12 Manfaat Teh Hitam dan Efek Samping

Anekamanfaat.com – Apa Anda suka atau pernah minum teh hitam ? Secara teknis dan pengolahan, teh hitam berbeda dengan teh biasa. Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada teh biasa. Apa saja manfaat teh hitam? Berikut ulasannya.

Teh hitam sudah ada sejak jaman kuno dan awalnya digunakan di Cina sebagai bahan pengobatan herbal. Bukan tanpa alasan kenapa teh hitam dijadikan minuman atau pengobatan.

Teh hitam mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan fitonutrien yang dapat membantu membuang racun dan menyembuhkan beberapa penyakit. Dan teh hitam sangat rendah kandungan kafein.

Manfaat Teh Hitam
Berbagai manfaat teh hitam

Apa Itu Teh Hitam ?

Apa yang membedakan teh hitam dengan teh biasa?

Jenis teh apa pun bisa dibuat menjadi teh hitam, termasuk teh hijau, teh kuning, teh putih, atau teh oolong. Satu-satunya perbedaan adalah pada pengolahannya. Namun semua jenis teh hitam di Cina dihasilkan dari tanaman Camellia sinensis, teh hitam di India dihasilkan dari berbagai jenis tanaman teh yang dikenal sebagai Camellia assamica.

Teh hitam dari Camellia assamica memiliki rasa yang lebih kuat dan daun yang lebih besar dibandingkan dengan teh dari varian Camellia sinensis.

Metode produksi teh hitam adalah, setelah daun teh dipetik, daun teh tersebut dilayukan untuk melepaskan kelembapannya. Ketika mereka kehilangan jumlah kelembaban, daun digulung, baik secara manual atau dengan bantuan mesin, melalui paparan suhu tinggi. Setelah daun teroksidasi sepenuhnya, mereka disortir sesuai ukurannya.

Nama ‘teh hitam’ dapat dikaitkan dengan warna tehnya. Namun secara teknis, warnanya kuning tua atau oranye. Makanya, orang Cina tetap menyebutnya sebagai teh merah.

Fakta Nutrisi Teh Hitam

Dalam 100 gram teh hitam mengandung:

  • Kalori: 1
  • Total Lemak 0 gram
  • Lemak jenuh 0 gram
  • Lemak tak jenuh ganda 0 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 gram
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 3 mg
  • Kalium 37 mg
  • Total Karbohidrat 0,3 gram
  • Serat makanan 0 gram
  • Gula 0 g
  • Protein 0 g
  • Kafein 20 mg
  • Vitamin A 0%
  • Vitamin C 0%
  • Kalsium 0%
  • Besi 0%
  • Vitamin D 0%
  • Vitamin B-6 0%
  • Cobalamin 0%
  • Magnesium 0%.

Apa saja manfaat teh hitam, berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Teh Hitam

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan flavon dalam teh hitam membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menemukan fakta bahwa minum tiga cangkir atau lebih teh hitam per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, teh hitam juga dikaitkan dengan penurunan risiko infark miokard, iskemia, dan mortalitas kardiovaskular [1].

Manfaat Teh Hitam
Teh hitam bermanfaat untuk kesehatan jantung (azerbaijan_stockers)

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat teh hitam yang berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa rutin minum teh hitam dapat menurunkan prevalensi diare hingga 20% [2].

Memilik usus yang sehat akan melindungi tubuh terserang penyakit dan. Minum teh hitam secara rutin akan membantu meningkatkan jumlah dan variasi mikroba usus yang baik. kandungan polifenol dalam teh hitam bertindak sebagai prebiotik.

Polifenol ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya lainnya di dalam usus. Teh hitam juga dapat membantu mengobati sakit maag, dan berpotensi mengurangi risiko kanker kolorektal dan esofagus.

3. Gigi dan Mulut

Mengonsumsi teh hitam secara rutin dapat melindungi dari plak gigi, gigi berlubang, dan kerusakan gigi. Teh hitam juga dapat menyegarkan napas. Selain itu, teh hitam memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang mencegah infeksi stafilokokus. Fluorida dalam teh hitam juga akan menghambat karies gigi.

Penelitian juga menemukan fakta bahwa teh hitam dapat membantu mencegah leukoplakia oral pada pasien dengan karsinoma mulut [3]. Namun sayangnya teh hitam bisa menodai enamel gigi. Jadi konsultasikan dengan dokter gigi terkait hal ini.

4. Meredakan Stres

Manfaat teh hitam yang berikutnya adalah membantu meredakan stres. Dalam sebuah penelitian ditemukan bukti bahwa teh hitam dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan mengendurkan saraf [4]. Ketika Anda lelah dan merasakan tekanan yang berat, cobalah bersantai dengan meminum secangkir teh hitam untuk mengurangi tingkat stres Anda.

5. Meredakan Asma

Asma disebabkan karena peradangan dan pembengkakan pada saluran napas atau saluran bronkial. Asma membuat sulit menghirup dan menghembuskan napas. Penelitian telah membuktikan bahwa kafein dalam teh hitam dapat membantu fungsi paru-paru [5]. Kandungan flavonoid dalam teh juga bermanfaat bagi penderita asma.

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Lebih dikenal sebagai bahan atau bumbu namun ternyata memiliki beberapa manfaat terutama untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan?
www.anekamanfaat.com

6. Menurunkan Berat Badan

Obesitas adalah akar pemicu berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, PCOS dan kolesterol tinggi. Seperti teh hijau, teh hitam juga dapat membantu mengontrol berat badan (dibarengi dengan menerapkan perubahan gaya hidup yang tepat). Penelitian menemukan fakta bahwa teh hitam membantu mengurangi lemak visceral dengan mengurangi gen pemicu peradangan.

Karena peradangan dalam tubuh yang berkepanjangan dapat menyebabkan obesitas, minum teh hitam secara teoritis dapat membantu mencegah obesitas yang dipicu oleh peradangan. Selain itu, teh hitam juga dapat menurunkan kadar trigliserida.

7. Kontrol Kadar Kolesterol

Gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan makan yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri yang akan menghambat aliran darah dan dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan serangan iskemik.

Manfaat Teh Hitam
Teh hitam bermanfaat untuk mengontrol kolesterol (8photo)

Dalam sebuah penelitian, teh hitam terbukti menurunkan kolesterol LDL hingga 11,1%. Teh hitam juga memiliki efek anti-hiperkolesterolemia pada manusia yang mengalami obesitas dan rentan terhadap penyakit jantung [6].

8. Melindungi Otak

Manfaat teh hitam yang berikutnya adalah untuk menjaga dan melindungi fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh hitam memiliki efek pelindung saraf pada otak.

Dengan rutin minum teh hitam maka berpotensi terhindar dari beberapa masalah otak seperti Parkinson dan Alzheimer. Penyakit Alzheimer menyebabkan hilangnya ingatan dan mempengaruhi perilaku serta proses berpikir seseorang.

9. Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang akan mulai menurun. Namun sebuah penelitian menemukan bukti bahwa orang yang minum teh hitam secara rutin dapat membantu menaikkan kepadatan tulang secara signifikan. Oleh karena itu, meminum teh hitam juga dapat mengurangi risiko patah tulang yang paling sering terjadi pada lansia akibat osteoporosis.

Oleh karena itu, jika Anda berusia 30 tahun, minumlah teh hitam secara rutin untuk menjaga kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis dan risiko patah tulang. Penelitian juga menemukan bukti bahwa minum teh secara rutin akan mengurangi risiko patah tulang pinggul [7].

10. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat teh hitam yang berikutnya adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang melakukan percobaan di mana sekelompok orang diberi teh hitam selama seminggu dan kemudian dilakukan pembacaan tekanan sistolik dan pemeriksaan diastolik.

Pada akhir percobaan ini, partisipan yang mengonsumsi teh hitam ditemukan memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah [8].

11. Kesehatan Kulit

11.1 Penuaan Dini

Kandungan senyawa antioksidan dan polifenol yang ada dalam teh hitam dapat melindungi kulit dari penuaan dini dan pembentukan kerutan. Teh hitam adalah agen anti keriput yang lebih efektif dibandingkan dengan teh lainnya.

11.2 Kanker Kulit

Teh hitam kaya akan antioksidan dan berpotensi efektif melawan sebagian besar jenis kanker (termasuk kanker kulit). Penelitian mengkonfirmasi bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit [9].

11.3 Radiasi

Radiasi UV adalah salah satu penyebab utama pigmentasi kulit, kanker kulit, dan masalah terkait kulit lainnya. Penelitian telah menemukan fakta bahwa minum teh hitam dapat membantu melindungi kulit dan mengurangi risiko masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan [10].

11.4 Infeksi

Sebagian besar infeksi kulit terjadi karena kolonisasi mikroba. Kandungan katekin dan flavonoid dalam teh dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kulit. Jika Anda sering mengalami infeksi kulit, minum teh hitam secara rutin bisa menjadi tambahan untuk obat Anda dapat mempercepat proses penyembuhan [11].

Manfaat Teh Hitam
Teh hitam bermanfaat untuk kesehatan kulit (8photo)

12. Kesehatan Rambut

12.1 Rontok

Minum teh hitam secara rutin bisa mencegah rambut rontok. Seperti yang sudah berkali-kali disebutkan, teh hitam sarat dengan antioksidan yang membantu mengatasi radikal bebas dan menghilangkan stres. Kedua faktor inilah yang menjadi penyebab utama rambut rontok. Oleh karena itu, minum teh hitam bisa membantu mencegah rambut rontok.

12.2 Rambut Berkilau

Beberapa bukti menunjukkan bahwa teh hitam dapat menambah kilau rambut. Setelah keramas (dengan sampo) gunakan teh hitam yang sudah diseduh untuk membilas rambut (bilasan terakhir). Lakukan selama beberapa minggu dan rambut Anda akan menjadi lebih lembut dan berkilau.

10 Manfaat Bunga Rosella dan Efek Sampingnya
Bunga Rosella sudah dipergunakan sebagai bahan berbagai ramuan herbal untuk pengobatan sejak jaman kuno. Apa saja manfaat bunga Rosella yang luar biasa ini?
www.anekamanfaat.com

Efek Samping Teh Hitam

Meski teh hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, namun jika terlalu berlebihan mengonsumsinya akan menimbulkan beberapa efek samping seperti diare, sembelit, kecemasan (karena kafein), dan sering kencing.

Kesimpulan

Teh hitam mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkan berbagai manfaat teh hitam, cara terbaik untuk meminumnya adalah tanpa menggunakan campuran apapun seperti gula. Dan minumlah dalam jumlah yang cukup karena jika berlebihan akan berdampak kurang baik untuk pencernaan Anda.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: