10 Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh Manusia

AnekaManfaat.com – Telur adalah sumber utama protein dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Telur juga salah satu bahan makanan yang sangat populer karena diolah dalam bentuk apapun sebagai bahan konsumsi yang salah satunya yaitu direbus. Selain enak, apa saja manfaat telur rebus?

Menyajikan telur rebus sebagai sarapan bagi beberapa orang adalah pola penerapan gaya hidup sehat. Salah satu cara menikmati telur rebus yang sangat populer yaitu dengan cara diberi taburan garam dan merica atau dicampurkan sebagai topping salad yang enak.

Manfaat Telur Rebus
Berbagai manfaat telur rebus

Sudah tahukah Anda apa saja nutrisi yang terkandung di telur?

Telur adalah sumber utama nutrisi, protein, dan lemak sehat serta sumber makanan yang cukup rendah kalori. Satu telur rebus seberat sekitar 50 gram memiliki nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 77 gram
  • Karbohidrat: 0,6 gram
  • Total lemak: 5,3 gram
  • Lemak jenuh: 1,6 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 2,0 gram
  • Kolesterol: 212 mg
  • Protein: 6,3 gram
  • Vitamin A: 6% dari diet harian yang disarankan.
  • Vitamin B2 (riboflavin): 15% dari diet harian yang disarankan.
  • Vitamin B12 (cobalamin): 9% dari diet harian yang disarankan.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 7% dari diet harian yang disarankan.
  • Fosfor: 86 mg, atau 9% dari diet harian yang disarankan.
  • Selenium: 15,4 mcg, atau 22% dari diet harian yang disarankan.
  • Kolin: 147 mg.

Nutrisi penting banyak terdapat pada bagian kuning telurnya sedangkan bagian putihnya mengandung protein. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur secara utuh (kuning dan putih telur) secara bersamaan.

Dengan berbagai nutrisi yang dimiliki oleh telur rebus seperti di atas, apa saja manfaat telur rebus terutama bagi kesehatan tubuh manusia?

Manfaat Telur Rebus

1. Kesehatan Otak

Manfaat telur rebus yang pertama adalah sangat baik untuk kesehatan otak. Bagian kuning telur mengandung kolin. Kolin adalah nutrisi penting untuk banyak proses penting dalam tubuh. Tubuh manusia bisa menghasilkan kolin sendiri namun tidak dalam jumlah banyak. Karenanya, Anda harus mendapatkan tambahan kolin dari makanan untuk menghindari kekurangan.

Manfaat Telur Rebus
Telur rebus bermanfaat untuk kesehatan otak

Kolin sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, karena membantu menghasilkan asetilkolin, neurotransmitter yang terlibat dalam memori dan proses pembelajaran.

Kolin sangat penting dan sangat dibutuhkan sepanjang usia manusia. Bagi janin, kolin akan membantu pembentukan otak janin dan perkembangan memori. Bagi orang berusia lanjut, kolin memiliki fungsi kognitif.

2. Kesehatan Mata

Manfaat telur rebus yang berikutnya adalah baik untuk mendukung kesehatan mata. Mengonsumsi telur rebus secara rutin juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata.

Pada bagian kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin yaitu antioksidan yang dikenal karena perannya dalam menjaga kesehatan mata. Dua antioksidan ini memerangi radikal bebas berbahaya yang diinduksi oksigen yang dapat menumpuk di mata manusia.

Lutein dan zeaxanthin juga telah terbukti mampu memperlambat pembentukan katarak dan melindungi dari degenerasi makula terkait pertambahan usia manusia.

3. Diet Sehat

Jika Anda sedang dalam proses penurunan berat badan dengan cara yang menyehatkan, memasukkan menu telur rebus sebagai salah satu sumber makanan adalah pilihan yang bijaksana.

Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat ideal. Telur akan membuat Anda kenyang tanpa terlalu banyak kalori, yang sangat berguna jika Anda ingin menurunkan berat badan.

4. Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat Telur Rebus
Telur rebus bermanfaat untuk tulang dan gigi (stockking)

Kandungan protein yang ada dalam telur yang dipadukan kandungan lain seperti vitamin D adalah pendukung yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil juga sangat disarankan mengonsumsi telur rebus secara rutin untuk mendukung pertumbuhan tulang janin.

5. Metabolisme

Manfaat telur rebus berikutnya adalah membantu proses metabolisme tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan makan makanan berprotein tinggi untuk mendapatkan efek termis dari makanan.

Tubuh memerlukan kalori dalam jumlah ekstra untuk mencerna dan memproses nutrisi dalam makanan. Ketika kita makan telur rebus, hal tersebut akan membantu untuk membakar lebih banyak kalori daripada harus makan karbohidrat atau lemak.

11 Manfaat Putih Telur dan Efek Sampingnya
Putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tahukah Anda bahwa bagian putih telur memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat? Apa saja manfaat putih telur?
www.anekamanfaat.com

6. Pertumbuhan Otot

Putih adalah sumber protein yang sangat bagus. Mengonsumsinya setiap hari dapat membantu Anda dalam meningkatkan pertumbuhan otot. Telur akan sangat membantu Anda yang sedang dalam proses pembetukan otot (seperti binaragawan).

7. Kesehatan Jantung

Manfaat telur rebus yang berikutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Telur rebus terutama bagian putih telurnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang akan membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah pembekuan darah.

8. Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi telur rebus secara cukup juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Telur adalah pembangkit tenaga protein, terutama bagian kuning telur.

Kuning telur mengandung zinc dan selenium. Kedua mineral ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Mengenyangkan

Telur rebus akan membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, yang akan membantu menghindari rasa lapar dengan cepat. Alasannya adalah karena telur merupakan sumber protein yang bagus dan juga sangat mengenyangkan.

Nilai statif tinggi telur mengurangi nafsu makan dan juga meningkatkan rasa kenyang untuk membantu Anda menghindari rasa lapar.

10. Kontrol Trigliserida

Manfaat telur rebus yang berikutnya adalah untuk membantu mengontrol trigliserida dalam darah. Telur rebus adalah sumber asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lima telur rebus yang diperkaya omega-3 per minggu selama tiga minggu dapat menurunkan tingkat trigliserida sebesar 16-18%.

Berapa Jumlah Telur yang Ideal Untuk Dikonsumsi?

Seperti yang telah dikemukakan di atas, kita semua tahu bahwa mengonsumsi telur rebus baik untuk kesehatan. Namun untuk mendapatkan keseimbangan yang baik bagi tubuh, makanlah telur rebus secukupnya dan jangan berlebihan.

Manfaat Telur Rebus
Sarapan telur rebus akan sangat mengenyangkan (Rosalind Chang)

Berapa jumlah atau takaran yang ideal untuk makan telur rebus?

  • Dewasa: orang dewasa yang sehat rata-rata bisa mengonsumsi 1-3 butir telur per hari. Ini meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Telur membantu otak berfungsi dengan baik dan meningkatkan kekebalan.
  • Anak-anak: anak-anak harus mengonsumsi satu telur per hari. Telur adalah sumber zat besi folat, protein, dan asam lemak omega-3 yang baik, yang akan membantu pertumbuhan sel, perkembangan otak, dan memenuhi kebutuhan protein hariannya.
  • Lansia: Orang tua dalam kondisi normal bisa mengonsumsi tujuh telur dalam seminggu. Dengan bertambahnya usia kekuatan tulang akan menurun dan telur memberikan asupan Vitamin D yang membantu tubuh menangkap kalsium untuk kesehatan tulang. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yang mengurangi risiko pembentukan katarak dan degenerasi otot.
10 Manfaat Kulit Pisang dan Efek Sampingnya
Pisang adalah buah yang sehat, enak, mengenyangkan dan bahkan kulitnya pun sangat berguna sehingga memberikan beberapa manfaat. Apa saja manfaat kulit pisang?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Selain menyehatkan, mengonsumsi telur rebus juga memberikan rasa kenyang sehingga cocok untuk dijadikan menu tunggal maupun tambahan ketika makan. Untuk mendapatkan manfaat telur rebus, makanlah dengan takaran yang ideal sesuai dengan usia Anda.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: