9 Manfaat Tidur Siang dan Kekurangannya Bagi Tubuh

Anekamanfaat.com – Tidur siang adalah periode tidur singkat, biasanya dilakukan pada siang hari. Tidur siang bisa menjadi salah satu solusi bersantai dan memulihkan tenaga. Namun, tidur siang di waktu yang salah atau terlalu lama bisa menjadi bumerang. Berikut ini akan kami ulas apa saja manfaat tidur siang yang ideal.

Tidak semua tidur siang memiliki hasil serta manfaat yang sama. Dan banyak faktor yang memengaruhi seberapa bermanfaatnya tidur siang. Dengan memahami peran dan fungsi tidur siang, Anda dapat belajar tidur siang yang efektif untuk menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

Manfaat Tidur Siang
Berbagai manfaat tidur siang

Banyak yang menyatakan bahwa tidur siang adalah cara yang efektif untuk bersantai dan memulihkan tenaga, sementara yang lain merasa tidur siang tidak membantu dan akan mengganggu tidur malam mereka. Apa saja manfaat tidur siang? Berikut ulasannya.

Apakah Tidur Siang Hal yang Baik?

Tidur siang dapat bermanfaat atau tidak masih tergantung pada beberapa faktor yang berbeda seperti usia, pemilihan waktu tidur siang jam berapa dan berapa lama tidur siang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur siang, penting untuk mempelajari bagaimana masing-masing faktor ini akan memengaruhi kualitas tidur siang itu sendiri.

Manfaat Tidur Siang

Secara singkat, berikut ini beberapa manfaat tidur siang:

  1. Relaksasi
  2. Mengurangi kelelahan
  3. Peningkatan kewaspadaan
  4. Suasana hati membaik
  5. Peningkatan kinerja
  6. Mengurangi rasa kantuk
  7. Meningkatkan konsentrasi
  8. Membantu pembentukan memori
  9. Mengatur emosi.

Kekurangan Tidur Siang

Tidak semua orang cocok dengan tidur siang. Dan tidur siang tidak selalu memberikan dampak positif bagi masing-masing individu. Tidur siang juga dapat menimbulkan efek negatif, seperti:

  • Inersia tidur: perasaan pusing dan bingung setelah bangun dari tidur siang
  • Masalah tidur malam hari: tidur siang singkat umumnya tidak memengaruhi kualitas tidur malam hari bagi kebanyakan orang. Tetapi jika Anda mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari, tidur siang dapat memperburuk masalah ini. Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam.

Waktu dan Durasi Tidur Siang yang Ideal

Durasi waktu tidur siang yang tepat dan ideal akan mempengaruhi kualitas tidur siang itu sendiri. Berapa lama waktu tidur siang yang baik?

Tidur siang selama 5 menit adalah waktu yang terlalu pendek. Tidur siang selama 30 menit atau lebih memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk memasuki tidur nyenyak. Namun, tidur siang terlalu lama atau bangun terlalu cepat dapat membuat Anda merasa pusing (karena masih dalam proses inersia tidur).

Wow, Inilah Manfaat Berkebun yang Tak Terduga
Selain berguna untuk mengisi waktu kosong, ternyata banyak juga manfaat berkebun yang bisa diperoleh tanpa disadari. Berikut inilah beberapa manfaat berkebun.
www.anekamanfaat.com

Durasi tidur siang terbaik dengan mempertimbangkan berbagai situasi adalah yang cukup lama untuk menyegarkan tetapi tidak terlalu lama sehingga terjadi inersia tidur. Tidur siang selama 10 hingga 20 menit dianggap sebagai durasi yang ideal.

Tips Tidur Siang yang Ideal

Tidur siang yang ideal dan berkualitas membutuh “strategi” yang baik pula. Dengan membiasakan tidur siang rutin dengan durasi yang rutin akan memiliki efek jangka panjang yang juga cukup baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan waktu tidur siang yang berkualitas.

  • Tetapkan niat: pikirkan tentang apa yang ingin Anda peroleh dari tidur siang. Ketika Anda sudah menetapkan niat, Anda dapat merencanakan tidur siang dengan tujuan yang baik bagi tubuh.
  • Buat tubuh serileks mungkin: buang jauh segala sumber stres dari pikiran, kosongkan pikiran dan cobalah untuk tidak memikirkan berbagai masalah yang menghantui hidup.
  • Ciptakan lingkungan yang mendukung: lingkungan tidur harus kondusif untuk tidur siang. Tergantung di mana Anda berada, mungkin saja tidak setiap saat memiliki kasur yang nyaman (seperti di kantor), tetapi ada baiknya untuk tidur siang di ruang nyaman yang gelap, sejuk, dan tenang.
  • Atur alarm: pastikan mengatur alarm dengan durasi waktu tidur siang yang ideal.

Siapa yang Membutuhkan Tidur Siang?

Pertimbangkan meluangkan waktu untuk tidur siang jika Anda:

  • Merasakan kelelahan luar biasa (baik fisik maupun mental) atau rasa kantuk yang tidak tertahankan
  • Mengalami kurang tidur, misalnya karena shift kerja yang lama atau shift malam
  • Ingin menjadikan tidur siang terencana sebagai bagian dari rutinitas harian.

Faktor Usia Mempengaruhi Tidur Siang

Tidak semua orang akan mendapatkan manfaat tidur siang yang ideal. Salah satu faktornya adalah usia. Anak-anak membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa, dan anak-anak yang lebih kecil membutuhkan lebih banyak tidur daripada anak-anak yang lebih besar.

Manfaat Tidur Siang
Manfaat tidur siang untuk relaksasi tubuh (pressfoto)

Tidur penting untuk perkembangan fisik, intelektual, dan emosional anak. Akibatnya, peran tidur siang berubah seiring bertambahnya usia.

Tidur siang di awal masa dewasa dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kinerja kognitif dan pengaturan emosi. Namun, tidur siang tentunya tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Pekerjaan dan kewajiban lain dapat membuat tidur siang menjadi tidak mungkin. Selain itu, beberapa orang sulit tidur di siang hari.

6 Manfaat Bermain Simpai yang Luar Biasa
Jangan hanya berpikir jika simpai adalah mainan anak-anak. Ketika dimainkan dengan benar, simpai ada manfaatnya lho untuk tubuh. Apa manfaat bermain simpai?
www.anekamanfaat.com

Pada orang dewasa yang lebih tua, beberapa efek kesehatan telah dikaitkan dengan tidur siang yang sangat lama (durasi lebih dari satu jam). Penelitian telah mengaitkan tidur siang yang lama dengan peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

Ini mungkin karena tidur siang yang lama pada orang dewasa adalah sinyal bahwa kualitas tidur malam harinya buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami hubungan antara tidur siang dan hasil negatif ini pada orang dewasa yang lebih tua.

Kesimpulan

Tidur siang bisa menjadi aktifitas dan gaya hidup yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah untuk menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari. Namun kita sadar tidak semua orang bisa dan memiliki waktu untuk tidur siang. Ada yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari dan tidak semua orang terbiasa dengan tidur siang.

Jika ada kesempatan untuk tidur siang, tidak ada salahnya luangkan waktu 10 hingga 20 menit untuk relaksasi diri dengan tidur siang untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang ideal.

Bagikan: