Berbagai Manfaat Telur Bebek Bagi Tubuh

AnekaManfaat.com – Telur bebek adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer terutama di Indonesia. Tidak hanya nikmat dikonsumsi, ternyata telur bebek memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat telur bebek?

Martabak dan telur asin adalah dua contoh makanan yang menggunakan telur bebek sebagai bahan dasar utamanya. Selain untuk makanan, telur bebek juga sangat populer digunakan sebagai bahan jamu dan minuman STMJ (Susu Telur Madu Jahe). Bahkan hanya dimakan dalam bentuk telur ceplok pun rasanya juga nikmat.

Salah satu yang menjadi daya tarik telur bebek adalah ukurannya yang lebih besar (termasuk kuning telurnya) dibandingkan telur ayam. Beberapa orang yang menerapkan gaya hidup sehat juga rutin mengkonsumsi kuning telur bebek.

Manfaat Telur Bebek
Berbagai manfaat telur bebek

Rutin mengkonsumsi telur bebek ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh kita karena merupakan sumber protein, lemak, dan berbagai vitamin serta mineral yang sangat baik. Berikut ini akan kami ulas beberapa manfaat telur bebek khususnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Perbandingan Nutrisi Telur Bebek dan Telur Ayam

NutrisiTelur BebekTelur Ayam
Kalori185 gram148 gram
Protein13 gram12 gram
Lemak14 gram10 gram
Karbohidrat1 gram1 gram
Kolesterol295 %141 %
Vitamin B1290 %23 %
Selenium52 %45 %
Riboflavin24 %28 %
Besi21 %10 %
Vitamin D17 %9 %
Kolina263 mg251 mg

Vitamin B12 sangat penting untuk sel darah merah yang sehat dan sistem saraf yang berfungsi dengan baik. Memiliki tingkat B12 yang rendah juga dapat menyebabkan masalah ingatan, keseimbangan, serta kelelahan.

Telur bebek menyediakan lebih dari 60% jumlah Vitamin B12 yang direkomendasikan yang Anda butuhkan dalam sehari (jumlahnya hampir lima kali lipat dari telur ayam biasa).

Selenium adalah mineral penting yang memainkan peran penting untuk proses tubuh, terutama metabolisme dan fungsi tiroid. Selenium juga membantu mencegah kerusakan sel, baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Telur bebek membantu menyediakan setidaknya sepertiga dari jumlah selenium harian yang direkomendasikan.

Kolin adalah nutrisi penting lainnya untuk tubuh yang membantu banyak fungsi tubuh. Kolin adalah nutrisi yang membantu pemeliharaan sel, meningkatkan metabolisme, dan memainkan peran penting dalam membantu sistem saraf. Kolin juga sangat penting untuk perkembangan otak dan telah terbukti meningkatkan daya ingat.

11 Manfaat Putih Telur dan Efek Sampingnya
Putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tahukah Anda bahwa bagian putih telur memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat? Apa saja manfaat putih telur?
www.anekamanfaat.com

Nilai Plus Telur Bebek

Apa yang membuat telur bebek bisa lebih baik jika dibandingkan dengan telur ayam?

  • Cangkang telur bebek lebih tebal sehingga tetap segar lebih lama.
  • Memiliki lebih banyak asam lemak Omega-3.
  • Orang yang tidak bisa makan telur ayam, karena alergi, tidak masalah makan telur bebek.
  • Mengandung lebih banyak protein.
  • Mengandung vitamin D enam kali banyak daripada telur ayam.
  • Memiliki lebih banyak nutrisi dan vitamin.

Manfaat Telur Bebek

1. Membentuk Otot

Manfaat telur bebek yang pertama adalah untuk membantu mempercepat pembentukan otot. Orang yang sedang dalam masa pembentukan tubuh dan otot menjadikan telur bebek sebagai nutrisi harian mereka. Kandungan protein yang sangat tinggi di telur bebek adalah penyebabnya.

Manfaat Telur Bebek
Manfaat telur bebek untuk pembentukan otot tubuh (leozhong84)

2. Pemulihan Cedera

Telur bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi ketika menjalani pemulihan dari cedera. Selain itu, jika Anda rajin berolah raga, telur bebek akan membantu Anda cepat pulih dari rasa capek.

3. Kesehatan Mental

Dalam penelitian, orang yang lelah dan depresi mengalami kekurangan seng, magnesium dan selenium. Telur bebek memiliki kandungan 3 mineral tersebut. Telur bebek adalah sumber selenium yang sangat baik, menyediakan hampir setengah dari nilai harian dalam satu telur.

4. Kesehatan Kulit

Manfaat telur bebek yang berikutnya adalah sangat baik untuk kesehatan kulit. Telur bebek juga mengandung vitamin B yang menurut penelitian memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Hampir semua kandungan vitamin B ada di telur bebek yang kesemuanya mendukung untuk kesehatan kulit.

Manfaat Telur Bebek
Manfaat telur bebek untuk kesehatan kulit (Sally P)
  • Vitamin B1 adalah “vitamin anti-stres”, dapat membantu mencegah munculnya jerawat yang berhubungan dengan stres.
  • Vitamin B2 membantu menjaga kolagen dan mengurangi peradangan.
  • Vitamin B3 dapat membantu mengatasi jerawat, eksim, dan dermatitis.
  • Vitamin B5 akan menjaga dan mempertahankan kelembaban kulit.
  • Vitamin B6 membantu tubuh mengatasi stres, tidur yang cukup, mencegah peradangan dan kulit kering.
  • Vitamin B7 melindungi kulit dari infeksi dan menjaga kelembaban kulit.
  • Vitamin B9 meningkatkan regenerasi sel, proses di mana tubuh terus menerus mengganti sel kulit mati dengan yang baru.
  • Vitamin B12 mengurangi jerawat, kekeringan, dan peradangan.

Mantap sekali bukan?

5. Kesehatan Tulang dan Gigi

Telur bebek kaya akan kalsium, yang secara efektif dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan perkembangan tulang. Telur bebek juga telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Manfaat Telur Bebek
Manfaat telur bebek untuk tulang dan gigi (Matt Kirouac)

Putih telur bebek mengandung peptida yang meningkatkan dan meningkatkan cara tubuh menyerap kalsium, membantu tubuh mendapatkan hasil maksimal dari mineral yang penting ini untuk fungsi otot dan kesehatan tulang serta gigi Anda.

6. Anemia

Telur garam mengandung zat besi, yang memiliki efek memperkaya darah dan dapat membantu mengurangi terkena anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

7. Pencernaan

Manfaat telur bebek yang berikutnya adalah sangat baik untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan telur bebek memiliki efek merangsang organ pencernaan, meningkatkan nafsu makan, dan menetralkan asam lambung.

Yang Harus Diwaspadai

Meskipun telur bebek memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tetap kurang baik terlalu banyak mengkonsumsi telur bebek.

Telur bebek mengandung kolesterol yang cukup tinggi (619 miligram per telur). Kuning telur telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat) pada beberapa orang, tetapi kuning telur juga sering meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) pada beberapa orang yang lain.

10 Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh Manusia
Telur adalah sumber utama protein dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Telur rebus merupakan bahan makanan yang sering disajikan. Apa saja manfaat telur rebus?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Bagaimana, sangat luar biasa sekali kan manfaat telur bebek? Hal ini dikarenakan telur bebek memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan telur ayam biasa. Rutin mengkonsumsi telur bebek secukupnya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: