5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Minyak zaitun adalah minyak serbaguna yang berasal dari ekstrak zaitun. Salah satu pemanfaatannya adalah untuk memasak. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan perawatan kecantikan. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah?

Karena sangat berkhasiat dan serbaguna, minyak zaitun kerap disebut dengan nama “emas cair”. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A, D, E dan vitamin K. Selain itu, pada 1 sendok makan minyak zaitun akan memiliki nutrisi sebagai berikut.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
Berbagai manfaat minyak zaitun untuk kulit

Fakta Nutrisi Minyak Zaitun

Nutrisi pada 1 sendok makan minyak zaitun:

  • Kalori: 119 gram
  • Lemak: 13,5g
  • Lemak jenuh : 1.9 gram
  • Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA): 9.9 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 1.4 gram

Jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun sendiri masih terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Virgin Olive Oil: Jenis yang paling populer. Kandungan asamnya sangat rendah sehingga sangat cocok untuk siapa saja yang ingin menikmati manfaat minyak zaitun tanpa mengeluarkan banyak uang (harganya paling murah).
  • Extra Virgin Olive Oil: Terbuat dari buah zaitun yang diperas dalam keadaan dingin. Jenis ini dianggap yang terbaik untuk tubuh kita dan paling cocok digunakan untuk merawat kulit. Harganya paling mahal karena kualitasnya adalah yang terbaik di antara jenis minyak zaitun lainnya.
  • Pure Olive Oil: Minyak ini sebenarnya merupakan kombinasi dari minyak zaitun biasa dan minyak zaitun yang murni. Karena campuran inilah jenis ini memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga tidak cocok untuk digunakan.
  • Minyak Lampante: Jenis yang hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok untuk memasak dan perawatan.

Jadi, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit?

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan seperti asam oleat dan squalene yang membantu melindungi kulit dari dampak berbahaya radikal bebas yang berpotensi mempercepat proses penuaan kulit.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
Minyak zaitun membantu mencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi minyak zaitun akan menjaga elastisitas kulit dan cenderung menjaganya tetap halus, kenyal, dan bercahaya. Mengandung vitamin E, flavonoid, dan polifenol yang meningkatkan pergantian sel kulit, membuat kulit Anda sehat dan bersinar dari dalam.

2. Menghapus Riasan

Minyak zaitun adalah ramuan ideal untuk menghilangkan riasan terutama jika Anda menggunakan riasan tebal yang cenderung mengeringkan kulit. Minyak zaitun akan menghapus semua sisa riasan sekaligus membuat kulit ternutrisi dan memerangkap kelembapan esensial di dalam pelindung epidermis.

Ini juga cara yang bagus untuk menghilangkan riasan tahan air seperti maskara atau lipstik. Hanya saja mungkin masalahnya adalah ketika selesai membersihkan riasan dengan minyak zaitun cenderung meninggalkan sedikit residu berminyak, jadi Anda harus mencuci muka dengan sampai bersih setelah proses penghapusan riasan.

3. Pelembab Alami

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang berikutnya adalah sebagai bahan pelembab alami. Seperti kebanyakan minyak lain yang digunakan pada kulit, minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab alami karena mengandung asam lemak omega 6 dan omega 9 esensial, yang meningkatkan kesehatan kulit saat dioleskan, menjaga kulit kering dan bersisik serta memastikan kulit tetap lembut dan kenyal.

Kehadiran asam linoleat juga bertindak sebagai agen pelembab utama, karena menciptakan penghalang air di epidermis, memastikan bahwa kelembaban esensial tetap terperangkap di bawah permukaan kulit.

Manfaat Baby Oil Untuk Wajah dan Efek Sampingnya
Baby oil banyak dimanfaatkan orang yang sudah dewasa untuk merawat kulit terutama kulit wajah. Tapi apakah memang benar ada manfaat baby oil untuk wajah?
www.anekamanfaat.com

4. Membunuh Bakteri

Klorofil adalah salah satu pigmen alam yang paling kaya dan bertanggung jawab atas warna hijau yang kaya di berbagai jenis tumbuhan. Ketika minyak zaitun diekstraksi dari buah zaitun yang segar dan matang, beberapa bagian dari senyawa tanaman ini juga tertinggal di dalam minyak.

Ditemukan dalam minyak zaitun, klorofil adalah zat antibakteri dan anti-inflamasi alami yang akan membantu mengurangi kemerahan, pigmentasi, infeksi bakteri dan jamur dan bahkan dapat menyembuhkan luka.

Mengoleskan minyak zaitun secara teratur pada kulit Anda sebagai pencegahan sekaligus penyembuhan yang sangat ideal. Kandungan klorofil juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kualitas sel darah merah di bawah kulit.

5. Menghilangkan Stretch Mark

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang berikutnya adalah bisa membantu mengatasi stretch mark. Untuk garis-garis kecil yang mengganggu yang muncul di tubuh Anda, terutama selama dan pasca kehamilan, ada solusi praktis yang tersedia. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K, yang sering disebut sebagai bahan penting untuk menghilangkan stretch mark.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit
Manfaat minyak zaitun untuk mengatasi kulit stretch mark (freepik)

Mengoles dan memijat minyak zaitun secara teratur dapat membantu menghilangkan bekas luka, stretch mark dan bahkan bekas jerawat, sehingga membuat kulit Anda bebas dari noda. Minyak zaitun dapat memperbaiki sel kulit kita secara alami.

Efek Samping Minyak Zaitun

Kualitas minyak zaitun yang dijual di pasaran memiliki “grade” atau tingkat kualitas yang berbeda. Minyak zaitun berkualitas rendah tidak akan memberikan manfaat untuk merawat kulit. Minyak zaitun juga akan mengalami penurunan kualitas ketika terkena sinar matahari secara langsung. Dan parahnya, banyak minyak zaitun palsu yang beredar di pasaran.

Selain itu, tidak semua orang cocok dengan minyak zaitun. Beberapa orang mengalami kulit pecah-pecah ketika melakukan mengoleskan minyak zaitun ke kulit mereka. Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakannya secara berlebihan. Gosokkan sedikit ke telapak tangan sehingga Anda memiliki lapisan minyak tipis sebelum mengoleskannya ke kulit.

Menggunakan terlalu banyak minyak zaitun akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan dapat memicu timbulnya jerawat pada beberapa jenis kulit. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika memilih dan menggunakan minyak zaitu untuk merawat kulit dan wajah.

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Kulit dan Rambut
Lidah buaya atau aloe vera dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Apa saja sih manfaat lidah buaya?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Luar biasa sekali kan manfaat minyak zaitun untuk kulit dan wajah? Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, gunakan minyak zaitun jenis Extra Virgin Olive Oil yang asli. Menerapkan gaya hidup dengan memanfaatkan minyak zaitun secara rutin untuk merawat kulit akan memberikan dampak pada kesehatan kulit Anda.

Namun sebelumnya Anda harus memastikan bahwa kulit Anda cocok dengan minyak zaitun yang digunakan. Tidak semua kulit akan menerima “kehadiran” minyak zaitun. Salah satunya adalah orang yang memiliki masalah dengan kulit berminyak. Penggunaan minyak zaitun pada kulit yang berlebihan juga bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Bagikan: