10 Manfaat Minyak Kelapa dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kelapa dan khususnya minyak kelapa telah melonjak karena manfaat kesehatan yang dimilikinya. Minyak kelapa telah menjadi pilihan populer karena rasanya yang kaya dengan aroma kelapa yang lembut. Apa saja manfaat minyak kelapa ?

Namun manfaat minyak kelapa (terutama untuk kesehatan) hingga saat ini masih menimbulkan perdebatan. Kenapa ? Minyak kelapa adalah 100 persen lemak, 80-90 persen di antaranya adalah lemak jenuh yang identik dengan penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya.

Manfaat minyak kelapa
Manfaat minyak kelapa (freepik)

Namun beberapa kalangan mempercayai efek positif dari minyak kelapa seperti membantu menghilangkan lemak perut, mengekang nafsu makan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, dan mencegah demensia serta penyakit Alzheimer. Bahkan minyak kelapa digunakan sebagai asupan diet ketogenik dan paleo serta bahan pengobatan herbal.

Benarkah demikian?

Fakta Nutrisi Minyak Kelapa

Dalam 100 gram minyak kelapa mengandung:

  • Kalori: 862
  • Total lemak: 100 gram
  • Lemak jenuh: 87 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 1,8 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 6 gram
  • Kolesterol: 0 mg
  • Total karbohidrat: 0 gram

Manfaat Minyak Kelapa

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kelapa bisa menghalangi sekitar 20 persen sinar UV matahari yang mengenai kulit. Saat dioleskan ke kulit, minyak kelapa dapat melindunginya dari sinar ultraviolet matahari (UV), yang beresiko meningkatkan risiko kanker kulit dan menyebabkan kerutan serta bintik-bintik coklat.

Manfaat minyak kelapa
Minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan kulit (jcomp)

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Karena minyak kelapa sangat tinggi kandungan lemak jenuhnya, hal tersebut akan membantu meningkatkan HDL (atau kolesterol baik) yang membantu menangkal penyakit jantung dan menurunkan trigliserida yang tinggi.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki khasiat yang luar biasa dan menyehatkan jantung serta membantu mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik.

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat lain dari minyak kelapa adalah membantu proses pencernaan makanan dengan membantu tubuh mengambil komponen yang larut dalam lemak seperti vitamin dan magnesium. Hal ini juga akan menghilangkan bakteri beracun dan kandida, yang melawan gangguan pencernaan dan peradangan perut serta membantu mencegah sakit maag.

4. Mengatasi Kulit Luka

Manfaat minyak kelapa yang sangat penting yaitu baik untuk kulit, terutama untuk pengobatan luka, luka bakar, dan dermatitis.

Minyak kelapa juga bertindak sebagai pelembab untuk kulit, berkat kandungan asam lemak dalam minyak kelapa murni, kaprilat dan laurat, dan komponen antioksidannya, yang bekerja sama untuk mengurangi peradangan di bawah kulit dan mempercepat penyembuhan.

10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Tidak hanya sebagai bumbu masakan, bawang putih telah digunakan sebagai bahan pengobatan herbal sejak dulu. Apa sajakah manfaat bawang putih untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

5. Meningkatkan Metabolisme

Minyak kelapa diketahui mengandung trigliserida rantai menengah (TRM). Ini adalah asam lemak yang cepat diserap dan dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Studi telah menunjukkan bahwa TRM secara signifikan dapat meningkatkan laju metabolisme setidaknya untuk sementara.

Manfaat minyak kelapa
Minyak kelapa meningkatkan metabolisme (master1305)

Penelitian lain juga menemukan bahwa 15-30 gram TRM dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar rata-rata hingga 120 selama periode 24 jam [1].

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak kelapa yang berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan, karena bertindak sebagai pembakar lemak dan pembakar kalori. Minyak kelapa juga bisamenekan nafsu makan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa asam kaprat dalam minyak kelapa membantu meningkatkan kinerja tiroid, yang pada gilirannya mengurangi detak jantung ketika tubuh beristirahat dan membantu membakar lemak untuk meningkatkan energi.

7. Menyehatkan Rambut

Minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Bagaimana bisa ? Para peneliti menyimpulkan bahwa struktur unik asam laurat (asam lemak utama dalam minyak kelapa) dapat menembus batang rambut dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar lemak lainnya.

Ketika dioleskan ke rambut, minyak kelapa secara signifikan mengurangi kehilangan protein dari rambut saat dioleskan sebelum atau setelah keramas baik pada rambut rusak maupun rambut sehat [2].

8. Kesehatan Tulang

Antioksidan dalam minyak kelapa murni dapat melindungi kesehatan tulang dengan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel tulang.

Manfaat minyak kelapa
Minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan tulang

9. Mengusir Serangga

Manfaat minyak kelapa yang penting berikutnya adalah bisa digunakan untuk mengusir serangga. Namun untuk mengusir serangga, minyak kelapa perlu dicampur dengan minyak esensial.

10. Mengatasi Noda

Minyak kelapa dapat digunakan untuk menghilangkan noda (seperti tumpahan noda pada karpet dan furnitur). Campurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan satu sendok makan soda kue dan kemudian campur menjadi pasta. Oleskan ke noda, tunggu lima menit dan kemudian bersihkan.

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Efek Sampingnya
Minyak zaitu memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung kalori yang tinggi, dan ketika digunakan secara berlebihan, maka dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa yang tinggi juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan. Kuncinya adalah menggunakan minyak kelapa dengan jumlah yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya.

Kesimpulan

Minyak kelapa memiliki kandungan nutrisi yang menguntungkan untuk tubuh kita asalkan digunakan dalam jumlah yang cukup. Hal yang harus diwaspadai adalah kandungan kalori dalam minyak kelapa cukup tinggi sehingga berpotensi menambah berat badan jika digunakan secara berlebihan.

Meskipun mungkin tidak sepopuler virgin coconut oil (yang memiliki harga lebih mahal) dalam segi manfaat terutama untuk kesehatan, setidaknya beberapa manfaat minyak kelapa yang sudah disebutkan di atas menjadikan minyak kelapa sebagai alternatif lebih terjangkau yang bisa memberikan manfaat.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: