8 Manfaat Treadmill untuk Kebugaran dan Kerugiannya

Anekamanfaat.com – Kita pasti sudah paham bahwa berolahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menyehatkan tubuh. Salah satu jenis peralatan olahraga rumahan yang paling populer adalah treadmill. Kami akan mengulas manfaat treadmill dan mengapa berolahraga dengan treadmill bisa lebih baik daripada berlari di luar ruangan.

Lari sangat baik untuk kesehatan, tetapi akan lebih baik jika Anda memiliki treadmill di rumah sendiri. Ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan memiliki treadmill pribadi plus sejumlah keuntungan lainnya juga. Apa saja manfaat treadmill? Berikut ulasannya.

Manfaat Treadmill
Manfaat treadmill untuk kesehatan dan kebugaran tubuh (freepik)

Manfaat Treadmill

1. Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat dari hobi berlari secara teratur adalah akan membantu membangun kepadatan tulang. Yang dimaksud dengan kepadatan tulang adalah jumlah mineral dalam tulang yang berkontribusi pada kekuatan dan daya tahannya. Semakin banyak Anda berlari, semakin banyak mineral yang ada di dalam tulang, sehingga membuatnya lebih kuat.

Kepadatan tulang yang baik akan membantu memerangi penyakit seperti osteoporosis (penyakit yang membuat tulang rapuh dan persendian terasa nyeri saat bergerak). Rutin berlari dengan treadmill adalah salah satu cara yang ideal untuk berlari tanpa melukai persendian Anda karena ini adalah latihan beresiko rendah.

2. Mudah Digunakan

Treadmill sangat mudah digunakan dan hampir tidak memerlukan usaha untuk menyiapkan atau ketika memulainya. Yang perlu Anda lakukan adalah menekan beberapa tombol pada panel kontrol, memilih pengaturan yang Anda inginkan, dan mulai menjalankannya.

Bahkan jika Anda tidak memahami treadmill sepenuhnya, semuanya dilengkapi dengan instruksi manual dan semua treadmill dibuat semudah mungkin supaya tidak menyulitkan penggunaannya.

3. Olahraga Santai

Manfaat Treadmill
Berolahraga santai dengan treadmill (freepik)

Salah satu manfaat treadmill adalah bisa berolahraga sekaligus bersantai namun bisa memberikan hasil yang nyata. Pengguna treadmill dapat melakukan hal lain saat berolahraga menggunakan treadmill, seperti menonton televisi atau membaca dan banyak kegiatan menarik lain untuk menjaga latihan tetap menarik.

4. Aktif

Berlari di treadmill secara teratur akan mengurangi risiko terkena kondisi yang membatasi fleksibilitas dan mobilitas serta membuat Anda lebih banyak bergerak.

5. Pembentukan Otot

Manfaat treadmill lain yang sangat positif jika digunakan secara rutin adalah akan membantu membentuk dan membangun otot. Anda mungkin berpikir bahwa lari hanya baik untuk kardio dan stamina Anda, tetapi sebenarnya tidak demikian karena ketika kita berlari, aktifitas tersebut menggunakan otot yang secara otomatis akan selalu melatih otot dan membangun otot.

Semakin banyak Anda berlari, semakin kuat otot di kaki Anda. Namun semua bergantung pada cara Anda berlari. Berlari bahkan dapat membangun otot lengan Anda hanya karena Anda mengayunkannya saat berlari. Berlari di treadmill benar-benar memiliki manfaat yang tiada habisnya.

6. Menurunkan Berat Badan

Berolahraga menggunakan treadmill secara rutin akan sangat membantu menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Berlari di treadmill dapat dengan mudah membakar 100 kalori untuk setiap mil yang Anda jalankan. Jadi, jika Anda berlari sejauh 6 mil dalam satu jam, Anda dapat membakar 600 kalori.

Manfaat Treadmill
Manfaat treadmill membantu menurunkan berat badan (diana.grytsku)

Anda dapat membakar lebih banyak kalori jika Anda berlari dengan kecepatan penuh dan menambahkan tingkat intensitas yang serius pada latihan Anda. Berlari sebenarnya lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada latihan aerobik lainnya seperti bersepeda.

7. Aman

Inilah salah satu manfaat treadmill yang utama, berolahraga dengan perasaan yang aman dan tenang. Berlari di treadmill jauh lebih aman daripada berlari di luar ruangan. Jauh lebih aman karena Anda tidak mengambil risiko tertabrak mobil saat berlari di trotoar atau jalan raya.

6 Manfaat Bermain Simpai yang Luar Biasa
Jangan hanya berpikir jika simpai adalah mainan anak-anak. Ketika dimainkan dengan benar, simpai ada manfaatnya lho untuk tubuh. Apa manfaat bermain simpai?
www.anekamanfaat.com

Hal ini terutama berlaku bagi wanita yang rentan terhadap pelecehan saat mereka berlari sendirian. Berolahraga dengan treadmill pribadi di rumah, Anda akan mendapatkan privasi karena tidak ada orang memperhatikan saat Anda berolahraga.

8. Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat utama dari berolahraga lari secara teratur adalah baik untuk kesehatan jantung. Berlari menggunakan treadmill secara teratur akan membantu meningkatkan kekuatan jantung dan sirkulasi darah di tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar artinya adalah otot akan mendapatkan lebih banyak oksigen, sehingga dapat bekerja lebih efektif. Jantung yang lebih kuat juga berarti menurunkan tekanan darah, sesuatu yang penting bagi penderita tekanan darah tinggi. Ini bisa sangat membantu dalam mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko serangan jantung.

Manfaat Treadmill
Rutin berolahraga dengan treadmill baik untuk kesehatan jantung (jcomp)

Manfaat treadmill yang lain jika digunakan untuk berolahraga secara rutin adalah menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini akan membantu memerangi penyakit jantung dan masalah pembuluh darah dengan menjaga arteri tetap bersih dari penyumbatan lemak.

Dan bonusnya, kebanyakan treadmill dilengkapi dengan monitor detak jantung yang memungkinkan Anda mengawasi detak jantung Anda, sesuatu yang berguna jika Anda khawatir dengan kesehatan jantung Anda.

Kerugian Treadmill

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari penggunaan treadmill, rasanya kurang adil jika tidak membahas juga kekurangannya. Apa saja kerugian yang akan didapatkan dari treadmill?

  • Alat treadmill mahal. Harganya yang berkisar jutaan tentu tidak terjangkau semua kalangan.
  • Treadmill tidak menyediakan variasi olahraga lain (berjalan dan berlari saja) sehingga beberapa orang menganggap treadmill membosankan.
  • Beberapa treadmill memiliki suara yang keras yang mengganggu.
  • Seperti peralatan lain dengan program dan motor terkomputerisasi, perawatan treadmill biasanya membutuhkan tenaga profesional.
  • Memakan banyak ruang karena pada umumnya treadmill tidak dapat dilipat.
[18+] Manfaat Berhubungan Setiap Hari
Selain untuk mendapatkan rasa nikmat, ada manfaat berhubungan setiap hari bagi pasangan yang sudah sah. Apa saja manfaatnya? Baca ulasan dari kami berikut ini.
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Seperti yang sudah Anda baca di atas, ada banyak manfaat treadmill jika digunakan untuk berlari secara teratur. Beberapa manfaat berlari menggunakan treadmill adalah mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan terkait sendi. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan stamina Anda. Treadmill pribadi sangat aman, nyaman, dan juga sangat mudah digunakan.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: