5 Manfaat Masker Charcoal dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Charcoal atau kita lebih mengenalnya dengan nama arang biasanya identik digunakan untuk memasak atau memanaskan masakan. Namun tahukah Anda bahwa charcoal sangat populer digunakan sebagai masker wajah? Seperti apakah manfaat masker charcoal untuk wajah?

Sebelum kita melanjutkan, meski charcoal bisa dikatakan adalah arang, namun yang digunakan sebagai bahan masker wajah tentu berbeda dengan arang yang digunakan untuk memanaskan masakan. Charcoal yang digunakan sebagai bahan masker adalah “arang aktif”.

Manfaat Masker Charcoal
Berbagai manfaat masker charcoal (diana.grytsku)

Apa maksudnya arang aktif? Charcoal yang telah dipanaskan atau diolah secara kimiawi untuk membuat daya serapnya lebih kuat. Charcoal dipercaya dapat menarik bakteri dan kotoran dari kulit sehingga sangat populer dijadikan bahan masker wajah. Bahkan sudah banyak produk kecantikan yang menyertakan kandungan unik charcoal dalam formulanya.

Sepertinya akan sangat menarik jika kita mengulas apa saja manfaat masker charcoal untuk kulit wajah. Berikut uraian lengkapnya.

Manfaat Masker Charcoal

1. Anti Bakteri

Salah satu manfaat masker charcoal yang sangat luar biasa adalah sebagai agen antibakteri yang efektif dan juga bekerja sebagai antimikroba.

Ketika kulit Anda mengalami infeksi, terkena bakteri atau mikroba di dalam kulit, semua itu dapat dihilangkan dengan menggunakan masker charcoal. Jika Anda mengalami ruam atau digigit serangga, lulur charcoal juga bisa mengatasinya.

2. Hilangkan Jerawat dan Komedo

Masalah kulit seperti jerawat dan komedo disebabkan karena kotoran yang menumpuk serta disebabkan oleh bakteri dan infeksi. Kotoran ini tersumbat dan tidak bisa keluar dan pada akhirnya akan memunculkan bintik jerawat.

Manfaat Masker Charcoal
Masker charcoal membantu mengatasi jerawat (rawpixel.com)

Menggunakan masker atau lulur charcoal secara rutin akan membantu mengangkat dan membersihkan kotoran tersebut dari akarnya hingga tuntas. Bahkan jerawat kistik dapat diatasi dengan masker charcoal karena dapat menyerap kelebihan sebum, nanah, dan kotoran di dalamnya.

3. Mengatasi Minyak Berlebih

Manfaat masker charcoal yang berikutnya yaitu untuk mengendalikan minyak berlebihan di kulit. Produksi minyak yang berlebihan di kulit bisa menjadi masalah, terutama bagi remaja yang sedang mengalami perubahan hormonal di dalam tubuh dan kulit.

Mengoleskan masker atau lulur charcoal pada kulit dapat membantu menyerap produksi minyak berlebih ini dan menyeimbangkan kadar sebum serta memastikan bahwa sekresi minyak yang diperlukan dapat diatasi.

4. Mengatasi Masalah Pori Kulit

Pori-pori kulit yang terbuka lebar adalah masalah. Pori-pori terbuka muncul karena ada kotoran yang bersarang di dalamnya. Menggunakan masker atau lulur charcoal akan membantu mengurangi atau dalam beberapa kasus bahkan menutup pori-pori yang terbuka dengan sangat baik.

8 Manfaat Treadmill untuk Kebugaran dan Kerugiannya
Salah satu jenis peralatan olahraga rumahan yang populer adalah treadmill. Kami akan mengulas manfaat treadmill dan mengapa menggunakan treadmill menyenangkan.
www.anekamanfaat.com

Bagaimana bisa charcoal melakukannya? Ketika lulur atau scrub charcoal dioleskan ke wajah, scrub ini akan menyedot semua kotoran di dalamnya yang pada akhirnya akan menghasilkan pori-pori yang lebih kecil. Jika digunakan secara rutin, seiring waktu, Anda akan mendapati pori akan menutup seluruhnya, dan Anda akan mendapatkan kulit yang halus dan kencang.

5. Menyerap Racun

Salah satu manfaat masker charcoal yang sangat penting dan signifikan adalah fakta bahwa ini adalah agen detoksifikasi terbaik yang tersedia di pasaran. Sepanjang hari, banyak faktor yang memberi kontribusi pada proses pembentukan racun di bawah kulit.

Manfaat Masker Charcoal
Masker charcoal mampu menyerap racun di kulit (freepik)

Contohnya adalah polusi, terlalu banyak paparan sinar matahari, faktor lingkungan, cuaca yang tidak menentu, faktor yang berhubungan dengan gaya hidup seperti pola makan, stres dan pola tidur serta terlalu banyak produk kimia yang dioleskan pada kulit.

Meski Anda rutin membersihkan kulit dengan pembersih khusus, seiring waktu racun ini akan menumpuk di bawah epidermis kulit dan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan kesehatan. Untuk mengeluarkan racun sepenuhnya dari bawah kulit, masker wajah dengan charcoal adalah salah satu solusi yang ideal.

Karena memiliki daya serap ekstra, scrub charcoal cenderung menyerap lebih banyak kotoran. Setelah racun ini dikeluarkan dari kulit, kulit Anda akan bersinar dan bercahaya. Bonusnya yaitu juga akan membantu dalam mencegah penuaan dini sehingga membuat kulit lebih kenyal.

Tips Singkat Menggunakan Masker Charcoal

Bagaimana cara mengaplikasikan masker arang? Berikut ini langkah sederhana agar penggunaan masker charcoal bisa efektif.

  1. Bersihkan kulit wajah sebelum mengaplikasikan masker. Wajah yang bersih membantu scrub atau lulur menembus pori-pori Anda.
  2. Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah Anda, termasuk dahi, pipi, hidung, dan dagu. Pijat lembut masker ke kulit Anda menggunakan ujung jari atau sikat berbulu lembut. Berhati-hatilah agar tidak sampai ke mata Anda.
  3. Biarkan masker mengering di kulit Anda selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  4. Keringkan wajah Anda pelan-pelan secara lembut, lalu oleskan pelembab wajah.

Efek Samping Masker Charcoal

Apakah ada risiko menggunakan masker charcoal? Saat ini, penelitian tentang risiko menggunakan masker wajah dengan charcoal masih sangat terbatas. Sejauh ini penggunaan masker charcoal pada wajah tampaknya aman, meskipun penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan sensitif.

Sebelum menggunakan masker charcoal untuk pertama kalinya, ada baiknya Anda menguji produk dalam jumlah kecil pada kulit di bagian dalam siku Anda. Jika Anda tidak mengalami gatal atau kemerahan dalam beberapa jam, kemungkinan aman untuk digunakan pada kulit Anda.

5 Manfaat Masker Teh Hijau dan Madu
Teh hijau dan madu dikenal sebagai bahan kecantikan dan juga kesehatan. Jika keduanya berkombinasi menjadi masker, apa saja manfaat masker teh hijau dan madu?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Charcoal atau arang aktif adalah bahan yang sangat ajaib untuk mengatasi berbagai masalah kulit terutama pada kulit wajah. Salah satu manfaat masker charcoal yang sangat luar biasa adalah mampu menyerap racun dan kotoran yang bersarang di kulit.

Penggunaan secara rutin dan tidak berlebihan akan memberikan bukti nyata yaitu kulit wajah yang bersih, segar dan bercahaya. Untungnya saat ini sudah banyak masker charcoal yang sudah diolah sedemikian rupa agar mudah digunakan tanpa perlu Anda mengolah arang sendiri untuk digunakan sebagai masker.

Bagikan: