7 Manfaat Rumput Laut dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Rumput laut tumbuh di air asin dan sudah diolah dalam berbagai ragam bentuk serta dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Meskipun ini adalah “rumput”, namun kandungan gizi dan nutrisinya sangat melimpah. Apa saja manfaat rumput laut?

Sebelum kita melanjutkan mengulas beragam manfaat rumput laut, sebagai pembuka akan sedikit kita ulas tentang jenis rumput laut dan fakta nutrisi yang dimilikinya.

Manfaat Rumput Laut
Berbagai manfaat rumput laut dan efek sampingnya (timolina)

Ada ratusan varian rumput laut namun beberapa jenis rumput laut berikut ini adalah yang paling populer dan sering dijadikan konsumsi:

  • Nori
  • Kelp
  • Wakame
  • Kombu
  • Dulse
  • Ganggang biru-hijau (seperti spirulina dan chlorella)

Fakta Nutrisi Rumput Laut

Nutrisi dan gizi rumput laut sangat melimpah. Mereka adalah sumber vitamin dan mineral, penuh dengan kandungan vitamin A dan E, vitamin B, kalsium, magnesium, kalium, tembaga, zat besi, dan yodium. Selain itu, rumput laut juga mengandung omega-3 dan polifenol dan merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik.

Dalam 100 gram rumput laut mengandung:

Kalori40
Lemak total0,6 gram
Lemak jenuh0,2 gram
Lemak trans0 gram
Kolesterol0 mg
Sodium233 mg
Kalium89 mg
Total karbohidrat9,6 gram
Serat makanan1,3 gram
Gula0,6 gram
Protein1,7 gram
Vitamin A2%
Vitamin C5%
Kalsium17%
Besi16%
Thiamin3%
Riboflavin9%
Niasin2%
Magnesium30%
Fosfor4%
Seng8%
Tembaga7%
Asam Pantotenat6%
Fakta Nutrisi Rumput Laut (sumber: fitbit.com)

Dari semua data nutrisi yang disebutkan di atas, apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika rutin mengonsumsi rumput laut?

Manfaat Rumput Laut

1. Menyehatkan Usus

Kandungan serat dalam rumput laut sangat tinggi. Kandungan serat ini dapat membantu memberi makan bakteri baik yang tinggal usus. Bakteri dalam usus akan memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Dengan banyaknya kandungan serat prebiotik yang menyehatkan usus, pada gilirannya akan membantu mengatasi masalah seperti sembelit atau diare.

Manfaat Rumput Laut
Rumput laut bermanfaat untuk kesehatan pencernaan (whatwolf)

2. Diet

Salah satu manfaat rumput laut yang sangat menyenangkan adalah akan membantu Anda menjalanu program diet. Rumput laut dapat mengurangi laju penyerapan lemak hingga 75 persen, dengan cara menghambat efek lipase enzim pencernaan.

Ketika lipase enzim terhambat, maka tubuh akan lebih sedikit menyerap lemak. Dan ketika lemak tidak berlebihan diserap oleh tubuh, maka hal tersebut akan membantu tubuh tidak cepat gemuk.

3. Mengatasi Diabetes

Makanan kaya serat seperti rumput laut dapat membantu masalah diabetes. Serat dalam jumlah tinggi dapat membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Mengonsumsi rumput laut akan membantu meningkatkan asupan serat tanpa meningkatkan jumlah kalori.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat menurunkan faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

4. Menyehatkan Tulang

Rumput laut adalah sumber kalsium. Dua sendok makan rumput laut jenis wakame akan menyediakan 15 miligram kalsium. Kalsium sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan perbaikan tulang. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang kita menurun.

Untuk pria, hal ini umumnya terjadi sekitar usia 55 tahun dan bagi wanita, saat menopause, biasanya sekitar usia 51 tahun. Tanpa asupan kalsium yang memadai, osteoporosis akan mengintai dan pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Berbagai Manfaat Bayam Merah Bagi Tubuh
Kita semua sudah tahu bahwa bayam hijau sangat bergizi, namun tahukah Anda dengan bayam merah yang juga bergizi? Tahukah Anda apa saja manfaat bayam merah?
www.anekamanfaat.com

5. Kesehatan Jantung

Makanan berserat tinggi seperti rumput laut juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam di dalam tubuh. Tubuh kemudian akan menggunakan kolesterol untuk menggantikan elemen-elemen ini, yang dapat menurunkan kolesterol total hingga 18 persen.

Beberapa jenis rumput laut memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, yang juga dapat mendukung kesehatan jantung dari waktu ke waktu.

Manfaat Rumput Laut
Nutrisi rumput laut bermanfaat untuk menyehatkan jantung (dashu83)

6. Mencegah Gondok

Rumput laut, terutama wakame, mengandung sekitar 164 mikrogram yodium, yang penting untuk kesehatan tiroid. Tubuh kita bergantung pada fungsi tiroid yang sehat untuk mengatur metabolisme.

Tubuh manusia tidak bisa membuat yodium sendiri, jadi penting bagi kita untuk mendapatkan asupan yodium melalui makanan. Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab hipotiroidisme yang akan menyebabkan perkembangan gondok (pembesaran kelenjar tiroid).

7. Detoksifikasi

Kandungat serat makanan dalam rumput laut sangat baik untuk mengatur serta mengosongkan saluran pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh kita. Serat dalam rumput laut menyediakan sumber makanan yang luar biasa untuk bakteri di usus besar. Rumput laut juga bermanfaat karena kandungan asam lemak esensial yang tinggi, seperti omega-3.

12 Manfaat Bawang Bombay dan Efek Sampingnya
Meskipun bawang bombay akan membuat Anda menangis, ternyata banyak sekali manfaat bawang bombay terutama untuk kesehatan. Baca disini untuk mengetahuinya.
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Rumput Laut

Meskipun memiliki banyak nutrisi dan menyehatkan, namun ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan ketika berlebihan mengonsumsi rumput laut.

Kandungan yodium yang tinggi pada rumput laut bisa memberikan efek kurang baik bagi tubuh. Beberapa efek ketika tubuh kelebihan yodium adalah penambahan berat badan atau pembengkakan dan sesak di sekitar leher (terjadi disfungsi tiroid).

Potensi bahaya lain adalah rumput laut bisa saja menyerap timbal dan logam. Rumput laut menyerap semua mineral dan nutrisi dari laut. Jika air di sekitarnya mengandung timbal, rumput laut akan menyerapnya juga. Meskipun kadarnya mungkin rendah, timbal dan logam beracun dapat menumpuk seiring waktu ketika seseorang makan rumput laut setiap hari.

Kandungan karbohidrat dalam rumput laut terkadang tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Karbohidrat ini diturunkan ke bakteri usus kita. Bagi orang yang rentan terhadap masalah pencernaan, karbohidrat yang tidak tercerna dengan baik ini akan menyebabkan masalah pada usus dan pencernaan.

Kesimpulan

Rumput laut adalah bahan utama pembuatan agar-agar dan di Indonesia sangat populer diolah menjadi cendol dan es rumput laut. Bahkan ada ramuan herbal yang menggunakan rumput laut sebagai asupan bahannya. Kandungan nutrisi dan gizinya yang melimpah sangat baik bagi tubuh terutama untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi rumput laut ternyata juga kurang baik bagi tubuh. Kandungan yodium dalam rumput laut cukup tinggi dan kondisi tubuh masing-masing orang berbeda dalam menangani kelebihan yodium tersebut. Oleh karena itu konsumsilah rumput laut dalam jumlah yang ideal untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: