12 Manfaat Buah Kiwi dan Efek Sampingnya

Anekamanfaat.com – Kiwi adalah buah kecil dengan daging buah berwarna hijau yang manis. Buah kiwi mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Karena itulah artikel ini akan mengulas berbagai manfaat buah kiwi.

Daging buah kiwi berwarna hijau cerah dengan tekstur yang unik namun menyenangkan dan memiliki biji kecil berwarna hitam yang khas, yang juga dapat dimakan. Kiwi memiliki rasa yang manis dan asam sehingga menjadikannya sebagai tambahan nikmat ketika sarapan atau makan siang.

Manfaat Buah Kiwi
Berbagai manfaat buah kiwi (Lesly Juarez)

Kiwi mungkin lebih dikenal berasal dari Selandia Baru. Namun sebenarnya kiwi berasal dari Cina. Seorang guru yang berasal dari Selandia Baru ketika itu pulang dari Cina pada tahun 1904 dengan membawa benih buah kiwi. Setelah itu buah ini tumbuh dan berbuah di Selandia Baru dan kemudian diberi nama Kiwi seperti nama burung nasional mereka.

Fakta Nutrisi Buah Kiwi

Buah kiwi penuh nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium. Kiwi juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik.

Dalam 69 gram buah kiwi memiliki kandungan sebagai berikut:

  • 42 kalori (kal)
  • 215 miligram (mg) kalium (5 persen AKG)
  • 1 g serat makanan (8 persen AKG)
  • 8 g protein (2 persen AKG)
  • 23 mg kalsium (2 persen AKG)
  • 64 mg vitamin C (107 persen AKG)
  • 2 g gula pasir
  • 1 mg vitamin E (5 persen AKG)
  • 8 mikrogram (mcg) vitamin K (35 persen AKG)
  • 7 mg magnesium (3 persen AKG)
  • 60 unit internasional (IU) vitamin A(1 persen AKG)
  • 17 mcg folat

AKG adalah Angka Kebutuhan Gizi.

Apa saja manfaat buah kiwi?

Manfaat Buah Kiwi

1. Pengobatan Asma

Manfaat buah kiwi yang sangat penting adalah membantu mengatasi masalah pernafasan seperti sesak nafas dan asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah kiwi dapat membantu pengobatan asma serta membantu mengatasi sesak nafas.

Manfaat Buah Kiwi
Kiwi bermanfaat untuk mengatasi masalah pernafasan

Dalam sebuah penelitian [1], asupan buah kiwi ditemukan memiliki efek perlindungan pada anak-anak yang memiliki masalah dengan mengi dan asma. Vitamin C dan E dalam kiwi juga dapat memiliki efek pelengkap untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada anak-anak.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kiwi akan membantu melancarkan pencernaan, mengobati sembelit dan mengatasi feses yang lembek atau encer. Buah kiwi juga mengandung potasium, elektrolit penting yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Ada kandungan lain dalam buah kiwi yang juga sangat berguna untuk membantu kelancaran pencernaan yaitu enzim aktinidin.

3. Menyehatkan Kulit

Salah satu manfaat buah kiwi yang penting berikutnya adalah untuk membantu menyehatkan kulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelum bahwa kiwi mengandung vitamin C. Vitamin C sangat berkontribusi pada produksi kolagen, komponen penting dalam sel dan organ di seluruh tubuh termasuk kulit.

Manfaat Buah Kiwi
Kiwi menyehatkan kulit (valuavitaly)

Vitamin C juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka. Buah Kiwi juga mengandung vitamin E. Sifat antioksidan vitamin E dan kemampuannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dapat membantu mencegah masalah kulit seperti peradangan kulit dan mengurangi jerawat.

4. Menyehatkan Mata

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan, dan kiwi dapat membantu melindungi mata Anda dari degenerasi makula. Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan makan tiga porsi buah kiwi sehari, maka potensi degenerasi makula menurun hingga 36 persen. Kandungan zeaxanthin dan lutein yang tinggi pada Kiwi dianggap berkontribusi pada efek ini.

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah kiwi yang berikutnya adalah membantu mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak buah kiwi menunjukkan potensi yang menjanjikan melawan garis sel kanker mulut dan mengurangi kerusakan oksidatif DNA. Vitamin C dalam buah kiwi bermanfaat untuk melawan radikal bebas [2] [3].

Kandungan serat dalam buah kiwi juga membantu melawan kanker pada sistem pencernaan. Kelompok senyawa penting lainnya dalam kiwi adalah sulforaphane, isocyanate, dan indoles. Ketiganya memiliki manfaat untuk menghambat perkembangan zat karsinogen (zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker).

6. Menyehatkan Kehamilan

Manfaat Buah Kiwi
Buah kiwi sangat baik untuk kehamilan (jcomp)

Buah kiwi mengandung folat yang penting untuk pembelahan sel. Asam folat sangat bermanfaat dikonsumsi ibu hamil karena dapat melindungi janin dari masalah perkembangan seperti kelainan tabung saraf. Satu buah kiwi mengandung sekitar 17,2 mikrogram (mcg) folat, atau lebih dari 4% dari kebutuhan harian orang dewasa.

7. Tidur Berkualitas

Manfaat buah kiwi yang mungkin tidak terduga adalah akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Apa maksudnya tidur yang berkualitas? Tidur yang nyenyak dan bangun dalam keadaan segar yang sesungguhnya.

Sebuah penelitian membuktikan [4] selama waktu empat minggu, 24 pria diberi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur. Pada akhir periode waktu, kesemuanya mengaku kualitas tidur mereka meningkat hingga 42 persen. Selain itu, total waktu tidur mereka meningkat 13 persen dan kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun meningkat sebesar 5 persen.

8. Menyehatkan Tulang

Kiwi mengandung vitamin K, kalsium dan fosfor, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan tulang. Memiliki asupan vitamin K yang cukup dapat membantu mencegah osteoporosis. Satu biji buah kiwi menyediakan vitamin K sebesar 23 hingga 30 persen kebutuhan harian orang dewasa.

9. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kiwi berikutnya yang sangat penting adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kiwi kaya akan potasium, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa nutrisi ini saja dapat memiliki efek perlindungan yang signifikan terhadap penyakit jantung.

Manfaat Buah Kiwi
Buah kiwi sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung (Dan Bucko)

Dalam sebuah penelitian, individu yang mengonsumsi 4.069 miligram potasium sehari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 49 persen lebih rendah [5].

Asupan buah kiwi juga membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi per hari dapat menurunkan hiperaktivitas platelet dan kadar lipid plasma (dua faktor yang dapat menyebabkan masalah kardiovaskular).

10. Mengobati Diabetes

Buah kiwi memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya sebagai tambahan yang ideal untuk diet diabetes. Seratus gram buah hanya mengandung sekitar 5 gram glukosa. Oleh karena itu, glukosa darah menjadi minimal.

7 Manfaat Getah Pepaya yang Mengejutkan
Buah pepaya banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Tidak hanya buahnya, siapa sangka getah pepaya juga memiliki manfaat. Apa manfaat getah pepaya?
www.anekamanfaat.com

Kiwi ukuran sedang juga mengandung 11 gram karbohidrat, yang sangat rendah ketika dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Serat dalam buah ini juga membantu mengatur kadar gula menjadi lebih darah.

11. Diet Sehat

Buah kiwi sangat rendah kalori dan kaya serat. Dua nutrisi akan menjadi tambahan yang ideal untuk program diet penurunan berat badan. Jika digabungkan dengan olahraga dan pola hidup yang tepat, akan dapat membantu menurunkan berat badan dengan drastis.

12. Menyehatkan Hati

Buah kiwi memiliki kandungan senyawa bernama pyrroloquinoline quinone (PQQ). Dalam sebuah penelitian [6], senyawa ini mampu mencegah perkembangan NAFLD (penyakit hati berlemak non-alkohol) mengacu pada kondisi hati yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih di hati (namun bukan disebabkan oleh alkohol).

Manfaat Buah Kiwi
Kiwi memiliki nutrisi untuk menjaga kesehatan hati

Efek Samping Buah Kiwi

Secara umum mengonsumsi buah kiwi aman bagi kebanyakan orang. Namun beberapa orang dikabarkan mengalami reaksi alergi alergi beberapa saat setelah makan kiwi. Reaksi alergi yang biasanya muncul adalah gatal pada tenggorokan, lidah bengkak, kesulitan menelan, muntah, dan gatal.

Risiko alergi kiwi akan meningkat jika Anda juga alergi terhadap hazelnut, alpukat, lateks, gandum, buah ara, atau biji poppy.

8 Manfaat Kulit Jeruk dan Efek Sampingnya
Jeruk sudah dikenal memiliki nutrisi dan vitamin. Tahukah Anda bahwa bagian kulitnya juga memiliki berbagai nutrisi? Jika benar, apa saja manfaat kulit jeruk?
www.anekamanfaat.com

Kesimpulan

Buah kiwi adalah sumber vitamin C dan serat yang sangat luar biasa. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis serta tajam adalah tambahan yang luar nikmat dan menyehatkan untuk diet harian Anda. Untuk mendapatkan segala manfaat buah kiwi, Anda perlu mengonsumsi setidaknya 2 hingga 3 buah kiwi dalam 1 hari.

Disclaimer: artikel ini hanya untuk informasi. Jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang disebutkan di atas, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Bagikan: