10 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Anekamanfaat.comVirgin coconut oil adalah minyak yang berasal dari ekstraksi kelapa. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, virgin coconut oil lebih murni. Karena lebih murni, virgin coconut oil memiliki banyak manfaat. Nah, apa sajakah manfaat virgin coconut oil?

Virgin coconut oil (VCO) dihasilkan dengan cara mengepres cairan dari daging kelapa yang proses ekstraksinya tanpa menggunakan paparan panas sehingga kemurniannya tetap terjaga hingga 100 persen.

Selain memiliki aroma yang memikat, virgin coconut oil adalah antioksidan yang kuat, memiliki kandungan asam lemak sehat, dan vitamin esensial serta sering digunakan sebagai bahan herbal.

Manfaat Virgin Coconut Oil
Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan (jcomp)

Fakta Gizi dan Nutrisi Virgin Coconut oil

Virgin coconut oil (VCO) murni mengandung gizi nutrisi yang sangat luar biasa serta bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja nutrisi dan gizi yang dimiliki oleh Virgin coconut oil?

  • Asam lemak tak jenuh
  • Lemak
  • Kalori
  • Asam stearat
  • Asam kaprilat
  • Asam kaprat
  • Asam laurat
  • vitamin K
  • vitamin E
  • Polifenol
  • Betain
  • Etanolamin
  • Etoksilat
  • Ester
  • Polisorbat
  • Monogliserida
  • Poliol ester

Semua kandungan nutrisi yang disebutkan di atas akan memiliki manfaat yang akan diuraikan berikut ini.

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

1. Meningkatkan Kolesterol HDL

Dirujuk dari Wikipedia, kolesterol HDL (high-density lipoprotein) atau Lipoprotein densitas tinggi adalah salah satu golongan lipoprotein dimana kandungan protein lebih banyak dibanding lemak. HDL berfungsi mengambil kelebihan kolesterol (beserta lemak lainnya) dari sel-sel dan jaringan tubuh untuk dibawa kembali ke liver.

Dengan kadar HDL yang tinggi, risiko aterosklerosis akan menurun, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Karenanya, HDL dijuluki sebagai kolesterol baik. Disinilah salah satu manfaat virgin coconut oil yaitu membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Merawat Kulit

Virgin coconut oil murni sangat bermanfaat untuk merawat kulit. Kelebihan virgin coconut oil adalah sangat cocok untuk semua jenis kulit. Virgin coconut oil ternyata sangat kaya akan sifat antibakteri, anti-penuaan, antioksidan, dan anti-inflamasi yang kuat. Semua kandungan ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti berikut ini.

  • Luka bakar
  • Eksim dan Psoriasis
  • Menjaga dari efek berbahaya sinar UV
  • Infeksi kulit
  • Mengatasi kulit kering

3. Merawat Rambut

Manfaat virgin coconut oil yang berikutnya adalah untuk membantu merawat rambut. Jika Anda memiliki masalah rambut seperti rambut rusak dan rambut rontok, inilah salah satu manfaat virgin coconut oil yang akan membantu Anda.

Manfaat Virgin Coconut Oil
Manfaat virgin coconut oil untuk merawat rambut (valuavitaly)

Virgin coconut oil murni sangat kuat dalam menurunkan kehilangan protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi lebih lemah. Karena memiliki berat molekul yang rendah, virgin coconut oil dapat berdifusi jauh ke dalam batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

4. Kesehatan Tulang

Virgin coconut oil juga sangat bermanfaat untuk menjaga tulang tetap sehat. VCO akan membantu menumbuhkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting termasuk kalsium dan magnesium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Karenanya VCO sangat bermanfaat bagi wanita yang lebih rentan terkena osteoporosis setelah berusia 40 tahun.

5. Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat virgin coconut oil yang lain dan sangat penting adalah bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. VCO murni akan membantu menstabilkan lonjakan gula darah dan meningkatkan sekresi insulin. Hal ini juga merangsang penggunaan glukosa darah yang efektif yang membantu mengelola diabetes.

6. Pereda Stres

Bagaimana bisa VCO akan membantu meredakan stres? VCO murni bisa digunakan sebagai aromaterapi yang sangat menenangkan dan meredakan stres. Memijat lembut minyak kelapa ke kepala membantu meredakan stres mental dan kelelahan karena sifat antioksidannya.

7. Menjaga Pencernaan

Manfaat virgin coconut oil yang berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan asam lemak esensial dalam VCO termasuk asam laurat dan monolaurin memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antivirus yang kuat. Kombinasi ini akan membantu dalam mengelola berbagai bakteri, jamur dan parasit yang menyebabkan beberapa masalah pada usus.

8 Manfaat Buah Zaitun dan Efek Sampingnya
Zaitun biasanya diolah dalam bentuk ekstraksi minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana dengan buahnya? Apakah ada manfaat buah zaitun jika dimakan?
www.anekamanfaat.com

8. Melawat Jamur

Kandidiasis adalah kondisi parah yang disebabkan karena pertumbuhan jamur yang berlebihan yang disebut candida albicans di usus. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan kelegaan dari peradangan yang disebabkan oleh candida.

Asam kaprat, asam kaprilat dan asam laurat yang ditemukan dalam VCO akan membantu membasmi jamur candida albicans.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat virgin coconut oil yang berikutnya adalah membantu meningkatkan ingatan. Sebuah studi baru-baru ini merekomendasikan penggunaan VCO untuk meningkatkan kemampuan kognitif pasien Alzheimer. Kandungan MCT yang ada dalam virgin coconut oil sangat kaya akan keton yang dikaitkan dengan peningkatan memori.

10. Menurunkan Berat Badan

VCO bermanfaat dalam membakar lemak di perut dan membantu menurunkan berat badan. VCO ketika dibandingkan dengan semua minyak nabati lainnya lebih mudah dicerna dan membantu memperlancar kerja sistem tiroid dan endokrin.

Manfaat Virgin Coconut Oil
Manfaat virgin coconut oil untuk menurunkan berat badan

Penelitian yang dilakukan di Universitas Sains Malaysia menemukan bahwa VCO dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan menghilangkan stres pada pankreas dengan membakar energi dan membantu orang gemuk menurunkan berat badan.

10 Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya
Biji pepaya ternyata mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu mengobati beberapa masalah kesehatan. Apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan manusia?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Virgin coconut oil adalah minyak hasil ekstraksi kelapa yang pengolahannya tanpa melibatkan proses pemanasan. Karena itulah nutrisi yang dimiliki oleh VCO sangat melimpah dan memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh ketika dimanfaatkan dengan benar.

Manfaat virgin coconut oil terutama untuk kesehatan sudah banyak terbukti. Namun Anda harus waspada dan memastikan memilih virgin coconut oil murni yang asli. Awas, banyak VCO abal-abal yang malah akan merugikan kesehatan Anda.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: