Apa saja manfaat cacing tanah?
www.anekamanfaat.com

2. Menyimpan Data

Banyak komputer menggunakan magnet untuk menyimpan data di hard drive. Magnet mengubah arah material magnet pada hard disk dalam segmen yang kemudian mewakili data komputer. Kemudian, komputer membaca arah setiap segmen bahan magnet untuk “membaca” data.

3. Tenaga Listrik

Magnet pada generator listrik mengubah energi mekanik menjadi listrik, sementara beberapa motor menggunakan magnet untuk mengubah listrik kembali menjadi kerja mekanis. Dalam proses mesin daur ulang, magnet bertenaga listrik dalam derek mengambil dan memindahkan potongan logam besar, beberapa di antaranya bahkan berbobot ribuan kilogram.

Manfaat Magnet
Crane dengan magnet berdaya besar

Motor listrik menggunakan listrik dan medan magnet untuk menciptakan gaya, jadi hampir semua peralatan yang menggunakan listrik untuk menciptakan gerakan pasti menggunakan magnet.

4. Industri Makanan

Manfaat magnet berikutnya adalah memiliki peranan dalam industri makanan. Dalam industri pengolahan makanan skala besar, magnet digunakan untuk menghilangkan potongan logam kecil dari biji-bijian dan makanan lainnya. Magnet akan mencegah partikel besi kecil masuk ke dalam makanan.

Sementara dalam peternakan, biasanya magnet digunakan untuk menarik potongan logam yang ada di dalam makanan sapi. Sapi akan menelan magnet dengan makanannya; saat bergerak melalui sistem pencernaan hewan, ia magnet akan menjebak dan menarik pecahan logam.

5. Industri Kesehatan

Manfaat Magnet
Mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging)

Magnet terdapat pada beberapa peralatan medis yang umum digunakan seperti mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging). MRI menggunakan medan magnet yang kuat untuk menghasilkan sinyal radio seperti radar dari dalam tubuh manusia dan kemudian menggunakan sinyal tersebut untuk membuat gambaran tulang, organ, dan jaringan tubuh lain yang jelas dan terperinci.

6. Rumah Tangga

Banyak peralatan rumah tangga menggunakan magnet sebagai bahan pendukungnya. Penyedot debu, blender dan mesin cuci, mesin pencuci piring semuanya memiliki motor listrik yang bekerja berdasarkan prinsip magnet. Anda akan menemukan magnet di telepon, bel pintu, pemberat tirai kamar mandi dan mainan anak-anak.

7. Konversi Suara

Manfaat magnet yang berikutnya adalah untuk konversi suara. Speaker kecil yang ditemukan di komputer, televisi dan radio menggunakan magnet di dalam speaker. Headphone, telepon, dan bel pintu menggunakan magnet untuk menghasilkan suara. Kumparan kawat dan magnet akan mengubah sinyal elektronik menjadi getaran suara.

Manfaat Magnet
Magnet sebagai komponen sound system

Suara adalah gelombang mekanis. Kumparan elektromagnetik di dalam speaker merespons arus listrik yang masuk. Ketika kumparan bergerak dengan bantuan magnet permanen, ia mendorong dan menarik kerucut speaker. Interaksi elektromagnetik ini memengaruhi udara di depan speaker dan menciptakan gelombang suara yang kemudian bisa kita dengarkan.

8. Industri Tambang

Manfaat magnet yang berikutnya adalah sebagai alat sortir dalam industri tambang. Dalam industri penambangan, dalam salah satu prosesnya, penambang akan menggunakan magnet untuk membantu menarik logam yang berguna dari batuan yang dihancurkan.

9. Kompas

Kompas membantu para penjelajah yang tak terhitung jumlahnya menemukan jalan mereka menggunakan medan magnet. Jarum kompas sejajar dengan medan magnet bumi, sehingga selalu mengarah ke utara. Selama ratusan tahun, kompas dan magnet memberikan kepekaan arah yang andal dan stabil. Kompas memiliki pengaruh penting dalam sejarah karena memungkinkan penemuan geografis.

10. Kereta Api

Manfaat Magnet
Kereta Api Maglev (magnetic levitation) (railwaypro.com)

Tahukah Anda dengan kereta api maglev (magnetic levitation) ? Kereta maglev digunakan di negara-negara seperti Jepang. Kereta Mag-lev adalah tipe kereta yang diangkat secara magnetis dengan menggunakan magnet di bawah gerbong sehingga kerata akan mengapung di atas jalur magnet karena magnet saling menolak. Kereta jenis ini menggunakan magnet superkonduktor dan dapat menempuh jarak hingga 300 mil per jam.

11. Mesin Penjualan Otomatis

Anda pasti sudah tahu mesin penjualan makanan atau minuman otomatis (vending machine). Mesin ini menggunakan magnet untuk menyortir koin dan kertas (uang kertas memiliki debu magnetis di tintanya). Selain itu, mesin penjual otomatis juga menggunakan magnet untuk memastikan uang yang dimasukkan adalah uang asli.

Berbagai Manfaat Eceng Gondok (Bukan Sekedar Hama)
Eceng Gondok sudah lama dianggap sebagai hama. Namun setelah adanya beberapa penelitian, ternyata eceng gondok memiliki manfaat. Apa saja manfaat eceng gondok?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Tanpa kita sadari, magnet adalah komponen yang sangat memegang peranan penting yang unik dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Dan luar biasanya lagi, salah satu manfaat magnet bagi manusia adalah berguna untuk pengobatan dan juga terapi kesehatan.

Bagikan: